Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi Materi Kelas 7

C. Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi


Pertemuan ke-3  Kompetensi Dasar: 3.2

Agar tujuan dari penulisan teks deskripsi dapat tercapai, penulis harus memperhatikan struktur pembangun dan kaidah kebahasaan teks. Struktur dan kaidah kebahasaan ini dapat digunakan untuk membedakan teks deskripsi dengan jenis teks lain.

 1. Mencermati Struktur Teks Deskripsi Teks deskripsi mengandung tiga struktur utama yang saling berhubungan. Bagian-bagian struktur teks deskripsi sebagai berikut. 
a. Identifikasi
   Identifikasi merupakan bagian yang menentukan identifikasi atau penetuan objek yang                 dideskripsikan, misalnya benda, tempat, atau seseorang. 
b. Klasifikasi
     Klasifikasi merupakan bagian yang berisi penyusunan bersistem dalam kelompok menurut suatu kaidah atau standar yang telah ditetapkan. Pada bagian ini disajikan perincian bagian objek yang diperinci berdasarkan tanggapan penulis. 
c. Deskripsi 
    Bagian Bagian yang berisi kesimpulan atau kesan mengenai objek yang dibicarakan dalam teks deskripsi. Pada bagian ini memuat manfaat objek. Deskripsi bagian sekaligus berfungsi sebagai penutup teks.






Bacalah teks deskripsi berikut! Tulis teks berikut di buku tulismu kemudian tentukan struktur teks deskripsi tersebut seperti contoh di atas! Setelah selesai, fotokan hasil pekerjaan kalian dan kirim di Google Classroom!





Posting Komentar untuk "Menelaah Struktur dan Bahasa Teks Deskripsi Materi Kelas 7"