Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Indonesia Kelas 9 Materi Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan



Pada subbab ini, kamu akan mempelajari struktur dan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan.
Assalamualaikum w.w

Selamat dan semangat pagi anak-anak? Bagaimana kabarnya hari inii? Semoga  selalu sehat bugar jangan lupa untuk selalu bahagia

Pertemuan ke-3 hari ini Rabu 29 Juli 2020 jam pertama masih materi seputar berita tepatnya pada Kaidah Kebahasaan teks laporan Percobaan … Baca dan cermati kaidah kebahasaannya
1. Struktur Teks Laporan Percobaan
Percobaan dilakukan untuk mencoba suatu kegiatan baru yang belum pernah dilakukan orang lain atau membuktikan kebenaran dari suatu teori dan ilmu yang telah ada. Apabila kamu melakukan suatu percobaan, kamu dapat menggunakan struktur di bawah ini dalam penyusunan laporannya. Perlu diketahui jika struktur laporan percobaan tidak bersifat baku, tergantung dengan fungsinya.
a. Judul percobaan
Judul adalah garis besar atau gambaran umum dari laporan percobaan. Judul harus mencerminkan isi dari laporan percobaan yang dibuat.
b. Tujuan percobaan
 Tujuan percobaan yaitu maksud dilakukan suatu eksperimen atau percobaan. Tujuan ditulis secara jelas dan lengkap.
c. Kajian teori
Kajian teori adalah landasan teori yang mendasari percobaan yang dilakukan. Kajian teori dapat dicari pada sumber belajar atau buku-buku pelajaran atau sumber-sumber valid dari internet.
d. Alat dan bahan
Alat dan bahan berisi peralatan dan bahan yang memang benar digunakan pada saat percobaan.
e. Prosedur/Cara Kerja
Menyampaikan cara kerja dengan kalimat aktif, bukan kalimat suruh dan membuat kalimat suruh menjadi kalimat aktif, sehingga menceritakan apa yang telah dilakukan saat percobaan.
f. Hasil Pengamatan
Menulis hasil pengamatan sesuai dengan yang didapatkan saat percobaan. Data dapat ditulis secara deskriptif atau dalam bentuk tabel hasil pengamatan. Kalian harus melakukan pengamatan dan percobaan dengan sebaik-baiknya saat melakukan percobaan, sehingga memperoleh data yang akurat dan reliable
g. Analisis Data dan Pembahasan
 Saat melakukan analisis data memerlukan pikiran kritis dan menerapkan teori yang telah ditulis dengan memadukan hasil pengamatan. Hasil dibahas secara deskriptif atau perhitungan (jika ada). Cara melakukannya dengan menerapkan konsep yang ada dengan menggunakan teori dan tinjauan dari berbagai sudut pandang. Tiap hasil yang didapat dibahas secara detail untuk memperoleh kesimpulan yang benar.
h. Kesimpulan dan Saran
Menulis kesimpulan dengan ringkas sesuai dengan tujuan percobaan. Apa yang ingin dicapai saat percobaan merupakan sebuah kesimpulannya.Kesimpulan merupakan jawaban dari hipotesis yang diajukan.
i. Daftar Pustaka
Menulis pustaka (buku) yang telah kalian baca sebagai sumber bacaan atau belajar. Penulisan daftar pustaka mengikuti pedoman yang telah diberikan, yaitu nama pengarang, tahun terbit, judul buku, kota penerbit, dan penerbit. Jika diakses dari internet, kalian harus menuliskan waktu hal tersebut diakses.

2. Kebahasaan
 Teks Laporan Percobaan Ciri kebahasaan teks laporan percobaan, antara lain kalimat kompleks/kalimat majemuk, verba, nomina, kata hubung, dan kata bilangan.

3. Analisis Struktur dan Kebahasaan Teks Laporan Percobaan
Supaya kalian memiliki gambaran dan pemahaman yang jelas mengenai struktur dan kebahasaan teks laporan percobaan pada teks dengan judul “Sifat Asam Basa”,

perhatikan analisis berikut dengan cermat!
a. Analisis Struktur Teks Struktur teks laporan percobaan “Sifat Asam Basa”, yaitu sebagai berikut.


b. Analisis Kebahasaan Teks


Demikian anak-anak.... selamat belajar yaaah

Posting Komentar untuk "Bahasa Indonesia Kelas 9 Materi Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan"