Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peran dan Manfaat Kerja sama ASEAN bagi Indonesia

1. Peran ASEAN bagi Indonesia .

    Keberadaan ASEAN memberikan arti penting bagi Indonesia .ASEAN juga diharapkan  Dalam Bidang sosial dan budayamampu mengatasi berbagai tantangan serta memanfaatkan peluang yaitu sebagai suatu organisasi yg bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan pembangunan ,serta kerja sama dalam bidang sosial budaya ,dan sebagai wahanaguna mewujudkan kepentingan masarakat. 

a. Dalam Bidang Ekonomi 

        Dengan menjadi anggota ASEAN kapasitas ekonomi Indonesia dalam berintegritas ke ekonomi global menjadi semakin kuat yaitu dengan meningkatkan dayatarik ekonomi ASEAN melalui single market  and production base.contoh keuntungan Indonesia menjadi anggota ASEAN dalam bidang ekonomi  adalah dg dibangunnya pabrik pembuatan pupuk se ASEAN yg berada di wilayah Indonesia yaitu di propinsi Aceh .

b Dalam bidang Politik.

        Indonesia menempatkan ASEAN sebagai soko guru bagi politik luar negeri yg di anutnya .

-Dengan menjadi anggota ASEAN  Indonesia lebih menjadi di hormati oleh negara lain .

- Integritas wilayah serta kedaulatan Negara Kesatuan RI menjadi lebih terjamin. 

- Terbentuknya  sekretariat serta perutusan negara2 tetap ASEAN di Jakarta . Hal tersebut dapta menjadi sarana untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada dunia Internasional ,khususnya bagi negara2 anggota ASEAN .

c. Bidang Sosial dan Budaya 

        Kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yg sangat kaya akan ke anekaragaman seni, budaya maupun sumber daya lainnya .Keramah tamahan yg menjadi ciri khas masyarakat Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing. Selain dalam bidang budaya ASEAN juga telah banyak berkontribusi bagi kehidupan sosial masyarakat Indonesia, diantaranya dg melakukan program pemberdayaan  masyarakat dalam mengatasimasalah kemiskinan,

d. Dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan 

        Melalui kerja sama  yg lebih intensif di antara negara2 anggota ASEAN , maka potensi ancaman maupun tindak kejahatan lintas negara akan semakin berkurang .Hal tersebut akan menciptakan kondisi kawasan yg lebih kondusif bagi Indonesia khusus nya dalam mengkonsentrasikan  sumber daya nya untuk meningkatkan pembangunan Nasional, contoh dengan diadakan nya latihan perang bersama antara TNI angkatan laut Indonesia dg tentara Singapura .

e. Dalam Bidang Ilmu Pengetahuan 

        Indonesia dan negara2 ASEAN  sering melakukan pertukaran Mahasiswa .Tentu saja hal tersebut akan dapat menambah wawasan bagi anak bangsa untuk lebih mengenal dunia internal. serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan tehnologi 

Pengaruh Bentuk2 Kerjasama ASEAN (sosial, politik, budaya, pendidikan ) terhadap kehidupan di ASEAN.

        Kerjasama di berbagai bidang kehidupan yang berjalan di antara negara-negara ASEAN akan sangat mewarnai dan berpengaruh terhadap aktifitas kehidupan negara - negara anggotanya. Hal ini dapat menimbulkan pengaruh positif maupun negatif dalam bidang ekonomi, bidang politik, bidang sosial budaya, dan bidang pendidikan (selengkapnya bacalah buku cetak).

Setelah membaca materi, kerjakan soal di bawah ini !!

         1. Sebutkan bentuk kerjasama Indonesia dengan negara - negara Asia Tenggara di bidang politik, ekonomi, dan budaya !!


 KERJAKAN DAN KIRIM KE GOOGLECLASSR0OM,

Tulis nama, no absen, kelas !!



Posting Komentar untuk "Peran dan Manfaat Kerja sama ASEAN bagi Indonesia "