Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni Budaya Seni Tari Kelas 9 Semester Gasal Materi Unsur Pendukung Tari Kreasi (Ketrampilan)

SENI BUDAYA 
UNSUR PENDUKUNG TARI KREASI
(Ketrampilan)

Hai Salam budaya, kembali lagi pada materi seni tari melanjutkan materi minggu sebelumnya ya, langsung saja yuk kita simak

E.    Keunikan tari Kreasi
Pola dan susunan tari kreasi tidak memiliki aturan yang baku dan dapat menyesuaikan perkembangan zaman. Jadi tari kreasi lebih membebaskan penata tari untuk berekspresi dalam penggarapan sebuah karya tari, dengan tetap memiliki batas-batasan dalam tari.
1.    Tari Saman
 
  Tarian ini berasal dari Aceh, nama tari Saman diambil dari salah satu ulama besr dari Aceh yaitu Syech Saman. Tari Saman memiliki keunikan karena hanya menampilkan tepukan tangan dan tepuk dada. Selaian itu tari Saman tidak menggunakan iringan musik, tetapi hanya menggunakan suara atau nyanyian yang dipadukan dengan tepukan tangan, tepukan dada dan tepukan pangkal paha .
Tari Saman merupakan media penyampaian dakwah dan menggambarkan sopan santun, kekompakan, kebersamaan dan kepahlawanan. Tari Saman harus ditampilkan dengan keseragaman formasi dan ketepatan waktu, sehingga penari harus memiliki konsentrasi  yang tinggi dan latihan serius.

2.    Tari Wira Pertiwi
 
  Tari Wira Pertiwi merupakan tari kreasi yang diciptakan oleh Bagong Kusudiardjo. Tari ini berasal dari daerah Jawa Tengah yang bercerita tentang gambaran dari sosok kepahlawanan yaitu seorang prajurit putri yang berasal dari Jawa. Selain itu tarian ini juga menggambarkan adanya suatu ketegasan, ketangkasan serta ketangguhan yang dapat terpancar.
Tarian ini di jalankan dengan ritmis dengan alunan musik yang selaras dengan tari , keunikan terpancarkan lewat gerakan tangan serta badan dan kakinya yang sangat tegas. Tarian ini di lakukan secara dinamis.

3.    Break Dance
 
Tari break Dance berasal dari kelompok pekerja Negro Amerika.  Bentuk tariannya berupa patah-patah dan bersifat akrobatik. Tarian ini dilahirkan bersamaan dengan perkembangan musik Rap  yang terkenal dalam komunitas kaum pekerja Negro Amerika.
Gerakan-gerakan street dance atau Break Dance tidak hanya menawarkan keindahan, namun juga melatih dan meningkatkan fisik kamu. Seperti empat gerakan dasar Break Dance yang ada berikut ini.
1. Indian Step Toprock
2. Six Step
3. Handstand Freeze
4. Corkscrew Up

4.    Tari Cha-cha
 
Tarian Cha-Cha merupakan tari yag berkembang di Amerika latin. Tarian ini dikembangkan oleh guru dari Inggris  yang mengambil akar dari jenis tarian Rumba.Gaya tari Cha-Cha modern ditetapkan pada tahun 1950-an oleh seorang guru tari Monsieur Pierre dan tari ChaCha dapat berupa pola gerak lantai silang, melingkar, berputar penuh, putaran di bawah lengan dan Hand to Hand. Tari Cha-Cha merupakan  tari berpasangan menggunakan irama 4/4.

 


 

Posting Komentar untuk "Seni Budaya Seni Tari Kelas 9 Semester Gasal Materi Unsur Pendukung Tari Kreasi (Ketrampilan)"