Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahasa Indonesia Kelas 9 : Materi tentang Pidato Persuatif

 Pidato Persuatif

Yoook Berlatih Berpidato Persuatif !!!

Assalamualaikum W W....

Selamat dan semangat pagi anak-anak kelas 9.... semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat dan bersyukur.

pertemuan daring kali ini adalah materi tentang pidato... tepatnya pidato persuatif. kalian semuanya tugasnya membaca dan memahami materi tersebut... jangan lupan siapkan alat tulis untuk mencatat hal-hal yang kamu anagap krusial.... Okey? tetap semangat !!!!

Apa itu pidato Persuatif...? Mari simak bersama tentang materi pidato tersebut

A. Mengidentifikasi Isi Teks Pidato Persuasif 

Kompetensi Dasar: 3.3 

Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal. Orang yang melakukan pidato disebut dengan orator. 

1. Pengertian Teks Pidato Persuasif 

Pidato persuasif merupakan salah satu metode pidato yang yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian para pendengar sehingga dapat memengaruhi khalayak.

 Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, memengaruhi, serta bersifat mengajak atau membujuk para pendengar agar mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut.

 Isi pidato persuasif harus berlandaskan pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan. 

2. Tujuan Pidato Persuasif 

Tujuan pidato persuasif untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan sesuatu. Misalnya adalah ajakan untuk mencintai dan membela tanah air, menghindari persekusi dan juga himbauan untukmenjalankan program hidup sehat.

3. Metode Pidato Persuasif 

Ada beberapa metode yang dikenal, yaitu : 

a. Metode impromtu, yakni metode yang tidak ada persiapan.

 b. Metode menghafal, yakni metode berpidato yang dilakukan dengan cara menghafal. c. Metode naskah, yaitu metode pidato yang dilakukan dengan cara membaca teks.

 d. Metode ekstemporan, yaitu metode berpidato yang terlebih dahulu mengenal garis-garis besar pidato yang akan disampaikan.

B. Menyimpulkan Gagasan, Pandangan, Arahan, atau Pesan dalam Teks Pidato

Isi dari pidato haruslah merupakan sebuah informasi yangmenarik dan bermanfaat. Agar pidato tersebut berguna dan bermanfaat bagi pendengarnya. Untuk memperoleh informasi atau isi penting dalam pidato, pendengar harus mengambil poin-poin penting dalam pidato tersebut.

1. Menemukan Hal-Hal Pokok dalam Teks Pidato 

Hal-hal pokok dalam pidato persuasif adalah hal-hal penting yang ada pada isi pidato persuasif. Langkahlangkah menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ ceramah/khotbah, antara lain mendengarkan pidato dengan saksama dan penuh konsentrasi pada materi yang disampaikan pembicara, serta mencatat hal-hal penting atau hal-hal pokok isi pidato yang didengar.

2. Menyimpulkan Teks Pidato Persuasif Pidato dapat dilakukan dalam berbagai konteks keperluan, misalnya pidato kenegaraan,pidato politik,ceramah ilmiah, dan sebagainya. Pesan yang dinyatakan secara langsung dapat berbentuk ajaran dan imbauan,sedangkan pesan tidak langsung biasanya tersirat dalam suatu pernyataan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpulkan isi pidato, antara lain konsentrasi, memahami isi pidato, membuat catatan, dan menyimpulkan isi pidato.

C. Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan Pidato Persuasif

Teks pidato persuasif memiliki struktur dan ciri kebahasaan yang khas, sehingga kalian dapat menelaah teks pidato dapat berdasarkan struktur dan ciri kebahasaannya. Simaklah materi berikut!

1. Struktur Teks Pidato Persuasif 

Struktur pidato persuasif terdiri dari tiga bagian, yaitu

 pembukaan, isi, dan penutup pidato.

 Ketiga struktur tersebut merupakan komponen penting yang harus ada dalam sebuah teks pidato. 

a. Pembukaan 

Pembukaan teks pidato persuasif terdiri dari tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. 

b. Isi Pidato

 Isi pidato merupakan bagian yang penting karena mengandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan. Pada bagian isi ini orator akan menjelaskan secara detail dan jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para pendengar. c. Penutup Pidato

 Penutup pidato merupakan akhir dari sebuah pidato.

