Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bentuk-bentuk globalisasi, Macam-Macam Gerakan Globalisasi dan Tantangan Global terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa

Bentuk-bentuk globalisasi

Globalisasi berpengaruh terhadap keberadaan masyarakat sebagai suatu bangsa yang meliputi berbagai bidang kehidupan. Mengatasi pudarnya jati diri bangsa dengan pembangunan di segala bidang kehidupan, seperti berikut.


1) Globalisasi dalam Bidang Iptek

Iptek, atau yang kita sebut sebagai ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu jalan di mana yang fungsinya sendiri untuk membantu segala jenis kebutuhan manusia agar sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dengan sarana pemikiran manusia dan penciptaan alat-alat yang dapat mendukung kegiatan praktis. Iptek dalam kehidupan manusia selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Perkembangan dunia Iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pengembangan Iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan, dan imortalitas. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif Iptek terhadap kehidupan umat manusia. Salah satu kelebihan manusia dari makhluk lain yaitu kemampuan manusia dalam menciptakan dan menggunakan alat. Salah satu ciptaan manusia yang menakjubkan, yaitu mesin-mesin seperti berikut.


a) Komputer

Ada banyak peran komputer dalam hidup manusia. Komputer dapat digunakan sebagai mesin hitung, mesin tulis, pengganti ensiklopedia, perpustakaan, arsip suatu kantor, dan membuat aneka macam program, baik untuk keperluan industri maupun pertambangan sampai urusan rumah tangga.

b) Mesin bakar

Prinsipnya bahan bakar dicampur udara yang dimampatkan dalam silinder, diledakkan dengan bunga api dari busi. Gerakan ini diteruskan oleh roda penerus yang sekaligus memutar mesin dan membuang bahan bakar yang telah terpakai ,kemudian memampatkan bahan bakar dan udara yang baru, lalu diledakkan, dan seterusnya.

c) Mesin diesel

Prinsipnya hampir sama dengan mesin bakar, tetapi tanpa menggunakan percikan bunga api dari bahan bakar yang digunakan yaitu solar.

Foto Mesin diesel sebagai salah satu bentuk penggerak di dunia modern

d) Nuklir

Nuklir dapat dimanfaatkan untuk sumber tenaga, mensterilkan alat-alat kedokteran, kesehatan/pengobatan, peningkatan daya guna tanaman pertanian, pengawetan bahan makanan, pengawetan kayu, peningkatan mutu tekstil, penelitian radiografi, hidrologi, dan penelitian pencemaran lingkungan.

e) Radio dan televisi

Keunggulan radio yaitu dapat berkomunikasi tanpa kawat. Cinema dapat mengkomunikasikan kesan pesan secara utuh baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Televisi dapat mengkomunikasikan pesan/kesan yang lengkap seperti cinema, tetapi untuk jarak jauh tanpa kawat.

f) Satelit komunikasi

Dapat mempertinggi daya guna semua media di atas dengan meningkatkan daya pancar ke seluruh dunia sehingga dapat diharapkan untuk meningkatkan saling pengertian antarbangsa di dunia.

g) Internet

Adalah media komunikasi canggih yang dapat merambah ke seluruh penjuru dunia dengan cepat lewat komputer. Tampilan gambar dan pesan lebih cepat sampai ke tujuan dan dengan biaya yang relatif murah. Internet dapat digunakan untuk semua tujuan.


2) Globalisasi dalam Bidang Ekonomi

Globalisasi ekonomi adalah gabungan dari dua kata yaitu globalisasi dan ekonomi. Dari pengertian-pengertian yang sudah dibahas sudah dapat kita ketahui makna dari kedua kata tersebut. Berarti dapat kita artikan bahwa globalisasi ekonomi adalah suatu proses atau keadaan ekonomi yang bersifat global mengalami perubahan kegiatan perekonomian yang lebih terbuka tanpa mengenal batas-batas teritorial ataupun wilayah, baik antardaerah maupun antarnegara. Perubahan-perubahan tersebut terjadi dalam seluruh aspek perekonomian.

