Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia

 

Dinamika penduduk adalah pertumbuhan jumlah penduduk yang merupakan keseimbangan antara penyebab adanya pengurangan dan juga penambahan penduduk. Perubahan tersebut disebabkan oleh faktor kelahiran, kematian, dan migrasi.

1.  Dinamika Penduduk Asia

Saat ini diperkirakan jumlah penduduk Asia mencapai ±4.050.404.193 jiwa. Kepadatan penduduk di Asia mencapai 119 orang per km². Laju pertumbuhan penduduk Asia mencapai 1,5% per tahun. Walau begitu, persebaran dan pertumbuhan-penduduknya tidak merata di setiap kawasan. Sebagai contoh, Yaman, Suriah, Arab Saudi, Laos, dan Yordania merupakan negara-negara dengan pertumbuhan tinggi, yaitu di atas 2,5%.

Gambar Penduduk Arab Saudi, Salah Satu Penduduk di Kawasan Asia

Penduduk di Benua Asia terdiri atas tiga ras utama, yaitu Ras Mongoloid, Kaukasoid, dan Negroid. Tipe ras tersebut telah bercampur baur sehingga mengalami proses asimilasi antara satu dengan lainnya. Meskipun demikian, dalam wilayah tertentu masih terdapat ras-ras yang dominan sebagai berikut.

a.  Asia Utara dan Tengah mayoritas adalah Ras Kaukasoid atau Europeaid.
b.  Asia Timur dan Tenggara sebagian besar adalah Ras Mongoloid.
c.  Asia Selatan bagian tengah didominasi Ras Kaukasoid.
d.  Asia Selatan bagian selatan didominasi Ras Negroid, misalnya suku bangsa Dravida di India Selatan dan Sri Lanka.
e.  Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman dan Oman) didominasi Ras Negroid.

Menurut pengelompokan dengan sistem geografis, penduduk Benua Asia juga terdiri atas tiga kelompok, yaitu kelompok ras Asia, ras India, dan ras Eropa. Kelompok ras Asia meliputi bangsa Tiongkok, Jepang, Korea, dan kebanyakan bangsa di Asia Tenggara. Kelompok ras India meliputi bangsa yang menempati sebagian besar anak Benua India. Sedangkan kelompok ras Eropa, meliputi bangsa Arab, Iran, Yahudi, Turki, dan kebanyakan suku bangsa di India sebelah barat.

Masalah kependudukan yang biasa terjadi di Asia adalah jumlah penduduk yang besar, pertumbuhan penduduk yang tinggi, kepadatan penduduk yang tinggi, serta persebaran penduduk yang tidak merata. Hal ini menyebabkan masalah lain yang berhubungan dengan kualitas penduduk seperti berikut.

a.  Jumlah penduduk besar

Asia merupakan benua terbesar dan berpopulasi terpadat di dunia dengan wilayah yang mencakup 8,6% permukaan bumi meliputi 50 negara yang tersebar dari daratan luas Asia Kecil, Timur Tengah, hingga Samudra Pasifik. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Jumlah penduduk Benua Asia yaitu 4,050,404,193. Bahkan 3 negara yang memiliki populasi terbanyak ada di Asia, yaitu (Tiongkok RRT), India, dan Indonesia. Populasi jumlah penduduk yang tidak diimbangi dengan kualitas penduduk dapat menciptakan pengangguran. Pengangguran terjadi karena tidak tersedianya lapangan kerja sesuai keahlian para penduduk. Bentuk-bentuk tindakan kriminalitas yang saat ini membutuhkan penanganan bersama antara negara-negara di kawasan Asia adalah penyelundupan barang dan narkotika. Selain itu, ada pula bentuk pengiriman tenaga kerja tidak sah atau ilegal.

b.  Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

Berdasarkan laporan PBB, hingga tahun 2050 Asia akan memimpin dalam laju pertumbuhan penduduk. Populasi penduduk kota di Asia dari 1,9 miliar menjadi 3,3 miliar orang. Pembengkakan besar jumlah penduduk akan menciptakan kesempatan baru untuk memperbaiki mekanisme pendidikan dan pelayanan publik di Afrika dan Asia. Hal ini disebabkan warga kian terfokus untuk mempermudah mereka mengakses pelayanan.

c.  Tingkat Kesehatan Penduduk yang Rendah

Karena masih banyaknya negara-negara di Asia yang tergolong miskin, maka secara otomatis banyak pula warga-warga di daerah tersebut yang tingkat kesehatannya rendah.

d.  Tingkat Pendidikan yang Rendah

Begitu juga dengan pendidikan, masih banyak negara-negara di Asia yang tingkat pendidikan penduduknya rendah. Oleh karena itu, masih banyak negara yang masuk kategori miskin.

