Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI IPA KELAS 8 GLB DAN GLBB

Assalamualaikum wrwb.
Salam Jum'at penuh berkah....
Mas dan mbak yang sholeh dan sholehah, pada pertemuan ke enam ini kita masih mempelajari gerak benda.

1. Gerak Lurus Beraturan
Gerak Lurus Beraturan (GLB) adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan yang tetap setiap saat. Kecepatan tetap adalah saat benda menempuh perpindahan yang sama, selang waktu yang dibutuhkan juga sama.
Salah satu contoh gerak lurus beraturan adalah misalnya pada jalan yang lurus dan tidak ada hambatan, kendaraan dapat bergerak dengan kecepatan tetap selama beberapa waktu. Tetapi kebanyakan gerak mengalami perubahan kecepatan.
Apabila sebuah mobil bergerak dengan kecepatan tetap 5 m/s, pernyataan ini mengandung makna setiap detik mobil tersebut menempuh jarak 5 m. Lebih jelasnya perhatikan tabel berikut!



2. Gerak Lurus Berubah Beraturan
Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah gerak benda dengan lintasan garis lurus dan memiliki kecepatan yang selalu berubah secara beraturan setiap saat. Karena kecepatannya mengalami perubahan, maka timbullah besaran percepatan. Percepatan adalah perubahan kecepatan terhadap selang waktu.
Pada GLBB, gerak benda dapat mengalami percepatan atau perlambatan. Gerak benda yang mengalami percepatan disebut GLBB dipercepat, sedangkan gerak yang mengalami perlambatan disebut GLBB diperlambat. Benda yang bergerak semakin lama semakin cepat dikatakan benda tersebut mengalami percepatan.
Secara matematis, percepatan dapat dituliskan sebagai berikut:
a=(perubahan kecepatan)/(selang waktu)
a=∆v/t↔a=(v_t-v_0)/t

Keterangan: a = percepatan (m/s2)
                    v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
                     vt = kecepatan akhir (m/s)
                      t = waktu (s)
Contoh soal:
Sebuah benda bergerak dengan kecepatan awal 2 m/s, selanjutnya benda dipercepat secara beraturan sehingga kecepatannya menjadi 10 m/s dalam selang waktu 4 sekon. Berapa percepatan yang dialami benda itu?
Jawab:
Diketahui : v0 = 2 m/s
       vt = 10 m/s
         t = 4 sekon
percepatan (a)=(v_t-v_0)/t
                         =(10-2)/4
                         =8/4=2  m⁄s^2 

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membuka video pembelajaran berikut ini:
Setelah kalian membaca dengan cermat tentang GLB ( Gerak Lurus Beraturan) dan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) yang meliputi gerak dipercepat dan gerak diperlambat, selanjutnya kalian bisa mengerjakan latihan soal berikut : Klik di sini!

Posting Komentar untuk "MATERI IPA KELAS 8 GLB DAN GLBB"