Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajinan IX/1: Materi-5 TAHAP PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN KERAS

 TAHAP PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN KERAS


a. Membuat rancangan

Rancangan adalah hal awal yang kita lakukan setelah mendapat ide untuk membuat suatu kerajinan dari bahan keras, rancangan yang bagus biasanya akan menghasilkan produk yang bagus pula. Rancangan biasanya dibuat di suatu kertas lalu kita menggambarnya dan susun secara sistematis.(lihat contoh rancangan poin E. Berkarya Kerajinan Bahan Keras pada buku paket Prakarya Kelas 9 halaman 41-44)

b. Menyiapkan alat dan bahan

Setelah rancangan dibuat tahap selanjutnya adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan di utamakan memiliki kualitas yang bagus sehingga akan mendapat hasil yang baik.

c. Membuat benda sesuai rancangan

Setelah semua siap kita mulai dengan proses pembuatan, buatlah sebuah bagian dasar terlebih dari suatu kerajinan sehingga akan mudah dibentuk dan mempercepat proses pembuatan.

d. Tahap penyelesaian

Tahap akhir setelah kita membuat suatu kerajinan salah satunya adalah dengan merapikan atau memberi hiasan atau beberapa tambahan lain, sehingga meningkatkan kualitas kerajinan tersebut.

Silakan kalian simak dan pelajari vidio contoh pembuatan kerajinan bahan keras berikut ini !

Contoh-1 pembuatan pot bunga dari ranting pohon


Contoh-2 pembuatan lampu hias dari ranting pohon


TUGAS
Buatlah satu produk kerajinan bahan keras dari ranting pohon seperti contoh dalam vidio tersebut, bentuk atau wujud produk pot/vas bunga dan atau lampu hias yang kalian buat tidak harus sama persis dengan contoh dalam vidio tersebut. Kalian bisa  berkreasi dengan mengeksplor daya kreatifitasmu sehingga hasinya menjadi menarik, memiliki funsi hias dan fungsi pakai. Ikuti tahapan pembuatan kerajinan yang telah kalian pelajari diawali :
1. Membuat rancangan pada buku catatan/selembar kertas 
2. Buat vas/pot bunga dan atau lampu hias sesuai rancangan.
3. Presentasikan hasilnya (produk) dengan membuat vidio yang menunjukan hasil karya yang telah di buat beserta diri kalian yang sedang berpresentasi. Durasi vidio maksimal 1,5 menit 
4. Kirim hasil karya video  tersebut  ke Link Tugas Materi-5 yang sudah tersedia dibagian bawah keterangan  ini!
5. Pengiriman tugas/hasil karya vidio untuk 1 anak hanya 1 vidio.
6. Dikumpulkan paling lambat 2 minggu dari sekarang atau sebelum tanggal 1 November 2021

Link Tugas Materi 5 :

Posting Komentar untuk "Kerajinan IX/1: Materi-5 TAHAP PEMBUATAN KERAJINAN BAHAN KERAS"