Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TRANSFORMASI

 TRANSFORMASI (TRANSLASI)

Asalamu ‘alaikum anak – anak kelas 9 apa kabar ? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan baik – baik saja,aamiin...Untuk pembejaran matematika  hari ini Sabtu, 17 Oktober 2020 adalah  TRANSFORMASI

Transformasi adalah suatu perubahan posisi (perpindahan) dari suatu posisi awal (x , y) menuju ke posisi lain (x’ , y’).

Transformasi  terbagi menjadi empat jenis, antara lain:

1. Translasi ( Pergeseran )

2. Refleksi ( Pencerminan )

3. Rotasi ( Perputaran )

4. Dilatasi ( Perkalian )

Nah untuk pertemuan hari ini  kita akan mempelajari terlebih dahulu tentang Translasi .Apa itu  Translasi? Untuk lebih jelasnya  yuk kita mulai saja…jangan lupa berdo’a ya….

TRANSLASI ( PERGESERAN )

Translasi adalah salah satu jenis transformasi yang berguna untuk memindahkan suatu titik sepanjang garis lurus dengan arah dan jarak.

Dalam kehidupan sehari – hari kalian tentu pernah menggeser suatu benda entah benda itu besar atau kecil. Pada gambar di bawah ini ∆ ABC digeser ke kanan dan menempati

Sebuah translasi dapat dinyatakan dengan menggunakan pasangan bilangan   dengan a menyatakan arah prgeseran secara horizontal ( mendatar ) dan b menyatakan arah pergeseran secara Vertikal ( Tegak ). Perhatikan gambar berikut ini :

Gambar di atas memperlihatkan bahwa titik A(x,y) ditranlasi   menempati A1 ( x1,y1 ) artinya A digeser ke kanan sejauh a kemudian digeser ke atas sejauh b. Hubungan antara x,x1 dengan a dan y,y1 dengan b adalah sebagai berikut :

X1 = x + a

Y1 = y + b

Jadi Translasi dapat disimpulkan sebagai berikut :

Untuk x,y,a dan b bilangan Real, translasi titik  A(x,y) dengan menggeser absis x sejauh a dan menggeser y sejauh b, sedemikian diperoleh titik A1 (x+a,y+b )

Contoh Soal :

Sebuah translasi dinyatakan oleh pasangan bilangan  dengan translasi itu,tentukan koordinat bayangan dari tiap titik – titik berikut:

a. A ( 3,2 )

b. B ( 2,-4)

c. C (-1,1)

Jawab : 

Rumus Translasi = ( x+a, y+b )

Jika bayangan dari titik A(2, 3) adalah A'(3, –1) maka tentukanlah aturan translasinya.

Jawab: 

Diketahui A(2, 3) dan A'(3, –1) maka x = 2, y = 3, x’ = 3, dan y’ = –1. Dengan menggunakan persamaan translasi x’ = x + a dan y’ = y + b diperoleh :

x’ = x + a

3 = 2 + a  

a = 3 – 2 =1

y’ = y + b

–1 = 3 + b

 b = –1 – 3 = –4

Jadi, translasi yang memetakan titik A(2, 3) ke titik A'(3, –1) adalah  

Demikian pembelajaran tentang Translasi, Mudah kan ? Apabila di antara kalian ada yang belum paham silahkan kalian bisa menghubungi ibu guru pengampu kelas masing – masing.Nah untuk mamantapkan pemahaman kalian kerjakan soal – soal yang ada di buku pendamping materi matematika halaman 48 Latihan no 1 s.d 4.Tuliskan jawaban kalian di buku catatan matematika bertuliskan Nama Lengkap, Kelas,No Absen kemudian kirim ke Google Classroom ( GC)

Wassalamu’alaikum wr wb




Posting Komentar untuk "TRANSFORMASI"