Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAHASA INDONESIA KELAS 9: Teks Pidato Persuasif

 Hai guys, hari ini kita masih belajar tentang teks pidato persuasif. Coba perhatikan teks pidato persuasif berikut ini.


Tema: Menjadi Generasi yang Produktif

(Pembuka)

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang terhormat, jajaran petinggi perusahaan PT Tunas Bangsa Kreatif.

Yang terhormat, peserta seminar Pengembangan Kreativitas dan Mental Youngpreneur Nasional 2020.

Dan yang saya hormati para panitia yang telah meluangkan semua pikiran dan tenaga demi kelancaran acara seminar ini.

Marilah sebelumnya kita ucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas rahmat serta karunia-Nya kita semua bisa merealisasikan acara seminar ini dengan kondisi yang sehat wal’afiat.

Sebelum kita berbicara lebih jauh, marilah kita menengok kembali di sekitar kita. Lihatlah bahwa banyak kisah inspiratif dari para pengusaha sukses Indonesia dan dunia. Mereka meniti karir jadi pengusaha mulai dari nol. Banyak kisah-kisah inspiratif yang mengajarkan kita bahwa usaha tak kan pernah menghianati hasil.

(Isi Pidato)

Mayoritas pengusaha besar datang dari latar belakang ekonomi yang susah. Mereka tidak dibesarkan dengan bergelimang harta orang tua. Sejak kecil mereka telah ditempa oleh kesusahan hidup. Mereka biasa hidup dengan kondisi yang memprihatinkan. Tapi, tanpa putus asa mereka terus menjalani kehidupan. Menumbuhkan kekuatan dalam diri mereka.

Kita semua pasti sudah tau kisah inspiratif dari Jack Ma sang pendiri Alibaba. Jauh di negeri China sana, ada orang yang serba hidup kekurangan. Saat masih muda ia adalah satu-satunya orang yang lamaran kerjanya ditolak oleh salah satu perusahaan waralaba besar internasional. Tapi apakah ia lantas patah semangat? Tidak, nyatanya kini ia menjadi seorang pengusaha terkaya di China.

Apakah Jack Ma berpendidikan tinggi? Apakah Jack Ma punya koneksi dengan orang-orang besar atau pejabat saat masa-masa awal ia merintis usahanya? Tidak, ia tidak memiliki semua itu. Ia berangkat dari nol besar. Ia membangun gurita usahanya dengan tangan kosong. Modalnya hanyalah tekat dan kerja keras tanpa putus asa.

Pendidikan yang tinggi tidak menjamin kesuksesan. Kita sekarang hidup di zaman dimana keterampilan dan juga motivasi dari dalam diri menjadi sumber dan modal utama untuk meraih kesuksesan. Lalu apa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha? Wirausahawan yang sukses harus punya keterampilan untuk menciptakan peluang. Pengusaha harus bisa melihat kesempatan jadi peluang usaha dari lingkungannya.

Mayoritas pengusaha yang telah berhasil kemudian mempekerjakan orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi. Mereka mempekerjakan kalangan profesional di perusahaannya. Mereka bisa menggaji ratusan bahkan ribuan karyawannya. Dari sinilah perekonomian suatu negara bisa disokong. Angka pengangguran berkurang. Pengusaha adalah mitra pemerintah untuk mencetak peluang kerja.

(Penutup)

Jadi, kita yang masih muda intinya memiliki peluang yang terbuka sangat lebar untuk sukses. Jalannya adalah dengan menjadi seorang youngpreneur. Masih ada cukup banyak waktu untuk merealisasikan mimpi-mimpi kita.

Masih ada begitu banyak tenaga, peluang, dan kesempatan untuk kita membuka usaha. Apapun jenis usahanya, realisasikan sekarang mumpung kita masih muda. Bukalah pikiran kita. Lihatlah setiap peluang dari lingkungan keseharian Anda. Jadikan itu sebagai usaha.

Tantangan terbesar kita justru berasal dari diri kita sendiri. Lawanlah semua ketakutan-ketakutan yang muncul. Lawanlah pola pikir takut gagal yang ada dalam hati. Jangan takut melangkah. Wujudkan ide-ide gila yang selama ini sudah ada dalam diri kita. Anda semua yang hadir disini harus menjadi jiwa muda yang visioner, berani melangkah, dan memiliki pengaruh baik bagi bangsa.

Sekian yang bisa saya sampaikan. Sebagai penutup, saya sampaikan sekali lagi. Jangan pernah takut melangkah. Kegagalan merupakan hal biasa. Bangkit setelah pernah gagal adalah hal yang luar biasa. Sekian, terima kasih dan sukses selalu!

Wassalamu'alaikum wr wb


Bagaimana menurut kalian isi pidato tersebut? Apakah isinya dapat menggugah hati pembaca? Apakah ada ajakan di dalamnya? Apakah isi pidatonya cukup memersuasi pendengar? 

Ya. Pidato tersebut sangat menginspirasi kita agar kita menjadi generasi yang berani melangkah. Bukan generasi muda yang disibukkan dengan mengonsumsi berbagai macam produk luar negeri yang justru memanjakan kita dan membuat kita menjadi ketergantungan. Lihat saja di sekitarmu, berapa banyak anak yang sangat keranjingan bermain game di android atau gawai mereka? Apakah game-game yang ada bermanfaat dan mendidik kita sebagai generasi muda? Atau sebaliknya? Mengapa kita tak bisa mencoba membuat game sendiri, yang asyik dan mendidik tentunya. 

Coba perhatikan struktur pidatonya, terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Pada bagian pembuka berupa salam penutup, sapaan hormat, ucapan puji syukur, dan penyampaian tema yang akan disampaikan. Bagian isi berupa rangkaian fakta dan pendapat serta opini pembicara tentang tema yang akan disampaikan. Sedangkan bagian penutup berupa simpulan isi yang telah disampaikan beserta dengan penegasan tentang hal yang akan dipersuasikan serta ucapan maaf dan terima kasih, serta salam penutup.

Naahh, setelah kalian belajar tentang teks pidato, cobalah kalian tulis sebuah teks pidato tentang peran remaja dalam menanggulangi virus Covid-19 yang hingga saat ini masih terus bertambah di Kabupaten Purbalingga kita tercinta ini. Ketik teks pidato kalian dalam aplikasi microsoft word dan kirim ke GC. Terima kasih. Sampai jumpa pertemuan mendatang. See you😄  

Posting Komentar untuk "BAHASA INDONESIA KELAS 9: Teks Pidato Persuasif "