 Penutup yang baik dalam berpidato memuat hal-hal, antara lain kesimpulan secara ringkas dari materi yang dijelaskan, permintaan maaf kepada pendegar jika ada salah dalam berkata dan juga menyinggung pembaca, serta salam penutup.

2. Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif 

Ciri kebahasaan yang terkandung dalam teks pidato persuasif, antara lain kalimat aktif, . kata tugas, kata tugas kosakata emotif, sinonim, dan kata kerja abstrak. 

Sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda namun memiliki arti atau pengertian yang sama atau mirip. Sinomin dapat juga disebut sebagai persamaan kata ataupadanan kata.

D. Menuangkan Gagasan, Pikiran, Arahan atau Pesan Dalam Teks Pidato Persuasif

Pidato adalah kata-kata yang disampaikan dan ditujukan kepada orang banyak. Pidato banyak jenisnya, di antaranya, pidato sambutan yang disampaikan pada awal sebuah acara atau pidato kenegaraan yang disampaikan oleh presiden. Agar pidato yang dilakukan berjalan lancar, hendaknya kita menyusun naskah pidato terlebih dahulu.

1. Menyusun Teks Pidato Persuasif

 Sebelum menyusun naskah pidato hendaknya menulis hal-hal penting mengenai acara, misalnya nama acara, para undangan yang hadir, serta tujuan dari penyelenggaraan acara. Setelah itu, buatlah kerangka naskah pidato dengan memerhatikan bagian-bagian pidato. Hal-hal yang harus ada dalam naskah pidato adalah sebagai berikut.

2. Menyunting Naskah Pidato 

Setelah menyusun naskah pidato sebaiknya kalian menyuntingnya terlebih dahulu sebelum disampaikan pada pendengar.

 Tahap menyunting terbagi ke dalam dua suntingan, yatu 

suntingan kebahasaan dan suntingan isi. 

Suntingan isi meliputi beberapa hal, antara lain kelengkapan isi penyajian serta mencermati isi tentang SARA, serta kelengkapan kebahasaan (penggunaan EYD, tata bahasa, diksi, struktur kalimat, dan kepaduan paragraf). 

3. Pembuka pidato.

a. Salam pembuka

 Contoh: Assalammualaikum warahmatullaahi wa barakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

b. Ucapan penghormatan 

Ucapan penghormatan, biasanya dimulai dari penghormatan terhadap seseorang yang dianggap paling penting.

 Contoh: Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah Yang saya hormati Bapak/Ibu guru. Yang saya hormati para tamu undangan, Yang berbahagia teman-teman kelas IX Adik-adik kelas VII dan VIII yang saya cintai dan saya banggakan. 

c. Ucapan syukur

 Ucapan syukur kepada Tuhan atas limpahan rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua.

4. Isi pidato.

 Pembicara akan menguraikan secara rinci inti materi yang akan disampaikan kepada hadirin. Agar isi pidato dapat dengan mudah ditangkap isinya oleh pendengar, pembicara dapat menggunakan penanda, “pertama…. , ” “kedua …..”, ketiga …..” dan seterusnya. Penanda-penanda seperti itu juga akan memudahkan penulis dalam menyusun gagasan teks pidato.

5. Penutup pidato. 

Penutup pidato yang baik akan menimbulkan rasa simpati dari pendengar. Penutup pidato dapat diisi dengan: 

a. Simpulan pendek dari uraian sebelumnya.

 b. Permintaan maaf kepada hadirin atas kekhilafan dan kesalahan yang mungkin terjadi, baik disengaja maupun yang tidak disengaja.

 c. Salam penutup.

 Dalam penutup dapat juga diisi dengan mengutip pendapat atau kata-kata mutiara

dari tokoh-tokoh besar, atau pantun yang sesuai dengan situasi saat itu.



Demikian materi tentang pidato persuatif... semangat ... jangan pernah lelah utuk tetap progresif !
wasalamualaikum W W

7 komentar untuk "Bahasa Indonesia Kelas 9 : Materi tentang Pidato Persuatif"

  1. terima kasih. sangat membantuu :D

    BalasHapus
  2. Terima kasih dah bantu ngerjain tugas

    BalasHapus
  3. terima kasih ,sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. terimakasih, sangat membantu banget :)

    BalasHapus
  5. Trimakasih sangat:) Membantu

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak atas penyampaian materi nya yang sangat detail dan terperinci yang sangat membantu sekali.

    BalasHapus