Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAHASA INDONESIA KELAS 9: Menyusun Teks Laporan Percobaan

            


            Assalamu'alaikum semuanya....
       Hari ini kita akan belajar menyusun teks laporan percobaan. Kalian akan melakukan sebuah eksperimen sederhana lalu menyusunnya menjadi sebuah teks laporan percobaan. Namun sebelumnya, kalian simak dulu bagaimana cara menyusun teks laporan percobaan berikut. Kuy!
           Percobaan dilakukan untuk mencoba suatu kegiatan baru yang belum pernah dilakukan orang lain atau membuktikan kebenaran dari suatu teori dan ilmu yang telah ada. Setelah melakukan suatu percobaan, peneliti akan membuat laporan percobaan. Menyusun laporan percobaan harus memperhatikan struktur dari teks laporan percobaan.

1. Menerapkan Pemahaman Struktur Teks Laporan
          Sebenarnya struktur teks laporan percobaan ini hampir sama dengan teks prosedur, hanya saja perbedaan antara kedua teks tersebut adalah pada teks prosedur tidak terdapat hasil dan simpulan yang ada pada teks rekaman percobaan tersebut. Menyajikan sebuah teks laporan percobaan harus sesuai dengan kaidah struktur yang membangun teks laporan percobaan tersebut.

2. Membuat Teks laporan Percobaan
            Berikut cara atau tahap membuat teks laporan percobaan.

a. Menulis struktur dari teks laporan percobaan
Langkah pertama dalam membuat teks laporan percobaan ialah terlebih dahulu dengan cara membuat struktur teks laporan percobaan. Langkah ini bisa dimulai dari :
1) Menulis judul 
2) Tujuan percobaan
3) Alat serta bahan yang dipakai
4) Langkah awal sampai akhir percobaan.

b. Tulislah hasil dari percobaan ke dalam bentuk grafik, tabel, bagan atau gambar
 Agar pembaca lebih mudah dalam memahami hasilnya, tulislah laporan dalam bentuk grafik, tabel, bagan dan dilengkapi dengan gambar.

c. Mengembangkan Kerangka jadi Sebuah Teks
 Sesudah menyelesaikan kerangka tersebut, lalu kembangkanlah jadi sebuah teks laporan. Perhatikan kaidah dari kebahasaannya yang dipakai supaya teks percobaan ini mudah dipahami oleh pembaca.

d. Menuliskan simpulan
 Sesudah semuanya selesai, selanjutnya tulislah kesimpulan dari hasil percobaan yang telah dilakukan.

e. Lakukan penyuntingan
Lakukan pengecekkan akhir, perbaiki jika ada tulisan yang salah ketik atau tanda baca yang kurang tepat dalam penggunaanya.

Naaahhh, sekarang coba perhatikan video percobaan sederhana membuat Susu Pelangi berikut. 




           Setelah kalian menyaksikan video tersebut, coba kalian siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam percpbaan membuat susu pelangi. Cobalah membuat susu pelangi secara mandiri di rumah. Kalian boleh meminta bantuan pada kakak atau saudara. Rekamlah percobaan yang kalian lakukan. Buatlah seperti video yang telah kalian saksikan. Lalu buatlah laporan percobaan sesuai dengan struktur yang telah diajarkan sesuai dengan form berikut. Ketiklah hasil percobaan kalian dalam bentuk microsoft word lalu kirimkan file ke email trianasari@smpn1kalimanah.sch.id. Beri nama file dengan nama,kelas,  dan nomor absen, kalian. Misal: TRIANASARI KELAS 9D 33 
          Tetap semangat dan selamat bereksperimen!😄


Posting Komentar untuk "BAHASA INDONESIA KELAS 9: Menyusun Teks Laporan Percobaan"