Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KERAJINAN SERAT

 KERAJINAN SERAT ALAM

A. Pengertian Serat Alam

    Tahukah kamu apa itu bahan serat?.... serat adalah suatu material yang perbandingan panjang dan lebarnya sangat besar dan molekul penyusunnya terorientasi, terutama ke arah panjang. Serat kapas misalnya memiliki perbandingan panjang dan lebar mulai dari 500 (1 sampai dengan 1000).

B. Jenis dan Karakteristik Bahan Serat

    Bahan serat alam berasal dari alam mempunyai sifat bisa diurai oleh tanah. Bahan serat alam dapat digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan mineral. Dalam hal ini kita akan mempelajari dan fokus pada bahan dari tumbuhan dan hewan saja.

1. SERAT DARI TUMBUHAN

Adapun serat yang berasal dari tumbuhan dapat diklasifikasi menjadi empat sebagai berikut :

a. Serat dari biji

Contohnya  biji  dari  pohon  kapas dan  kapuk

b. Serat dari Daun

Contohnya serat daun mendong (purun tikus), daun nanas, daun pandan berduri, daun eceng gondok, daun abaka, daun sisal, dan daun henequen.

c. Serat Berasal dari Buah

Buah  kelapa memiliki  sabut  yang melapisi buah. Sabut  tersebut  telah banyak digunakan sebagai bahan serat.

2. SERAT DARI HEWAN

Bulu hewan yang paling banyak diolah sebagai bahan baku serat produk tekstil di antaranya stapel dan filamen. 

a.  Serat dari Stapel

Stapel merupakan serat yang berbentuk  rambut  hewan yang disebut  dengan wol.  Contohnya  domba,  alpaca, unta, cashmer, mohair, kelinci, dan vicuna. Rambut hewan yang paling banyak digunakan adalah wol dari bulu domba.


b. Serat dari Filamen

Filamen merupakan serat yang berbentuk jaringan. Contohnya adalah serat yang berasal dari larva ulat sutera yang digunakan untuk membentuk kepompong. Kepompong inilah yang merupakan serat lalu dipintal menjadi benang.


    Karakteristik  bahan serat  alam yang menjadi  perhatian  adalah pada permukaan seratnya, seperti kehalusan, kekuatan, daya serap, dan kemuluran atau  elastisitas.  Bahan tekstil  dari  selulosa (kapas) memiliki  beberapa karakteristik seperti, bahan terasa dingin dan sedikit kaku, mudah kusut, mudah menyerap keringat, rentan terhadap jamur, dan mudah terbakar.

    Sementara serat sutra mempunyai ciri-ciri  berkilau, sangat bagus dan lembut, tidak mudah kusut, sangat halus, kekuatannya tinggi, tahan terhadap sinar matahari, daya serap cukup  tinggi,  tidak  mudah  berjamur, mudah terbakar,  berbau  seperti  rambut  terbakar,  bekas pembakaran berbentuk abu hitam, bulat, serta mudah dihancurkan. Serat wol mempunyai ciri-ciri agak kuat, tidak berkilau, keriting, kekenyalan tinggi, elastisitas tinggi, dan merupakan penahan panas yang baik, tahan terhadap jamur dan bakteri.

Silahkan kalian catat pada buku catatan kalian.....sebagai tambahan bisa kalian sebutkan kerajinan kerajinan apa saya yang terbuat dari bahan dasar serat alam....kalian bisa catat dibuku catatan...

TETAP SEMANGAT........SUKSES SELALU UNTUK KALIAN....





Posting Komentar untuk "KERAJINAN SERAT"