Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara-negara benua asia

Kepulauan Jepang  adalah gugusan pulau-pulau yang memanjang dari timur laut sampai ke barat daya pesisir timur Benua Asia yang saat ini membentuk negara modern Jepang. Secara Astronomis Jepang terletak antara 129° BT – 147° BT dan 20° LU – 50° LU. Pada era perang dunia ke-II, bangsa yang mendiami kepulauan Jepang terlibat kontak peperangan melawan tentara sekutu yang harus berakhir pahit dengan kekalahan bangsa Jepang yang ditandai dengan meletusnya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Pasca perang dunia ke-II, Jepang melesat maju dengan peradaban yang mengagumkan. Jepang melesat dari negara yang hancur berkepin-keping menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia.

Istilah "pulau-pulau kampung halaman" (Inggris: home islands) digunakan pada akhir Perang   Dunia II untuk menetapkan wilayah Jepang di mana kedaulatan dan kekuasaan konstitusional Kaisar akan dibatasi. Istilah tersebut saat ini juga sering digunakan untuk membedakan kepulauan Jepang dari koloni dan wilayah Jepang lainnya pada paruh pertama abad ke-20, namun tidak digunakan sebagai rujukan bagi negara Jepang sebagaimana keadaannya saat ini.
Sejak bangkitnya Jepang dari negara terpuruk menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia selepas era 1945-an, nama kepulauan Jepang tidak lagi santer terdengar. Meskipun begitu, tetap saja istilah Jepang merujuk pada nama suatu bangsa, bahasa, kepulauan, negara dan seluk-beluk budayanya, yaitu Jepang secara umum.

Kepulauan Jepang yang berada di pesisir timur Benua Asia yang memanjang dari timur laut ke barat daya dikelilingi oleh lautan, Pulau utama Jepang yaitu Honsuh, Hokkaido, Shikoku, Kyusuh dimana Jepang berbatasan dengan Laut Jepang dan Korea di sebelah barat, Samudra Pasifik di sebelah timur, Pulau Sakhalin dan Kuril Rusia di sebelah utara, dan Laut Cina Selatan di sebelah selatan .

Posting Komentar untuk "Negara-negara benua asia"