Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAHASA INDONESIA KELAS 9: TEKS PIDATO PERSUASIF

Assalamu'alaikum semuanya...

           Bertemu lagi dengan Bu Tiwi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Oh iya selamat juga kalian sudah menjadi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kalimanah. Semoga kalian dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat, ceria, dan lancar sehingga hasil yang kalian capai pun dapat maksimal. Aamiin. Pada pertemuan kali ini,  kita akan belajar tentang Pidato Persuasif. Kuy!😉

          Gambar siapakah itu? Pasti kalian tahu yaa... betul sekali itu adalah gambar Presiden Indonesia Bapak Ir. joko Widodo. Apakah yang sedang beliau lakukan pada gambar tersebut? Tepat sekali. Beliau sedang berpidato. Pernahkah kamu berbicara di depan umum? Atau mendengar suatu imbauan dari guru atau kepala sekolah dalam suatu acara? Pidato sudah tidak asing lagi bagi kita dan cukup sering kita dengar. Hal ini dikarenakan dalam perayaan acara, seringkali diawali dengan sebuah pidato dari satu atau dua orang yang dianggap penting. Pidato biasanya berisi tentang gagasan, ide atau hal lainnya terkait suatu acara atau hal lain yang ingin dicapai di masa yang akan datang. Berpidato memerlukan persiapan sebelumnya. Selain harus bisa menguasai panggung, seseorang yang berpidato juga harus bisa mengejawantahkan apa yang ia pikirkan menjadi kalimat yang lugas dan bisa dipahami oleh banyak orang. Pelajarilah bab ini dengan baik agar kamu mampu menulis dan berpidato dengan baik.Karena di akhir pembelajaran nanti Ibu ingin kalian membuat sebuah video pidato. Udah gak sabar pasti ya untuk berpidato layaknya seorang ketua OSIS atau bahkan seorang presiden. Hehehe...

Mengidentifikasi Isi Teks Pidato Persuasif

        Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapat, atau memberikan suatu gambaran tentang suatu hal. Orang yang melakukan pidato disebut dengan orator.

1. Pengertian Teks Pidato Persuasif

       Pidato persuasif merupakan salah satu metode pidato yang yang memiliki tujuan untuk menarik perhatian para pendengar sehingga dapat memengaruhi khalayak. Pidato persuasif adalah jenis pidato yang bertujuan untuk menarik perhatian para pendengar, memengaruhi, serta bersifat mengajak atau membujuk para pendengar agar mereka menjadi yakin dan mau mengambil tindakan bahkan melakukan sesuai dengan tujuan pidato tersebut. Isi pidato persuasif harus berlandaskan pada argumentasi yang nalar, logis, masuk akal, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut ini 3 ciri dari pidato persuasif.
a. Bersifat ajakan, perintah ataupun suatu rekomendasi terhadap suatu hal yang perlu dilakukan
b. Menggunakan kalimat yang bersifat membangun
c. Menyertakan suatu permasalahan yang akan dibahas

2. Tujuan Pidato Persuasif

       Tujuan pidato persuasif untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan sesuatu. Misalnya adalah ajakan untuk mencintai dan membela tanah air, menghindari persekusi dan juga himbauan untuk menjalankan program hidup sehat.

Metode Pidato Persuasif

Ada beberapa metode yang dikenal dalam berpidato, yaitu :

a. Metode impromtu, yakni metode yang tidak ada persiapan atau serta merta.
b. Metode menghafal, yakni metode berpidato yang dilakukan dengan cara menghafal.
c. Metode naskah, yaitu metode pidato yang dilakukan dengan cara membaca teks.
d. Metode ekstemporan, yaitu metode berpidato yang terlebih dahulu mengenal garis-garis besar pidato yang akan disampaikan. Dengan kata lain metode dengan membuat catatan-catatan kecil. 

Cukup sekian materi kita kali ini. Silakan kalian rangkum dan tulis di buku tulis kalian. Terima kasih...😊


Posting Komentar untuk "BAHASA INDONESIA KELAS 9: TEKS PIDATO PERSUASIF"