Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKNOLOGI BERSAMA ASEAN DAN ALIH FUNGSI LAHAN.

Pengaruh Perubahan Ruang Terhadap Kehidupan Ekonomi.
    Kerja sama ekonomi yg bersifat regional sangat diperlukan dalam rangka mencapai  kemakmuran masing-masing negara dalam satu kawasan. Hubungan kerja sama ekonomi regional dapat terwujud  dengan baik apa bila sesama negara anggota dapat saling menghargai dan mendukung kesepakatan  bersama tanpa adanya unsur mencampuri urusan negara lain. 
    Kerja sama ekonomi menempatkan setiap negara dalam perlakuan yg sama. Masing-masing negara memiliki hak dan kewajiban yg jelas. Dengan demikian tercipta hubungan kerja sama yg menguntungkan semua pihak. Namun, tidak semua bentuk kerja sama ekonomi antar negara membawa dampak yg baik terhadap perekonomian. Hal ini karena adanya intervensi terhadap keputusan  ekonomi dan politik suatu negara. Selain itu hubungan kerjasama yg di lakukan oleh suatu negara, tentu saja membawa dampak  perubahan dalam masyarakat di negara tersebut. 
    Kawasan Asia Tenggara sebagian besar memiliki komoditas hasil pertanian, khususnya padi dan rempah-rempah. Sedangkan untuk perdagangan internasional komoditasnya lebih beragam disamping hasil pertanian. Diantara komoditas tersebut antara lain barang-barang produk industri seperti mebel, barang kerajinan, tekstil, pakaian jadi dan sepatu.
Di Malaysia  
    Perekonomian disokong oleh beragam komoditas, di antaranya  industri, pertambangan dan pertanian. Bahan tambang yg di hasilkan oleh negara ini antara lain timah putih (Penang). Minyak bumi dan gas alam (Serawak) sedangkan hasil pertaniannya yaitu padi, kelapa sawit, kelapa, karet, dan lada hitam. 
Di Brunei Darussalam.
    Kehidupan ekonomi di peroleh dari sektor minyak dan gas bumi. Pertanian menghasilkan sagu, jagung, kelapa dan padi. Hasil hutan yaitu kayu, damar, rotan. Pariwisata yg terkenal Masjid Omar Ali Saifutdien, di kubah utamanya dilapisi emas sebagai daya tarik bagi jamaahnya.
Singapura 
    Sumber utama pendapatan negara yaitu dari hasil perdagangan, jasa keuangan dan hasil industri. 
Filiphina 
   Hasil utamanya hasil pertanian yaitu padi dan kelapa. Hasil perkebunan kopra sebagai salah satu hasil terbesar di dunia.
Thailand
    Mendapat julukan lumbung padi Asia Tenggara. Hasil pertanian utama padi dan hasil tambang timah, Sedangkan obyek wisata yg terkenal yaitu Pantai Pattaya di Teluk Siam.
Vietnam
   Vietnam negara agraris dan terkenal dg irigasinya. Hasil utamanya adalah kopi, teh , tebu, jagung, padi.
Kamboja
    Padi menjadi komoditas ekspor utama sebagian besar  wilayah ini menjadi lahan pertanian. 
Laos
    Negara ini tidak memiliki batas laut. Pertanian sebagai kegiatan ekonomi utama. Hasil tambangnya yaitu bijih besi dan timah . 
Myanmar
    Komoditas utama pertanian padi. Wilayah ini hampir separo di tutupi oleh hutan, Hasil hutannya kayu jati. Hasil tambangnya antara lain batu bara, timah, tembaga, minyak bumi, dan gas. 
    Kerja sama ASEAN menjadi proses distribusi menjadi lebih jauh jangkauannya. Kegiatan distribusi antar negara dalam bentuk ekspor dan impor yg melibatkan dua negara atau lebih identik dg pergerakan barang atau jasa antar negara. Kegiatan ekspor dan impor ini menunjukan adanya interaksi antar ruang negara yg satu dg negara yg lainnya.
    Pengaruh perubahan ruang di bidang ekonomi bagi negara-negara di ASEAN juga memiliki sisi positif dan negatif antara lain 
1. Pengruh Negatif 
a. investasi asing khususnya negara-negara diASEAN dapat masuk kedalam negeri dan mengembangkan indusrti-industri di Indonesia 
b. Komoditas negara negara ASEAN memiliki pangsa pasar yg luas.
c. Mobilitas tenaga kerja tidak hanya ada di dalam negeri, namun bisa menjangkau negara-negara lainnya. 
2. Pengaruh Negatif
a. Eksploitasi yg berlebihan terhadap sumber daya alam yg terbatas dan tidak dapat diperbaharui. 
b. Komoditas komoditas dalam negeri akan kalah saing jika tidak mampu meningkatkan kwalitasnya. 
c. Tenaga kerja dari luar negeri yg berbondong-bondong ke suatu negara, Mengurangi kesempatan lapangan kerja bagi penduduk asli.
Pengaruh Konversi Lahan Pertanian ke Industri dan Pemukiman
Dampak-dampak konversi lahan pertanian ke industri dan pemukiman;
a. Menyempitnya lahan pertanian.
b. Meningkatnya arus urbanisasi.
c. Mendesak ekosistem alami yang sudah terbentuk.
d. Sarana dan prasarana pertanian terbengkalai.
e. Profesi petani semakin berkurang.
(baca selengkapnya di buku cetak)
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap konversi lahan pertanian menjadi Industri dan Pemukiman
    Luas lahan pertanian di Indonesia cenderung berkurang dari waktu ke waktu. Konversi ini terjadi dari lahan pertanian menjadi lahan industri atau pemukiman karena faktor-faktor tertentu, antara lain :
a. Menipisnya minat generasi muda menekuni profesi petani.
b. Harga produk-produk pertanian yang tidak stabil.
c. Bertambahnya penduduk dengan cepat.
d. Meningkatnya permintaan rumah.
e. Aturan tentang konversi lahan kurang ketat.
(selengkapnya baca di buku cetak)
Setelah mempelajari materi di atas, kerjakan soal di bawah ini !
1. Mengapa perubahan fungsi lahan pertanian menyebabkan kerusakan ekosistem disekitarnya ?
2. Upaya apa yang dapat dilakukan agar pertanian menjadi profesi impian bagi generasi milenial ?
Kerjakan dan kumpulkan ke google classroom
Jangan lupa tulis nama, kelas, dan nomer absen !

Posting Komentar untuk "TEKNOLOGI BERSAMA ASEAN DAN ALIH FUNGSI LAHAN. "