Pada zaman dahulu ekonomi dijalankan dengan sangat sederhana yaitu dengan barter. Namun, setelah munculnya uang di dunia, akhirnya negara memiliki mata uang dan sistem perekonomiannya masing-masing. Banyak perusahaan-perusahaan didirikan di negara lain. Kegiatan ini terus berkembang hingga banyak negara yang berinvestasi di negara lain.

Dengan berjalannya waktu banyak juga hambatan yang terjadi dalam sistem tersebut yang membuat negara-negara membutuhkan suatu kekuatan pasar tanpa batasan teritorial yang dapat mempercepat arus modal, barang, dan jasa. Globalisasi ekonomi tersebut tentunya menunjukkan bahwa tidak ada negara yang dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan ketergantungan dengan negara lain. Dengan globalisasi ekonomi tersebut terciptalah perdagangan internasional yang mengadakan pertukaran barang dan jasa antarnegara. Globalisasi ekonomi dapat saja terjadi di bidang ekspor impor, tenaga kerja, dan permodalan antarnegara di dunia.

Globalisasi di bidang ekonomi merupakan suatu proses aktivitas ekonomi dan perdagangan, di mana berbagai negara di seluruh dunia menjadi kekuatan pasar yang satu dan makin terintegrasi tanpa hambatan atau batasan teritorial negara. Globalisasi perekonomian ini berarti adanya keharusan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus barang, jasa, serta modal. Perwujudan nyata terjadinya globalisasi ekonomi terjadi dalam bentuk-bentuk sebagai berikut.


a) Globalisasi produksi

Dalam hal ini, perusahaan berproduksi di berbagai negara dengan tujuan agar biaya produksi jadi lebih rendah. Upaya ini dilakukan baik karena rendahnya upah buruh, tarif bea masuk murah, infrastruktur memadai ataupun karena adanya iklim usaha dan politik yang mendukung atau kondusif. Dunia dalam kondisi ini menjadi lokasi manufaktur global.

b) Globalisasi pembiayaan

Perusahaan global dalam hal ini mempunyai akses untuk mendapatkan pinjaman atau melakukan kegiatan investasi (baik dalam bentuk portofolio maupun langsung) di seluruh negara di dunia. Contohnya, PT. Telkom dalam upaya memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT. Jasa Marga dalam usahanya memperluas jaringan jalan tol telah menggunakan sistem pembiayaan dengan pola Build- Operate-Transfer (BOT) bersama mitra usaha dari mancanegara.

c) Globalisasi tenaga kerja

Hadirnya tenaga kerja asing adalah gejala terjadinya globalisasi di bidang tenaga kerja. Perusahaan global dalam kondisi ini akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai tingkatannya, misalnya penggunaan staf profesional dari tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman internasional atau pemanfaatan buruh kasar yang umumnya diperoleh dari negara-negara berkembang.

d) Globalisasi jaringan informasi

Bentuk globalisasi jaringan informasi dapat dilihat pada masyarakat suatu negara di mana dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari berbagai negara di dunia dengan majunya teknologi, diantaranya melalui: Radio, TV, media cetak, dan lain-lain. Jaringan komunikasi yang makin maju membantu meluasnya pasar ke penjuru dunia untuk produk yang sama, sehingga berakibat pada selera masyarakat negara-negara di dunia yang ada di kota maupun di desa menuju selera global.

e) Globalisasi perdagangan

Di bidang perdagangan, globalisasi terwujud dalam bentuk penyeragaman dan penurunan tarif, serta penghapusan hambatan-hambatan nontarif. Kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi makin ketat, cepat, dan fair.


3) Globalisasi bidang komunikasi

Perkembangan komunikasi di era globalisasi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan peralatan perangkat keras dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu untuk mengumpulkan, memproses, dan saling tukar informasi.

