Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKNOLOGI BERSAMA ASEAN DAN ALIH FUNGSI LAHAN.

 A. Perubahan ruang dan interaksi ruang akibat faktor alam. 

    Interaksi antar ruang merupakan hubungan yg terjadi antara wilayah satu dg wilayah lainyna berdasarkan potensi dan hambatan serta keterkaitan wilayah satu dengan wilayah lainnya yg terdapat di sekitarnya . Keterkaitan antar wilayah dapat di kai secara fisik maupun non fisik .Interaksi antar ruang dapat terjadi jika syarat syarat di bawah ini terpenuhi, diantaranya:
1. Kesempatan antara (Intervening opportunity) memberikan tawaran atau alternatif 
2. Saling melengkapi (Complementary), Keadaan ini dapat terjadi jika ada wilayah - wilayah yg  memiliki komoditas yg berbeda satu dg yg lainnya, kemudian saling bertukar komoditas
3. Keadaan dapat di pindahkan (Transwerability). Penyaluran beragam komoditas dari wilayah satu ke wilayah lain merupakansalah satu aktifitas interaksi antar ruang.
    Dalam upaya menanggulangi bencana di kawasan Asia Tenggara, ASEAN melakukan kerja sama antar negara anggotanya.
Contoh kerja sama ASEAN dalam penanggulangan bencana klimatik, yaitu kebakaran hutan di Sumatra dan badai Haiyan th2014 di Filipina. Asia Tenggara merupakan kawasan pertemuan dua pegunungan yaitu sirkun mediterania dan sirkun Pasifik. Keadaan ini menjadikan kawasan ini banyak memiliki gunung api yg aktif dan tersebar merata di semua negara-negara di Asia Tenggara. Pertemuan dua jalur pegunungan tersebut berada di Indonesia tepatnya di laut banda(Propinsi Maluku).
    Kawasan Asia Tenggara juga terdapat dataran rendah yg di lewati sungai-sungai besar lintas negara. Satu di antara sungai tersebut adalah Sungai Mekong yg melewati lima negara di kawasan Asia Tenggara yaitu Myanmar,Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam.
Tabel yg menunjukan bahan tambang yg di miliki  oleh negara-negara di Asia Tenggara. (Cari dan lihat di buku cetakmu untuk di pelajari )
    Sumber daya alam tidak hanya berupa barang tambang. Sumber daya alam hayati dan non hayati lainnya dapat dijumpai di negara-negara ASEAN. Hutan dan laut merupakan contoh lain sumber daya alam yg dimiliki hampir semua negara ASEAN.
B. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap perubahan ruang.
    Saat ini perkembangan internet sangat berpengaruh pada kehidupan sosial serta cara melakukan komunikasi dengan sesamanya. Semakin mudah akses internet oleh berbagai lapisan masyarakat, Semakin berubahnya pola komunikasi di antara sesama manusia. Manusia di berbagai belahan dunia bisa berkomunikasi dengan mudah dengan memanfaatkan beragam sosial media.
    Perkembangan teknologi yg pesat juga memudahkan manusia untuk melakukan aktifitas, menyebarkan informasi atau pesan dalam waktu yg singkat. Di Indonesia peranan teknologi cukup memiliki pengaruh yg besar dalam mempengaruhi pendapat masyarakat. Pengaruh tersebut dapat berupa fakta atau sekedar rekayasa atau istilah dalam bahasa internet adalah hoax. Ketika masyarakat di pengaruhi oleh berita hoax tersebut, maka ada pihak yg di rugikan dengan informasi yg tersebar luas di masyarakat. 

Berikut ini paparan secara singkat pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap perubahan ruang dalam beberapa bidang antara lain:
a. Budaya 
-Budaya-budaya yg memiliki muatan negatif dapat dg mudah masuk ke suatu negara.
-Alkulturasi budaya semakin cepat dan terjadi antar negara.
(selanjutnya buka di buku cetakmu)
b. Sosial
-semakin mudahnya hubungan dg pihak lain yg berada di luar negeri dg biaya yg murah dan koneksi cepat. 
(kelanjutannya cari di buku) 
c. Ekonomi
Komoditas yg berasal dari dalam negeri memiliki harga jual yg bertambah, karena dapat dijual ke luar negeri dg proses yg cepat dan murah.
(selanjutnya cari di buku cetakmu). 
d. Keamanan.
-Kelompok-kelompok pengacau keamanan antar negara semakin mudah berkoordinasi. 
-Barang-barang terlarang dan ilegal semakin mudah di dapat.
-Setabilitas keamanan negara harus selalu di tingkatkan mengikuti perkembangan teknologi.

Bacalah materi di atas dan kerjakan soal di bawah ini !!

1. Mengapa complementary menjadi salah satu syarat terjadinya interaksi antar ruang ?
2. Bagaimana pengaruh perkembangan  teknologi yg begitu pesat terhadap interaksi sosial masyarakat saat ini ?

Yang sudah selesai kirim ke google classroom

Tulis Nama, Kelas & No Absensi yang jelas !!

Posting Komentar untuk "TEKNOLOGI BERSAMA ASEAN DAN ALIH FUNGSI LAHAN. "