Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERMAINAN BOLA BASKET SEJARAH DAN TEKNIK DASAR KELAS 7

Sejarah Bola Basket

Olahraga permainan ini ditemukan oleh james naissmith pada tahun 1891. James merupakan guru olah raga di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, USA. dia secara tidak sengaja menemukan olah raga permainan ini. Dia menciptakan olahraga ini terinspirasi dari permaianan masa kecilnya dulu, dari sinilah dia mulai menciptakan permainan ini dean menyusun peraturan- peraturan yang digunakan dalam olahraga permainan ini.

Olahraga permainan bola basket diperkirakan masuk ke Indonesia pada tahun 1894 dibawa oleh para pedagang dari cina yang masuk ke Indonesia. Pada tahun 1948 olah raga bola basket mulai dipertandingkan dikejuaraan resmi. Salah satunya yaitu pada pon 1 yang digelar di kota solo, jawa tengah.kemudian pada tahun 1955 dibentuklah persatuan basket seluruh Indonesia (PERBASI).

Prasarana Permainan Bola Basket

A. Lapangan

Ukuran lapangan bola basket berbentuk persegi panjang dengan dua standar ukuran, yakni:
Panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter untuk standar lapangan basket NBA, dan
Panjang 26 meter dan lebar 14 meter untuk standar FIBA.


B. Ring Basket

Jari-jari ring basket : 22,5 cm ( diameter : 45 cm ). Ukuran papan pantul : 1,05 x 1,8 m. Dengan kotak tengah berukuran 45 x 59 cm. Jarak papan pantul dari bagian bawah dengan lantai : 2,9 m.


C. Bola

Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm – 78 cm. Sedangkan berat bola adalah 600 – 650 gram. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 meter pada lantai papan, maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1,20 – 1,40 meter.

D. Teknik Dasar Permainan Bola Basket

1. Drible (Menggiring)

Adalah  teknik menggiring bola dalam permainan bola basket tujuannya untuk mempertahankan posisi bola dalam tindakan penyerangan kea rah jantung pertahanan lawan.
Cara melakukan  teknik ini adalah dengan memantulkan bola pada permukaan lapangan permainan dengan menggunakan tangan agar posisi bola tetap pada posisi tangan pemain.
Ada dua jenis dribble pada permainan bola basket:
a. Dribble Tinggi: Dribble tinggi dilakukan dengan berlari atau berjalan cepat ketika pemain yang memegang bola berada jauh dari pemain lawan.hal ini dilakukan untuk menyerang daerah lawan dengan cepat.
b. Dribble Rendah: Teknik ini digunakan ketika pemain berhadapan langsung dengan lawan dan ingin mencari celah ketika lawan dalam keadaan  lengah atau tidak fokus.

Cara melakukan dribbling adalah sebagai berikut:
  • Peganglah bola dengan kedua tangan rileks
  • Berdirilah seenaknya dengan kaki dibuka sedikit
  • Badan agak dicondongkan ke depan.
  • Mulailah memantulkan bola dengan tangan kanan (sebagai permulaan belajar). Usahakan ketika memantulkan, bola jangan dipukul. Namun, pantulkan dengan jari-jari tangan yang dibantu dengan gerakan pergelangan tangan.
  • Ketika memantulkan bola dengan mengikuti gerakan bola ke atas sedikit dengan jari dan pergelangan tangan, kemudian didorong

Drible Rendah


Drible Tinggi

2. Melempar/Operan/Mengumpan (Passing)

Melempar adalah gerakan mengarahkan satu benda yang dipegang dengan cara mengayunkan tangan ke arah tertentu.

Dalam Bola Basket ada 6 cara melempar/Operan (Passing)

a. Chest Pass: Teknik mengumpan bola dengan cara melempar bola di depan dada menggunakan dua tangan. Chess past biasa diterapkan ketika mengumpan bola pada rekan yang berada dekat dari kita.
b. Bounce Pass: Teknik memantulkan bola ke bawah agar diterima oleh rekan satu tim yang digunakan untuk menghindari hadangan lawan.

c. Overhead Passing: Teknik ini dilakukan dengan melempar bola dari atas kepala.

d. Baseball Pass: Teknik melempar  bola yang secara cepat atau direct diarahkan kepada kawan. Teknik ini sering digunakan untuk mengejutkan lawan dengan lemparan tidak terduga.

e. Hook Pass: Teknik mengumpan bola kepada kawan dengan satu tangan dengan posisi melipat di atas bahu. Teknik ini digunakan untuk merusak pertahanan lawan.

f. Under Pass: Teknik mengumpan bola kepada kawan dengan cara melempar bola  dari arah pinggang pemain kepada kawan.

