Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus



Grafik Persamaan Garis Lurus


Asalamu ‘alaikum anak – anak…apa kabar ? semoga kalian semua dalam keadaan baik – baik saja,aamiin.Pada hari ini ,saya akan memberikan materi baru tentang Persamaan Garis Lurus. Yuk kita mulai saja, jangna lupa berdo’a ya…

1. Bentuk umum Persamaan Garis

Kalian tentu masih ingat Koordinat Cartesius.Salah satu manfaat koordinat Cartesius adalah untuk menggambar garis lurus. Untuk membuat garis lurus dengan persamaan tertentu, misal y = 2x dapat dinyatakan dalam persamaan linear dua variable yaitu 2x – y = 0. Bagaimana cara menentukan dua selesaian dari persamaan linear dua variable tersebut?

Bentuk umum

Secara umum persamaan garis lurus mempunyai bentuk umum : y = mx
Bentuk persamaan y=mx merupakan bentuk persamaan garis lurus yang paling sederhana, dimana persamaan y = mx merupakan persamaan garis lurus yang mempunyai titik pusat (0,0).
Dari bentuk yang sederhana tersebut kita dapat mengembangkan bentuk umum persamaan garis lurus menjadi:
y = mx + c
2 . Menggambar Persamaan Garis Lurus pada Koordinat Cartesius
Setiap titik yang terdapat pada bidang cartesius dinyatakan dalam bentuk pasangan berurutan x dan y, dimana x merupakan nilai yang terdapat pada sumbu x  yang disebut dengan absis sedangkan y merupakan nilai yang terdapat pada sumbu  y  yang disebut dengan ordinat. dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan yaitu titik yang terdapat pada bidang Cartesius dapat dituliskan sebagai (x,y)
Dari penjelasan diatas cukup jelas jika kita ingin menggambar persamaan garis lurus yang pertama kita lakukan adalah mencari pasangan x dan y secara acak yang memenuhi persamaan garis lurus tersebut. Setelah semua data (x, y) kita ketahui nilainya, barulah kita dapat menggambar persamaan tersebut ke dalam bidang kaertesius.
Perhatikan contoh di bawah ini :
Gambarlah garis dengan persamaan:
a. x + y = 4
b. x = 2y
Jawab :
a. Langkah pertama adalah menentukan nilai x dan y yang memenuhi persamaan x + y = 4
Misalkan:
x = 0 maka 0 + y = 4
y = 4, sehingga diperoleh titik koordinat (0, 4)
x = 3 maka 3 + y = 4
y = 1, sehingga diperoleh titik k00rdinat (3,1 )
Kemudian, dari dua titik koordinat tersebut dapat digambarkan garis lurus seperti berikut:

b. Seperti sebelumnya, tentukan dahulu nilai x atau y yang memenuhi persamaan x = 2y
Misalkan:
x = 0 maka 0 = 2y
y = 0, sehingga diperoleh titik koordinat (0, 0)
x = 4 maka 4 = 2y
y = 2, sehingga diperoleh titik koordinat (4, 2)

Demikian Kita belajar materi hari ini mengenai grafik persamaan garis lurus ,untuk pertemuan berikutnya  kita akan belajar mengenai menghitung gradien garis lurus.
Apabila kalian belum paham, bisa menghubungi bp/ibu guru mata pelajaran di kelas masing – masing atau membuka buku Matematika SMP kelas 8 halaman 139 s/d 148 atau buku Pendamping Matematika halaman 40 s/d 41 ya…Semoga Bermanfaat...
Wassalaamu “alaikum Wr Wb

Posting Komentar untuk "Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus"