Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi Kelas 7

TEKS DESKRIPSI




           Hai gaes! Selamat ya, kamu sekarang sudah menjadi siswa SMP. Nah, kali ini kita akan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebelumnya, mari kita berkenalan dengan guru-guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Kalimanah yang mengampu di kelas 7.
1. Shinta Dhani Aprilia, S.Pd.
Beliau biasa dipanggil dengan sapaan Bu Shinta dan mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 7E, F, dan G.

2. Yan Ari Nugroho, S.Pd.
Beliau biasa dipanggil Pak Yan dan mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 7 A, B, C, dan D.



3. Trianasari Pratiwi, S,Pd., M.Pd.
Kalian bisa menyapa beliau dengan panggilan Bu Tiwi. Beliau mengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 7 H dan I.




      Naahh, bagaimana guru-gurunya cantik dan ganteng bukan?Hehehe... Setelah berkenalan dengan bapak dan ibu guru yang mengampu Bahasa Indonesia, mari kita mulai belajar materi kita yang pertama, yaitu teks deskripsi. Kalian pasti tahu bahwa keindahan alam Indonesia sangat beragam dan hak itu tentu wajib disyukuri. Keindahan alam tersebut banyak yang dimafaatkan sebagai objek wisata. Objek wisata manakah yang pernah kamu kunjungi? Setelah berkunjung ke suatu tempat wisata, kamu tentu ingin berbagai cerita dengan orang lain mengenai keindahan tempat wisata tersebut. Agar orang lain dapat merasa seakan-akan berkunjung langsung ke tempat wisata yang kamu ceritakan, kamu dapat menggunakan teks deskripsi saat bercerita. 
            Tahukah kamu yang dimaksud dengan teks deskripsi? Pada bab ini, kamu akan belajar tentang teks deskripsi. Agar dapat menulis teks deskripsi dengan tepat, pahamilah materi yang disajikan dengan saksama!

 A. Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi 

       Deskripsi berasal dari bahasa Latin, yaitu describe yang berarti gambaran. Teks deskripsi merupakan jenis teks yang terdiri atas beberapa paragraf yang menggambarkan suatu kejadian, objek, tempat, dan hal lain secara detail. Jenis teks ini ditulis berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis sehingga terdapat kesan, fakta, dan citraan yang sesuai dengan pengalaman penulisnya.

1. Mengidentifikasi Ciri Objek, Tujuan, dan Isi Teks Deskripsi
         Penulis berusaha menyampaikan kesan-kesan hasil pengamatan dan pengindraannya terhadap suatu hal kepada orang lain melalui teks deskripsi. Dengan kata lain, penulis berusaha menggambarkan apa yang dilihat, didengar, dirasa, dan diraba. Berikut ciri, tujuan, dan isi teks deskripsi.
a. Ciri Teks Deskripsi
       Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara sangat jelas dan rinci serta melibatkan kesan indera. Teks deskripsi dapat membuat pembaca seolah-olah merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks. Jenis teks ini dapat membuat para pembacanya seolah-olah ikut merasakan langsung apa yang dijelaskan di dalam teks.
b. Tujuan Teks Deskripsi
        Paragraf deskripsi merupakan salah satu bagian dari teks nonfiksi di mana tujuannya adalah untuk menjelaskan suatu objek atau peristiwa secara utuh. Jenis teks ini dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis sehingga terdapat kesan, fakta, dan citraan yang sesuai dengan pengalaman penulis.
c. Isi Teks Deskripsi
        Dalam suatu paragraf mengandung ide pokok. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Ide pokok ini terdapat dalam kalimat utama. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama atau gagasan pokok. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.
mengenai ciri-ciri fisik suatu objek. Misalnya ukuran, bentuk, warna, dan ciri lainnya. Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret, misalnya menggambarkan wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa.

2. Identifikasi Jenis Teks Deskripsi
         Berdasarkan isinya, teks deskripsi dibagi menjadi tiga, yaitu teks deskripsi subjektif, spasial, dan objektif.
a. Deskripsi subjektif, yaitu jenis paragraf yang memaparkan atau menggambarkan objek sesuai dengan kesan atau pengalaman penulis.
b. Deskripsi spasial, yaitu jenis paragraf yang memaparkan atau menggambarkan objek hanya berupa tempat, ruang, atau benda.
c. Deskripsi objektif, yaitu jenis paragraf yang memaparkan atau menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenarnya tanpa adanya rekayasa atau opini dari penulis.

3. Mendaftar Ciri Penggunaan Bahasa Teks Deskripsi
         Teks deskripsi menggunakan ragam bahasa sesuai dengan teks deskripsi. Berikut merupakan ciri penggunaan ragam bahasa teks deskripsi. 
a. Kata Umum dan Kata Khusus
Kata umum adalah kata-kata yang memiliki makna dan cakupan pemakaian lebih luas. Kata-kata yang termasuk dalam kata umum disebut hipernim. Adapun kata khusus atau hiponim adalah kata-kata yang ruang lingkup dan cakupan maknanya lebih sempit. Misalnya:

kata umum membawa memiliki kata khusus menjinjing, membopong, memikul, memanggul
kata umum indah memiliki kata khusus cantik, menawan, bagus, dan elok.
kata umum merah memiliki kata khusus merah marun, merah hati, merah muda

b. Kalimat Penjelasan Terperinci
Kalimat penjelas merupakan kalimat penjelas yang berisi rincian atau keterangan suatu objek. 
c. Majas
Majas adalah suatu gaya bahasa berbentuk kiasan/perumpamaan yang digunakan untuk memperindah suatu kalimat. Majas berfungsi untuk menimbulkan kesan imajinatif bagi penyimak dan pembicaranya. Teks deskripsi menggunakan majas perbandingan untuk menggambarkan/melukiskan objek.

Naahh, bagaimana apa kalian dapat memahami materi kita kali ini? Tentunya bisa kan? tetap semangat dan jaga kesehatan di masa pandemi ini ya. Sampai jumpa lagi di pertemuan dan materi berikutnya. Salam Semangat.😄

Posting Komentar untuk "Materi Menentukan Ciri Isi dan Tujuan Teks Deskripsi Kelas 7"