3. Menengkap Bola

Pada dasarnya teknik menangkap bola dalam permainan bola basket merupakan satu kesatuan dengan teknik mengoper bola. Artinya ada pengoper bola berarti akan ada yang menerima bola. Menangkap bola adalah teknik menerima bola dari lawan.

Teknik ini biasa dilakukan dengan menggunakan satu tangan ataupun dua tangan ketika sedang menangkap bola.

  • Sikap kaki berdiri kuat dengan dua tangan yang lurus ke depan serta  kedua telapak tangan menghadap ke depan dan  jari – jari tangan terbuka ( kedua ibu jari tangan saling mendekat ).
  • Sesudah bola menyentuh ujung jari dan telapak tangan, maka bawalah bola tersebut  ke dada dan tahanlah dengan mencengkeram bola yaitu, semua telapak tangan dan  juga permukaan jari – jarinya menempel dengan bola di samping kanan dan kiri.
  • Kemudian kuasailah bola dengan baik sambil menunggu gerakan berikutnya ( melempar, menggiring atau menembak ).



4. Teknik Menembak (Shooting)

Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan. Tekniknya yaitu diam di tempat kemudian melempar bola  kedalam ring lawan  dengan satu atau dua tangan.  Teknik ini ada dua macam yaitu  jump shoot (memasukkan bola dengan melompat), dan lay up (memasukkan bola dengan berlari lalu melompat).


E. Peraturan Permainan Bola Basket

1. Jump ball 

adalah lemparan awal permainan bola basket yang dilempar oleh wasit dan kedua kapten saling berhadapan, apabila wasit mulai lempar keatas kedua kapten harus loncat tidak boleh menangkap bola melainkan harus dipukul kearah teman pemain tersebut.

2. Poin atau point (inggris) 

Dalam bola basket digunakan untuk memonitor skor dalam permainan. Poin dapat diakumulasikan dengan mencetak angka dalam permainan (dua atau tiga poin) atau lemparan bebas (satu poin). Jika seorang pemain mencetak angka dari dalam garis tiga poin, pemain mencetak dua poin.

3. Posisi Pemain

a. Point Guard (PG) bertugas membawa bola dan mengoperkan bola.

Adalah posisi pemain basket yang bisa disebut sebagai jantung permainan tim, posisi ini dihuni oleh pemain yang memiliki kemampuan dribbling dan passing diatas rata-rata. Pemain yang berada di posisi ini harus lincah, cepat, dan memiliki handling bola yang bagus. Point guard juga dikenal sang pemberi assist serta memiliki kemampuan shooting yang sama baik dengan pemain lain.

b. Shooting Guard (SG) bertugas menembak jarak jauh

Adalah posisi pemain basket yang memiliki spesialis shooting untuk banyak variasi. Maksudnya pemain yang mengisi ini harus memiliki kemampuan menembak diatas rata-rata serta dari berbagai sisi lapangan. Posisi ini juga sangat diandalkan untuk mendapatkan banyak angka bagi tim
.
c. Small Forward (SF) bertugas mencetak angka

Adalah posisi yang berada di depan namun fleksibel dalam menemukan ruang kosong. Posisi ini juga menjadi pusat serangan tim dan biasanya diandalkan untuk meraih angka. Pemain di posisi ini harus memiliki skill basketball yang bagus serta mampu menjadi scorer yang efisien untuk timnya.

d. Power Forward (PF) bertugas merebound bola

Adalah posisi yang paling menonjolkan kemampuan fisik baik saat duel bola udara maupun saat marking pemain lawan. Posisi ini dihuni oleh pemain yang memiliki kecakapan menangkap rebound, melakukan great wall defense, serta membantu tim untuk mencetak angka dengan kualitas fisik dan atletisnya.

e. Center (C) bertugas di pertahanan dan penyerangan

Adalah posisi central yang biasanya menjadi poros di lapangan. Posisi ini dihuni pemain bertubuh paling tinggi dengan jangkauan bola paling luas. Center bertugas untuk menangkap semua rebound serta melakukan protecting rim untuk block dan fase defensive lainnya. Dalam permainan menyerang, tugas center juga bisa menjadi screener untuk taktik pick and roll tim.

4. three second rule 

adalah salah satu peraturan dalam permainan bola basket. dimana terdapat sebuah aturan yang tidak memperbolehman pemain mengambil posisi ground lebih dari 3 detik atau akan terkena foul.

5. Out ball dalam permainan bola basket artinya bola keluar dari lapangan.



Posting Komentar untuk "PERMAINAN BOLA BASKET SEJARAH DAN TEKNIK DASAR KELAS 7"