Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPS materi Kerjasama ASEAN Kelas 8 Pertemuan 1

KONDISI GEOGRAFIS & KARAKTERISTIK NEGARA-NEGARA ASEAN

Anggota ASEAN  terdiri dari 10 negara yang tersebar di wilayah asia tenggara terdiri dari :

1. Indonesia 
2. Bruneidarussalam
3. Filiphina
4. Kamboja
5. Laos 
6. Malaysia
7. Myanmar
8. Singapura
9. Thailand
10. Vietnam

Indonesia
Indonesia beriklim tropis, secara astronomis Indonesia terletak di 6' LU - 11' LS, 95' BT - 141' BT.
Secara geografis Indonesia terletak diantara 2 benua dan 2 samudra. Secara geologis, Indonesia merupakan daerah pertemuan antara 2 deretan pegunungan, yaitu sirkun pasifik dan sirkun mediterania. Indonesia juga merupakan pertemuan antara lempeng asia, indo-australia, dan lempeng dasar samudra pasifik. Akibatnya, Indonesia dikelompokan sebagai daerah yang labil, memiliki banyak gunung berapi, dan sering terjadi gempa bumi, baik gempa tektonik maupaun fulkanik.

-Penduduk
Kepadatan penduduk di Indonesia yang tidak merata, penyebaran yang timpang, penduduk yang sebagian besar berusia muda, terbatasnya lapangan pekerjaan, kurangnya penguasaan teknologi dan jumlah penduduk yang besar menjadi masalah kependudukan di Indonesia. 

-Perekonomian
Eksport utama Indonesia mengandalkan sektor minyak dan gas (MIGAS) serta hasil sumber daya alam berupa bahan-bahan mentah seperti hasil hutan (kayu, rotan, karet,dll), tekstil serta hasil pertanian dan perikanan (beras, udang, dan hasil laut). Adapun import utamanya berupa perkakas industri, farmasi dan kimia, barang-barang elektronik dan otomotif.

Bruneidarussalam
Wilayah Bruneidarussalam dikelilingi oleh negara Malaysia yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian barat dan bagian timur. Bruneidarussalam beriklim tropis. dibagian barat wilayah Bruneidarussalam terdapat aliran sungai Baram. Sungai Baram memiliki arti penting bagi kegiatan lalulintas penduduk Bruneidarussalam. Penduduk Bruneidarussalam tahun 2015 berjumlah 0,4 juta jiwa. pertumbuhan penduduk 0,1%. Setengah dari keseluruhan penduduk Bruneidarussalam adalah orang melayu. Bahasa resmi penduduk Bruneidarussalam adalah melayu. Bahasa keduanya adalah Inggris dan Tiongkok. Mayoritas memeluk agama islam. Bruneidarussalam merupakan negara yang paling tinggi dalam pendapatan perkapitanya diantara negara-negara asia, sehingga dijuluki sebagai negara petro dolar asia tenggara. Minyak dan gas merupakan sumber daya alam andalan yang tersebar dihampir seluruh wilayah Bruneidarussalam.

Filiphina
Filiphina merupakan negara beriklim tropis basah. Bentang alam Filiphina hampir seluruhnya pegunungan dengan pesisir yang landai dan sempit. Etnis mayoritas penduduk Filiphina adalah Filiphino, yaitu campuran Melayu-Spanyol, Melayu, Spanyol dan Moronegrito. Agama yang banyak dianut Katolik Roma. Perekonomian Filiphina memiliki hasil utama pertanian berupa beras, kelapa, tebu, jagung, pisang, nanas, mangga, serta hasil peternakan berupa daging babi, sapi, telur dan ikan. Filiphina memiliki tempat penelitian padi terbesar di asia tenggara. 

Kamboja
Kamboja beriklim tropis muson. Sungai Mekong merupakan sungai yang terpenting di Kamboja karena dapat dilalui kapal-kapal yang melintas dari delta sungai mekong di Vietnam sampai ke Phnompenh. Tonle shap merupakan danau terbesar di asia tenggara yang terletak di Kamboja.

Laos
Laos merupakan satu satunya negara di Asia Tenggara yg jalan masuk ke wilayahnya tanpa melalui laut. Sebagian besar wilayah laos adalah daerah pegunungan dan wilayah lain nya  merupakan dataran tinggi .Sungai mekong merupakan urat nadi dari negara laos.


Bacalah materi di atas terlebih dahulu, setelah itu kerjakan soal di bawah ini.
Tulis di kertas setelah selesai di foto kirim ke GOOGLE CLASSROOM !
Ini semua harus mengumpulkan !
Jangan lupa tulis nama, kelas, nomer  absen.

SOAL

1. Jelaskan letak Indonesia secara astronomis, geografis dan geologis !
2. Jumlah penduduk yang besar, mengapa menjadi masalah kependudukan di Indonesia ?
3. Coba cari sumber daya alam apa yang besar di Bruneidarussalam !
4. Coba kamu cari agama yang banyak dianut oleh penduduk Filiphina !
5. Mengapa sungai Mekong merupakan, sungai terpenting di Kamboja ?
6. Mengapa negara Laos jalur masuknya tanpa melalui laut ? Jelaskan !

SELAMAT MENGERJAKAN

Jangan Lupa Semua Harus Mengerjakan dan Mengirim Hasil Kerja !

Posting Komentar untuk "IPS materi Kerjasama ASEAN Kelas 8 Pertemuan 1"