Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis Cerita Fantasi

Menulis Cerita Fantasi


            Hallo...Assalamu'alaikum semuanya? Masih semangat belajar kan? Kali ini kita masih tentang Cerita Fantasi, namun kali ini kalian akan belajar menulis cerita fantasi. Kalian bisa menuliskan cerita sesuai dengan imajinasi kalian sendiri. Waahhh pasti asyikk sekali ya...
      
         Sebelumnya, ada yang tau nggak kira-kira gambar cerita di atas judulnya apa? Iyup betul sekali. Itu cerita Harry Potter yang mendunia. Asyik sekali ya kalau di dunia nyata seperti ini kita bisa menguasai ilmu sulap. Hahahaha...sayangnya itu hanyalah sebuah cerit. Harry Potter merupakan sebuah cerita yang sangat unik. Saking uniknya, sampai-sampai cerita tersebut seperti di luar akal manusia dan mustahil terjadi di dunia nyata. 

            Oke, oke, balik lagi ke topik pembahasan, ya. Ternyata, cerita Harry Potter tadi termasuk jenis cerita fantasi, teman-teman. Apa sih cerita fantasi itu?

             Cerita fantasi adalah tulisan yang menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka. Gampangnya sih, cerita fantasi merupakan teks cerita yang dibuat berdasarkan imajinasi si pembuat cerita. Artinya, semua peristiwa yang diceritakan pada cerita fantasi bersifat tidak nyata. Selain cerita Harry Potter, contoh cerita fantasi yang lain ada Cinderella, Putri Duyung, Snow White, Timun Mas, Doraemon, dan masih banyak lagi. 

        Wah, cocok banget tuh buat kalian yang suka berimajinasi. Kalian bisa mengekspresikan apa yang kalian pikirkan dengan menuliskannya lewat cerita. Siapa tau suatu saat bisa jadi buku dan terkenal kayak Stan Lee, sang penulis Marvel.

      Tapi, bagaimana sih cara membuat cerita fantasi? Nah, pasti kalian penasaran ingin mencoba membuat teks cerita fantasi, tapi masih bingung caranya bagaimana, yuk kita pelajari bersama. Bekicot! Eh, salah, cekidot!


Langkah Menulis teks Cerita Fantasi
Terdapat langkah-langkah sederhana yang bisa kalian ikuti untuk memudahkan kalian dalam membuat teks cerita fantasi. Apa saja, ya? Yuk, simak penjelasan berikut.
1. Mulai dari pengalaman 
Jika kalian merasa bingung untuk menentukan ide dalam menulis teks cerita fantasi, kalian bisa memulainya dari pengalaman pribadi kalian masing-masing. Misalnya seperti pengalaman kalian saat mengunjungi tempat wisata, pengalaman menonton film di bioskop, dan lain sebagainya.

2. Berikan sentuhan fantasi   
Setelah itu, kalian perlu memberikan hal yang tidak masuk akal pada cerita kalian. Misalnya saja, kalian bisa membuat seakan-akan kalian memiliki kekuatan super. Jika kalian mengambil contoh cerita pengalaman jalan-jalan ke tempat wisata, kalian bisa menghubungkannya dengan legenda yang ada di tempat tersebut, dan masih banyak lagi.

3. Munculkan sebuah konflik/masalah
Konflik/masalah sangat penting dalam sebuah cerita karena dapat membuat cerita kalian menjadi lebih menarik untuk dibaca. Konflik bisa dibuat dari mulai munculnya masalah sampai masalah memuncak. Misalnya, saat kalian mengunjungi tempat wisata, tiba-tiba kalian bertemu dengan monster yang mengerikan, kemudian kalian bertarung dengan monster itu agar bisa selamat.

4. Selesaikan konflik/masalah
Setelah masalah dalam cerita kalian muncul dan sudah memuncak, masalah tersebut harus diselesaikan, sehingga bisa menjadi solusi cerita dan penanda bahwa cerita yang kalian buat sudah selesai. Misalnya, saat kalian bertarung melawan monster, kalian menggunakan kekuatan super yang kalian miliki sampai akhirnya monster tersebut bisa kalah dan kalian selamat.

5. Buat beberapa percakapan
Pada teks cerita fantasi, biasanya terdapat beberapa percakapan antar tokoh. Percakapan yang dibuat harus diberi tanda petik dan menggunakan bahasa yang tidak baku atau formal.
      Bagaimana, teman-teman? Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu kalian dalam membuat teks cerita fantasi, ya.
           Nah, sekarang kalian sudah tau kan gimana cara membuat teks cerita fantasi. Coba deh kalian praktikkan dengan membuat teks cerita fantasi kalian sendiri di rumah. Kalau kalian masih ada pertanyaan atau merasa materi ini kurang jelas, kalian bisa tanyakan hal yang kurang dimengerti ke guru Bahasa Indonesia Spensaka. Yuk, konsultasikan semua pertanyaan tersulitmu dengan Tutor terbaik melalui google classroom!

Posting Komentar untuk "Menulis Cerita Fantasi"