2.  Dinamika Penduduk Amerika

Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak dunia setelah India dan China. Amerika adalah negara super power dunia yang unggul di banyak bidang dan sering menjadi rujukan banyak negara di dunia. Jumlah penduduk Amerika Serikat tahun 2020, menurut Worldoemters ditaksir sekitar 331.002.651 jiwa. Penduduk Amerika menempati ranking 3 dunia sebagai negara dengan jumlah penduduk tertinggi di dunia.

Jika dikaji menurut jenis kelamin, jumlah laki-laki Amerika Serikat mencapai 163.786.016 atau 49,48 persen. Jumlah penduduk perempuan sedikit lebih banyak yakni 167.216.631 penduduk atau 50,52 persen. Rasio penduduk laki-laki ke perempuan yakni 0,98. Rata-rata usia penduduk Amerika pada 2020 yaitu 38,3 tahun. Angka harapan hidup masyarakat Amerika yaitu 79,11 tahun. Jika dibagi menurut kelompok usia, maka penduduk dengan usia 25-54 tahun paling mendominasi yakni 129.429.804 jiwa atau mencapai 39,10 persen. Lalu penduduk 0-14 tahun 60.810.971 atau 18,37 persen. Selanjutnya penduduk 15-24 tahun 43.501.653 atau 13,14 persen.

Penduduk 55-64 tahun 42.211.413 jiwa atau 12,75 persen. Dan terakhir penduduk 65 tahun ke atas sebanyak 55.048.806 jiwa atau 16,63 persen. Penduduk usia produktif Amerika Serikat atau 15-64 tahun adalah sebesar 215.142.870 atau 65 persen dari total penduduk. Sementara mereka yang berusia 0-14 tahun sebanyak 60.810.971 atau 18,37 persen dan 65 tahun ke atas 55.048.806 jiwa atau 16,63 persen. Nah jika dibagi persebaran penduduk menurut wilayah, New York City menjadi kota paling banyak dihuni masyarakat Amerika Serikat yaitu 8.175.133 jiwa. Diikuti kemudian Los Angeles 3.971.88, Chicago 2.720.546, Brooklyn 2.300.664, Houston 2.296.224, Queens 2.272.771, Philadelphia 1.567.442, Phoenix 1.563.025, Manhattan 1.487.536, San Antonio 1.469.845, dan seterusnya.

Gambar Salah Satu Sudut Kota New York di Amerika Serikat

Konsentrasi penduduk Amerika berada di bagian Barat dan Timur Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Karibia serta bagian barat dan timur Amerika Selatan. Bagian paling utara dan paling selatan umumnya lebih rendah kepadatan penduduknya karena, kedua wilayah tersebut mendekati Kutub Utara dan Kutub Selatan.

Suku Indian merupakan penduduk asli Amerika. Namun jumlah mereka terus menyusut karena terdesak perkembangan orang-orang kulit putih yang berdatangan ke Amerika sejak abad ke-15. Penduduk asli lainnya adalah Suku Eskimo. Penduduk pendatang berasal dari dari berbagai benua yang terdiri dari tiga ras utama, yaitu Ras Negroid dari Afrika, Ras Mongoloid dari Asia, dan Ras Kaukasoid dari Eropa.

3.  Dinamika Penduduk Eropa

Penduduk Eropa sangat beragam, namun sebagian besar penduduknya termasuk keturunan induk bangsa Kaukasoid yang terbagi menjadi beberapa suku bangsa. Berdasarkan ras dan ciri fisiknya, penduduk Eropa dikelompokkan menjadi lima suku bangsa, yaitu bangsa Nordik, bangsa Alpen, bangsa Mediteran, bangsa Slavia, dan bangsa Dinarik.

Kepadatan penduduk Eropa rata-rata 71 orang per km². Laju pertumbuhan penduduk Eropa sangat rendah, bahkan kurang dari 1%, yaitu hanya 0,2% per tahun. Pada tahun 2007, diperkirakan jumlah penduduk Eropa mencapai 727.000.000 jiwa. Usia harapan hidup penduduk Eropa adalah 75 tahun dan merupakan yang tertinggi di antara benua-benua lainnya karena tingginya tingkat kesejahteraan.

 

Gambar Orang Ras Kaukasoid, Penduduk yang Menempati Kawasan Eropa

Jumlah penduduk Eropa pada tahun 2006 kurang lebih 732.000.000 jiwa dengan kepadatan 82 jiwa/km2. Pada umumnya, penduduk Eropa termasuk dalam ras Kaukasoid atau ras Berkulit Putih. Namun, ras di Benua Eropa masih dapat dikelompokkan sebagai berikut.

a.  Subras Nordik dengan ciri-ciri fisik adalah rambut pirang dan bermata biru yang banyak terdapat di benua Eropa Utara.
b.  Subras Alpina (Alpin) dengan ciri-ciri fisik seperti rambut pirang dan mata coklat.
c.  Subras  Mediteran  dengan  ciri-ciri  fisik  seperti  mata  agak  coklat  dan  rambut  hitam bergelombang. Subras ini banyak terdapat di Eropa Selatan.