Komunikasi hakikatnya merupakan aktivitas yang wajib kita lakukan dalam kehidupan manusia. Ada juga yang berpendapat bahwa komunikasi adalah segala bentuk alat yang berguna untuk memindahkan sebuah informasi dari satu tempat ke tempat lain. Perkembangan komunikasi tergantung dari kebutuhan orang itu sendiri. Berikut daftar bentuk komunikasi modern.

a) Video call, dari namanya tentu video call berguna untuk berbicara sambil bertatap muka bersama lawan bicara,yang membuat anda merasakan seperti bercakap cakap secara langsung. Video  call juga bisa dikatakan video chat, seperti di komputer, hanya saja video  call kebanyakan ada di perangkat mobile yang mempunyai jaringan 2100, keatas (3G dan 4G) serta memiliki lensa kamera baik di depan ataupun belakang. Tidak semua perangkat mobile bisa video call, ada yang mempunyai 2 kamera, tetapi tidak mendukung jaringan 2100 maka tidak akan bisa video call .

b) Video  Conference melalui internet adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih menggunakan jaringan internet broadband. Video conference biasa digunakan untuk kuliah jarak jauh dan rapat dengan universitas-universitas di kota lain. Layanan video conference juga pernah digunakan untuk mempresentasikan karya pada sebuah lomba yang disaksikan oleh tim penilai di negara lain. Dengan fasilitas audio visual secara real time membuat komunikasi terasa nyata sehingga peserta seakan-akan berhadapan langsung dengan peserta lain meskipun berada di kota/negara lain. Fasilitas yang digunakan dalam layanan video conference, antara lain sebagai berikut.

(1)   Screen dan Proyektor
(2)   Laser pointer.
(3)   WiFi menggunakan jaringan ITB (terbatas).
(4)   Computer Graphics(CG).
(5)   Video table untuk menampilkan yang dilakukan/ditulis peserta di atas mejanya.

c) Berkomunikasi melalui telepon, adalah sebuah alat komunikasi yang berguna untuk menerima informasi dalam bentuk suara. Pengirim Informasinya melalui sinyal listrik, dengan menggunakan jaringan kabel. Telepon merupakan teknologi komunikasi jarak jauh. Telepon pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sampai era ini teknologi yang satu ini mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat.

d) Menyampaikan informasi melalui radio adalah sebuah peralatan komunikasi yang menggunakan media gelombang elektromagnetik untuk mendapatkan informasi yang berupa suara. Dalam sebuah radio terdapat tiga komponen yang mendukung yaitu sistem pemancar, sumber suara, dan antena pemancar.

e) Menyampaikan informasi melalui televisi adalah sebuah sistem elektronik yang dapat menerima pesan ataupun sinyal berupa gambar dan suara melalui gelombang. Televisi ditemukan oleh Gottileb Paul Nipkow pada tahun 1860-1940. Macam-macam televisi dibedakan menjadi televisi digital dan analog.

f) Berkomunikasi  melalui handphone(HP)/mobile  phone. HP adalah sebuah alat elektronik yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi (bertukar informasi) bisa berupa suara, teks, sampai gambar. HP mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Foto Smartphone salah satu alat komunikasi yang ngetrend saat ini

g) Menyampaikan dan mencari informasi melalui satelit, sebuah teknologi komunikasi yang berada di luar angkasa yang bertugas menerima sinyal yang berasal dari bumi untuk dikirimkan ke tempat lain di bumi.

h) Mengirim faksimile, fungsi dari teknologi komunikasi ini adalah mengirim dan menerima informasi yang berupa tulisan/gambar. Bentuk dari faksimile ini menyerupai mesin fotokopi.


4) Globalisasi Bidang Transportasi

Transportasi diartikan sebagai pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal, dari mana kegiatan angkutan dimulai, ke tempat tujuan, ke mana kegiatan pengangkutan diakhiri. Peranan transportasi sangat penting untuk saling menghubungkan daerah sumber bahan baku, daerah produksi, daerah pemasaran dan daerah pemukiman sebagai tempat tinggal konsumen.

Transportasi merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain di dunia. Teknologi transportasi dapat membantu memudahkan kelangsungan hidup setiap manusia dan merupakan salah satu aspek penting bagi masyarakat. Karena itu keberadaan transportasi akan selalu dibutuhkan bahkan dicari apalagi dalam kondisi saat ini, era globalisasi yang semuanya serba canggih dan persaingan yang semakin tajam memungkinkan kita untuk selalu berpikir terhadap suatu masalah, kejadian atau kegiatan dari sudut kepentingan global itu sendiri. Berikut model-model transportasi mulai muncul dan berkembang di era globalisasi.

a) Mobil dan sepeda motor   

Dua kendaraan ini merupakan alat transportasi darat yang sangat populer di era globalisasi saat ini. Alat transportasi tersebut mempercepat kerja dari manusia serta mampu memenuhi kebutuhan akan manusia, seperti bepergian ketempat jauh untuk, bisnis, dan rekreasi.

b) Kereta api

Alat transportasi massal yang saat awal ditemukan menjadi alat transportasi darat yang paling populer pada zamannya.

c) Kapal laut

Jenis alat transportasi ini masuk kategori transportasi air (laut).Kapal laut mampu di jadikan sarana transportasi dari satu wilayah ke wilayah lain yang dibatasi oleh laut, sungai besar.

d) Kapal terbang dan balon udara

Mode transportasi tercepat yang bisa menghubungkan antarkota dan yang sangat berjauhan dengan waktu singkat, saat ini menjadi andalan transportasi udara antarnegara.

e) Pesawat luar angkasa

Transportasi khusus untuk penjelajahan antariksa atau luar angkasa yang baru bisa dikendarai oleh orang-orang tertentu (astronot) dan saat ini sedang dikembangkan pesawat luar angkasa untuk komersial, yang bisa dinaiki orang orang umum asal mampu membayar biaya transportasinya yang sangat mahal.


5) Globalisasi dalam Bidang Budaya

Globalisasi sangat mempengaruhi sekali,hampir dari segi aspek yang ada dimasyarakat yang termasuknya dari aspek budaya. Sebuah kebudayaan bisa diartikan sebagai nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang sangat dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun persepsi yang berkaitan dengan segi aspek-aspek kejiwaan (psikologis) yakni apa yang terdapat dalam alam pikiran.

Dari segi aspek-aspek kejiwaan ini hal yang menjadi sangat penting yang artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan. Salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang ialah kesenian yang merupakan subsistem dari kebudayaan. Berikut berbagai macam contoh dari globalisasi dalam bidang budaya.


a) Meningkatnya imigrasi

Bukan hal yang aneh lagi apabila setiap tahunnya di Indonesia kedatangan turis asing. Dengan demikian, mereka membawa budayanya masing-masing dan kita harus dapat menyaring budaya yang masuk.

b) Pengaruh dari mode-mode luar negeri

Salah satu contoh globalisasi dalam bidang budaya ialah masuknya mode-mode luar negeri ke Indonesia. Saat ini mode-mode yang sedang trend di Indonesia ialah mode-mode dari Negara Korea, Jepang, dan Amerika Serikat.

c) Berkembanganya budaya asing

Budaya asing yang berkembang di Indonesia tidak dapat lagi dihindari. Nilai positifnya kita optimalkan dan sisi negatifnya harus kita buang jauh-jauh dari tanah air kita.

d) Terjadinya pertukaran budaya

Salah satu hal yang positif bagi Indonesia dalam globalisasi adalah terjadinya pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain. Dengan hal ini semakin meningkatkan eksistensi kebudayaan Indonesia di mata internasional.


Macam-Macam Gerakan Globalisasi
Berikut macam-macam gerakan globalisasi.
1) Gerakan pro globalisasi

Pendukung globalisasi (sering juga disebut dengan pro globalisasi) menganggap bahwa globalisasi dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran ekonomi masyarakat dunia. Mereka berpijak pada teori keunggulan komparatif yang dicetuskan oleh David Ricardo. Teori ini menyatakan bahwa suatu negara dengan negara lain saling bergantung dan dapat saling menguntungkan satu sama lainnya, dan salah satu bentuknya adalah ketergantungan dalam bidang ekonomi. Kedua negara dapat melakukan transaksi pertukaran sesuai dengan keunggulan komparatif yang dimilikinya.

Misalnya, Jepang memiliki keunggulan komparatif pada produk kamera digital (mampu mencetak lebih efisien dan bermutu tinggi) sementara Indonesia memiliki keunggulan komparatif pada produk kainnya. Dengan teori ini, Jepang dianjurkan untuk menghentikan produksi kainnya dan mengalihkan faktor-faktor produksinya untuk memaksimalkan produksi kamera digital, lalu menutupi kekurangan penawaran kain dengan membelinya dari Indonesia, begitu juga sebaliknya.

2) Gerakan Antiglobalisasi

Antiglobalisasi adalah suatu istilah yang umum digunakan untuk memaparkan sikap politis orang-orang dan kelompok yang menentang perjanjian dagang global dan lembaga-lembaga yang mengatur perdagangan antarnegara, seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). “Anti Globalisasi” dianggap oleh sebagian orang sebagai gerakan sosial, sementara yang lainnya menganggapnya sebagai istilah umum yang mencakup sejumlah gerakan sosial yang berbeda-beda. Apapun juga maksudnya, para peserta dipersatukan dalam perlawanan terhadap ekonomi dan sistem perdagangan global saat ini, yang menurut mereka mengikis lingkungan hidup, hak-hak buruh, kedaulatan nasional, dunia ketiga, dan banyak lagi penyebab-penyebab lainnya.


Tantangan Global terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa

Globalisasi yang melanda dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya sampai saat ini masih memunculkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan globalisasi itu sendiri dapat berdampak positif dan negatif bagi kehidupan masyarakat. Indonesia banyak mengalami tantangan yang terlihat makin kompleks dari hari ke hari.

Adapun problema interval, baik menyangkut kehidupan politik, sosial, ekonomi maupun budaya yang makin tampak rumit. Begitu pula tantangan yang menyerang dari luar yang tidak mudah untuk dikendalikan. Meskipun pemerintah kita telah mengalami beberapa kali pergantian rezim dan Orde Baru. Dalam kenyataannya pemerintah baru pun yang menggantikannya belum mampu untuk mengatasi problematika internal.

Jati diri dapat diartikan sebagai ciri-ciri, identitas, gambaran, ataupun tanda. Adapun bangsa adalah keseluruhan tantangan yang mengancam keberadaan ciri-ciri bangsa Indonesia. Problematika yang menjadi tantangan global terhadap eksistensi jati diri bangsa adalah sebagai berikut.

1) Kemajuan teknologi informasi telah menjadikan jarak spasial makin sempit dan jarak waktu semakin memendek. Akibatnya, bagi bangsa Indonesia yang berorientasi pada negara-negara maju, dalam waktu singkat dapat beradaptasi terutama di bidang sosial, teknologi, budaya, dan ekonomi. Akhirnya memungkinkan timbulnya kehidupan sosial budaya dalam persaingan yang tajam. Pada zaman dahulu bangsa Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang kuat solidaritasnya. Sedangkan pada saat ini menjadi masyarakat egois.

2) Solidaritas masyarakat Indonesia tidak hanya berkaitan dengan budaya, tetapi juga dimensi politik, sosial, dan ekonomi masyarakat sehingga proses globalisasi informasi membawa dampak yang sangat kompleks.

3) Salah satu dampak globalisasi informasi bagi bangsa Indonesia yaitu dimulai dari timbulnya krisis moneter yang kemudian berkembang menjadi krisis multidimensi. Di era globalisasi berbagai paham masuk ke Indonesia, baik itu paham yang berguna untuk kemajuan bangsa maupun paham yang dapat merusak moral bangsa. Paham-paham tersebut antara lain sebagai berikut.

1) Individualisme, yaitu suatu paham yang mementingkan kepentingan diri sendiri (individu).
2) Materialisme, yaitu suatu paham yang selalu mengutamakan segala sesuatu berdasarkan materi.
3) Sekularisme, yaitu suatu paham yang selalu mencerminkan kehidupan keduniawian.
4) Hedonisme, yaitu suatu paham yang melihat bahwa kesenangan atau kenikmatan menjadi tujuan hidup dan tindakan manusia.

Posting Komentar untuk "Bentuk-bentuk globalisasi, Macam-Macam Gerakan Globalisasi dan Tantangan Global terhadap Eksistensi Jati Diri Bangsa"