Persebaran penduduk di Eropa tidak merata dan sangat dipengaruhi oleh keadaan alam, serta tingkat kemajuan ekonominya. Persebaran yang paling padat terdapat di daerah dataran rendah dan daerah-daerah industri. Kesejahteraan sumber daya manusia juga menjadi pembeda negara maju serta negara berkembang. Mutu serta kesejahteraan ini berkenaan dengan tingkat kesehatan, pendidikan, kesadaran untuk hidup bersih, serta kecukupan gizi. Sumber daya manusia yang berkualitas akan menambah perubahan ekonomi negaranya untuk jadi negara maju. Di negara-negara Eropa pendidikan sangat penting. Jadi, banyak sekali tenaga ahli dan profesional yang membangun negaranya menjadi negara paling maju di dunia.

4.  Dinamika Penduduk Afrika

Pada tahun 2015, jumlah penduduk Afrika mencapai 1.171.000.000 jiwa. Angka tersebut bertambah sebesar 265.000.000 jiwa dan jumlah penduduk tahun 2005 yang berjumlah 906.000.000 jiwa. Angka kelahiran di Afrika mencapai angka 36 tiap 1000 penduduk sedangkan angka kematian Afrika mencapai 10 jiwa tiap 1000 penduduk. Beberapa wilayah tertentu di Benua Afrika seperti di wilayah Gurun hampir tidak berpenghuni. Wilayah dengan kepadatan tinggi terdapat di bagian utara Afrika Utara,sebagian Afrika Barat, bagian timur Afrika Selatan, sepanjang Lembah Sungai Nill dan seterusnya. Berikut ini ialah suku yang mendiami benua Afrika.

a.  Ras Negroid: Yang mendiami sebelah selatan Gurun Sahara merupakan penduduk mayoritas. Ras Negroid ini terdiri atas beberapa suku bangsa seperti suku Masai, Suku Kikuyu, Suku Zulu, Suku Sudan dan Suku Bantu.
b.  Ras Kaukasoid: Dari keturunan Arab yang mendiami Afrika Utara. Ras ini terdapat di sepanjang pantai Laut Tengah dan terdiri atas dua suku yaitu Suku Bangsa Semit dan Suku Bangsa Hamit.
c. Suku Pribumi: Merupakan penduduk asli yang banyak tinggal di daerah-daerah pedalaman. Suku Pribumi terdiri atas Suku Pygmy di Hutan Kongo, Suku Bushman di Gurun Kalahari, dan Suku Hottentot di Afrika Selatan.

Gambar Suku Pygmy di Hutan Kongo

Benua Afrika memiliki keragaman bahasa yang sangat tinggi. Namun terdapat bahasa utama yang digunakan yaitu Arab, Swahili, dan Hausa, Diperkirakan jumlah bahasa yang digunakan mencapai 1.500-2.000 bahasa.

5.  Dinamika Penduduk Australia

Mayoritas penduduk Australia adalah keturunan pendatang Inggris. Mereka datang ke Australia sejak ditemukannya tambang emas di Victoria dan Australia Barat. Jumlah penduduk asli Australia hanya sedikit. Pada umumnya mereka tinggal di daerah pedalaman. Suku asli Benua Australia adalah suku Aborigin.

Di Benua Australia akan dapat dilihat jumlah penduduk yang sangat banyak dan menjadi salah satu sumber kekuatan nasionalnya adalah sumber daya manusianya. Australia mempunyai penduduk yang inovatif dan kritis dalam melihat potensi alam dan kondisi pasar. Selain itu, Australia sebagai negara benua juga memiliki SDM yang tingkat pendidikannya yang sangat maju yang tentunya ditunjang oleh teknologi yang maju pula. Hal ini yang mendorong Australia untuk menjadi negara maju.
 

 Gambar Penduduk Suku Aborigin, Suku Asli Penduduk Kawasan Australia

Berdasarkan hasil laporan dari Divisi Kependudukan Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang prospek penduduk dunia yang memperkirakan jumlah penduduk dunia dengan metode medium fertility adalah tidak mungkin menghitung penduduk dunia secara tepat dalam suatu periode tertentu. Benua Asia menjadi benua dengan penduduk terbanyak, sedangkan Benua Australia dan Oceania menjadi benua dengan penduduk tersedikit.

Tabel Persebaran Penduduk di Dunia Berdasarkan Benua dan Wilayahnya pada Tahun 2013.

No.     Benua dan Wilayah                     Jumlah Penduduk                  Persentase (%)
1.        Asia                                                    4,394,844,097                            59.86
2.        Afrika                                                1,166,239,306                            15.92
3.        Eropa                                                    743,122,816                            10.15
4.        Amerika Selatan dan Karibia               630,088,917                            8.60
5.        Amerika Utara                                      361,127,819                            4.93
6.        Australia dan Oceania                           39,359,270                             0.54
                Total                                            7,324,782,225                            100.00

Posting Komentar untuk "Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia"