Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Globalisasi

 Dampak Globalisasi

Proses globalisasi berjalan begitu cepat dan meliputi berbagai bidang kehidupan, terutama globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Oleh karena itu, diperlukan kesiapan dan kemampuan masyarakat suatu negara dalam menghadapi berbagai pengaruh yang muncul akibat globalisasi. Pengaruh globalisasi akan berdampak positif jika kita dapat menyerap kemajuan, temuan, dan perubahan untuk meningkatkan kualitas dalam segala bidang kehidupan. Sebaliknya, pengaruh globalisasi akan berdampak negatif jika masyarakat Indonesia belum siap dan belum mampu menghadapi arus globalisasi, terutama globalisasi yang menyebabkan perubahan sosial budaya. Berikut dampak globalisasi terhadap perubahan sosial budaya masyarakat.

Foto Persebaran budaya di beragam masyarakat berbagai belahan bumi

a. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi terhadap Iptek di Indonesia

Iptek adalah akronim dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, di mana dari akronim tersebut mempunyai arti masing-masing, baik ilmu, pengetahuan, maupun teknologi. Ilmu pengetahuan mempunyai teori-teori atau rumus-rumus yang tetap, dan teknologi merupakan praktik atau ilmu terapan dari teori-teori yang berasal dari ilmu pengetahuan. Jadi ilmu pengetahuan dan teknologi saling berhubungan. Jika tidak ada ilmu pengetahuan, teknologi tidak akan ada.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau Iptek telah berkembang pesat dan melaju terus ke depan. Tujuan utama perkembangan Iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat, dan aman. Perkembangan Iptek, telah memberikan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat. Peran masyarakat sangat besar dalam berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Disamping banyak memberikan pengaruh serta manfaat yang bersifat positif, perkembangan Iptek juga banyak memberikan pengaruh yang bersifat negatif dalam perkembangannya. Berikut beberapa dampak positif dan negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang.


1) Bidang Informasi dan Komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat dan dapat dirasakan dampak positif dan negatif, antara lain sebagai berikut.


a)  Dampak Positif

Berikut adalah dampak positif globalisasi di bidang informasi dan komunikasi.

(1) Cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet.

(2) Berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya melalui handphone.

(3)  Mendapatkan layanan bank dengan sangat mudah. 


b) Dampak Negatif

Di samping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi juga dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif, seperti berikut.

(1) Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.

(2) Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.

(3) Kerahasiaan alat tes semakin terancam, seperti tes psikologi.

(4) Kecemasan teknologi, seperti kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer, dan lain-lain.


2)  Bidang Pendidikan

Peran penting Iptek dalam bidang pendidikan, sebagai berikut.

a) Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.

b) Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat, seperti penggandaan soal ujian dengan adanya mesin fotokopi untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

c) Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. 

d) Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi. 

Foto Globalisasi pendidikan, salah satunya didukung oleh berkembangnya teknologi informasi

Setelah adanya perkembangan Iptek, semua tugas yang dulunya dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi mudah untuk dikerjakan dengan menggunakan media teknolog seperti, komputer yang dapat mengolah data dengan memanfaatkan berbagai program. Di samping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan, antara lain sebagai berikut.


a) Kerahasiaan alat tes semakin terancam. 

Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor sehingga pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

b) Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.

Dengan kemajuan di bidang pendidikan kita mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi, tetapi mempunyai moral yang rendah. 

c) Siswa menjadi malas belajar karena banyak di antara mereka yang menghabiskan waktunya untuk menggunakan jejaring sosial, seperti facebook, twitter, dan lain-lain.


b. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Bidang Ekonomi dan Industri

Berikut adalah dampak positif dan negatif globalisasi di bidang ekonomi dan industri.

1)  Dampak Positif

Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya, antara lain sebagai berikut.

a)  Pertumbuhan ekonomi yang makin tinggi

b)  Terjadinya industrialisasi

c)  Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri, baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan makin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

d) Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

e)  Dibidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.

Foto Globalisasi perlahan menggeser manusia sebagai alat produksi digantikan dengan mesin

2)  Dampak Negatif

Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya, antara lain sebagai berikut.

a)  Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

b)  Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan, konsumtif, boros, dan memiliki jalan pintas yang bermental instant.


c. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Bidang Sosial dan Budaya

Berikut adalah dampak positif dan negatif globalisasi bidang sosial dan budaya.

1)  Dampak Positif

Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat dampak positifnya terhadap perkembangan bidang sosial dan budaya, yaitu sebagai berikut.

a)   Perbedaan kepribadian pria dan wanita.

b)   Meningkatnya rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan 

makin kokoh sehingga bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsabangsa Asia.

c)   Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun, dan pekerja keras.

2)  Dampak Negatif

Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif pada aspek sosial dan budaya, seperti berikut.

a)  Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.

b)  Kenakalan dan tindakan menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat, makin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong, yang telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. 

c)  Pola interaksi antarmanusia yang berubah dengan bantuan gadget, yang membuat orang-orang menjadi sibuk dengan dunianya sendiri.


d. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Dampak globalisasi ekonomi dapat dibagi menjadi dampak positif dan negatif. 

1)  Dampak Positif

Dampak positif globalisasi ekonomi adalah sebagai berikut.

a)  Meningkatnya Produksi Global

Melalui spesialisasi dan perdagangan, maka faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan lebih efisien, output dunia kian bertambah dan masyarakat akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk pendapatan yang meningkat, yang pada gilirannya dapat berakibat pada meningkatnya pembelanjaan dan tabungan.

b)  Meningkatnya Kemakmuran pada Suatu Negara

Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat berbagai negara lebih banyak mengimpor barang dari luar negeri. Ini menyebabkan konsumen mempunyai lebih banyak pilihan barang. Selain itu, konsumen dapat menikmati barang dengan harga yang lebih rendah dan lebih baik.

c)  Meluasnya pasar produk domestik

Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara mendapatkan pasar jauh lebih luas dibanding pasar dalam negeri. 

d)  Memperoleh lebih banyak modal serta tingkat teknologi yang lebih baik

Modal yang dapat diperoleh dari investasi asing dan terutama dinikmati negara-negara berkembang akibat kekurangan modal dan tenaga terdidik serta tenaga ahli berpengalaman.

e)  Menyediakan dana tambahan bagi pembangunan di bidang ekonomi

Pembangunan di berbagai sektor lainnya tidak hanya dikembangkan perusahaan asing, tetapi terutama investasi dari perusahaan swasta domestik. Perusahaan sering memerlukan modal dari bank atau pasar saham. Dana luar negeri terutama dari negara maju yang masuk pasar uang dan pasar modal dalam negeri membantu penyediaan modal yang dibutuhkan.

2)  Dampak Negatif

Sementara dampak negatif yang ditimbulkan akibat globalisasi ekonomi, di antaranya sebagai berikut.

a)  Menghambat pertumbuhan di sektor industri

Globalisasi ekonomi menyebabkan negara-negara berkembang tidak bisa lagi memakai tarif tinggi untuk memproteksi industri yang baru berkembang. Sehingga perdagangan luar negeri yang cukup bebas menimbulkan hambatan bagi negara berkembang dalam memajukan sektor industri. Selain itu, makin meningkatnya ketergantungan pada industri-industri yang dimiliki perusahaan multinasional.

b)  Memperburuk neraca pembayaran

Globalisasi ekonomi cenderung menaikkan barang-barang impor. Sebaliknya, jika suatu negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak akan berkembang. Kondisi ini dapat saja memperburuk neraca pembayaran. Efek buruk lain terhadap neraca pembayaran yakni pembayaran neto pendapatan untuk faktor produksi dari luar negeri cenderung mengakibatkan defisit. Bertambah banyaknya investasi asing menyebabkan arus pembayaran keuntungan (pendapatan) dari investasi ke luar negeri akan semakin meningkat.

c)  Sektor keuangan semakin tidak stabil

Arus investasi (modal) portofolio yang makin besar menjadi salah satu efek dari globalisasi. Investasi dalam hal ini terutama meliputi partisipasi dana dari luar negeri ke pasar saham. Di saat pasar saham mengalami peningkatan, dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran bertambah baik dan nilai uang akan bertambah baik. Sebaliknya, di saat harga-harga saham menurun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung menjadi semakin buruk, serta nilai mata uang dalam negeri merosot. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk kepada kestabilan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

d)  Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang

Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara, maka dalam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi laju pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau malah makin memburuk.

e. Dampak positif dan negatif globalisasi di bidang komunikasi

Teknologi komunikasi dan informasi merupakan perangkat teknologi yang membantu manusia dalam berhubungan atau berinteraksi dengan manusia lain. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi menjadikan manusia dalam berhubungan dengan pihak lain tidak lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun manusia dengan perangkat teknologi tersebut dapat menjalin hubungan, mendapatkan informasi, dan menyebarkan informasi kepada orang lain. Teknologi komunikasi informasi telah memberikan kemudahan dalam pergaulan hidup manusia. 

Teknologi informasi dan adalah pendukung utama bagi terselenggaranya globalisasi. Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, informasi dalam bentuk apapun dan untuk berbagai kepentingan, dapat disebarluaskan dengan mudah sehingga dapat dengan cepat mempengaruhi cara pandang dan gaya hidup hingga budaya suatu bangsa. Kecepatan arus informasi yang dengan cepat membanjiri kita seolah-olah tidak memberikan 

kesempatan kepada kita untuk menyerapnya dengan filter mental dan sikap kritis. 

1)  Dampak Positif Globalisasi di Bidang Komunikasi

Dampak positif globalisasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah peningkatan kecepatan, ketepatan, akurasi, dan kemudahan yang memberikan efisiensi dalam berbagai bidang khususnya dalam masalah waktu, tenaga, dan biaya. Sebagai contoh manifestasi teknologi informasi dan komunikasi yang mudah dilihat di sekitar kita adalah pengiriman surat hanya memerlukan waktu singkat, karena kehadiran surat elektronik (email), ketelitian hasil perhitungan dapat ditingkatkan dengan adanya komputasi numeris, pengelolaan data dalam jumlah besar juga bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan basis data (database), dan masih banyak lagi.

2)  Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Komunikasi

Dampak negatif globalisasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, misalnya dari globalisasi aspek ekonomi, terbukanya pasar bebas memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri dan ditambahnya harga yang relatif lebih murah dapat mengurangi rasa kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukkan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia. 

Teknologi diciptakan, sejak zaman dulu hingga sekarang ditujukan untuk membantu dan memberikan kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan, baik pada saat manusia bekerja, berkomunikasi, bahkan untuk mengatasi berbagai persoalan pelik yang timbul di masyarakat. Teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya membantu dan mempermudah manusia, tetapi juga menawarkan cara-cara baru di dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut sehingga dapat memengaruhi budaya masyarakat yang sudah tertanam sebelumnya.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat memengaruhi nilai-nilai yang telah tumbuh di masyarakat dalam suatu bangsa itu sangat tergantung dari sikap masyarakat tersebut. Seyogyanya, masyarakat harus selektif dan bersikap kritis terhadap teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat sehingga semua manfaat positif yang terkandung di dalam teknologi informasi dan komunikasi mampu dimanifestasikan agar mampu membantu dan mempermudah kehidupan masyarakat, dan efek negatif dapat lebih diminimalkan.


f. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Transportasi

Dampak yang ditimbulkan alat transportasi dalam perkembangannya ada dampak positif dan negatif bagi manusia. Dengan banyaknya jenis alat transportasi yang memerlukan minyak bumi sebagai alat penggeraknya di berbagai negara tentu hal ini sangat berpengaruh pada lingkungan, kemudian asap-asap yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor yang mengakibatkan polusi udara di perkotaan. Namun, alat transportasi juga memiliki dampak positif pada kenyamanan bertransportasi.

1) Dampak Positif

Dampak positif globalisasi di bidang transportasi, di antaranya sebagai berikut.

a) Bagi masyarakat pedesaan, alat transportasi akan terasa sangat penting untuk menghubungkan mereka ke kota atau ke daerah lain dalam memenuhi segala kebutuhannya. Jarak desa dengan kota yang jauh akan menjadi penghambat terhadap pertumbuhan desa. Tanpa adanya alat transportasi semuanya akan terasa sangat sulit.

b)  Menghemat waktu dalam perjalanan ke tempat yang jaraknya jauh.

c)  Pencemaran udara yang diakibatkan alat-alat transportasi selain memberikan dampak negatif, juga dapat memberikan dampak positif, antara lain lahar dan partikulat-partikulat yang disemburkan gunung berapi yang meletus, bila sudah dingin menyebabkan tanah menjadi subur, pasir dan batuan yang dikeluarkan gunung berapi yang meletus dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

d)  Gas karbon monoksida bila bereaksi dengan oksigen di udara menghasilkan gas karbon dioksida bisa dimanfaatkan bagi tumbuh-tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis untuk menghasilkan oksigen dan karbohidrat yang sangat berguna bagi makhluk hidup lainnya.

Foto Globalisasi mendorong semakin berkembangnya transportasi antar wilayah 

2)  Dampak Negatif

Dampak negatif globalisasi di bidang transportasi, di antaranya sebagai berikut.

a)  Minyak bumi pada saat ini masih merupakan sumber daya alam yang paling utama untuk memenuhi kebutuhan energi dunia. Hal ini dapat disaksikan bahwa segala mesin, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, mobil, dan semua alat transportasi, merupakan sarana transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi, sedangkan minyak bumi adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable). Jika ini terus dikuras habis, maka lingkungan yang ideal yang tidak akan pernah dirasakan oleh generasi yang akan datang.

b)  Dengan perkembangan teknologi, perubahan alam menjadi tidak estetis, misalnya asap kendaraan bermotor yang bercampur dengan debu akan membentuk oksidasi nitrogen di udara sehingga akan terbentuk awan kecoklatan. Hal ini sangat mengganggu pada waktu menikmat keindahan alam. Adanya kapal pengangkutan minyak yang bocor atau meledak di lautan dapat mengganggu keindahan taman laut. 

c)  Pencemaran suara dan pencemaran udara yang dapat mengganggu psikologis manusia. Bunyi keras alat transportasi dapat merusak pendengaran dan dapat mengakibatkan tuli. Udara yang kotor dapat mengakibatkan polusi udara. Timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara. Hal tersebut dapat diakibatkan dari konstruksi alatnya maupun ulah orang yang kurang bertanggung jawab. Misalnya, Pesawat Concorde 002 yang megah dan berkecepatan menimbulkan kebisingan yang sangat mengganggu lingkungan. Pesawat ini juga mengeluarkan gas NO2 yang sangat mengganggu lapisan ozon, stratosfer, (NO2, merupakan efek katalitik oksida nitrogen).

d)  Berkurangnya lahan-lahan pertanian yang produktif karena dipakai untuk menampung kebutuhan jasa transportasi seperti terminal, landasan kapal terbang atau parkir kendaraan.

e)  Tingginya Kadar Polutan akibat emisi (pelepasan) dari asap kendaraan bermotor. Hal ini menjadi ancaman serius bila dibiarkan begitu saja, bukan saja bagi lingkungan yang kita diami. Lebih jauh bisa mengakibatkan menurunnya derajat kesehatan masyarakat dengan terjangkitnya penyakit saluran pernapasan akibat polusi udara.


g. Dampak Positif dan Negatif Globalisasi di Bidang Budaya

Globalisasi memengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaranya aspek budaya. Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal. Baik nilai-nilai maupun persepsi berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan/psikologis, yaitu apa yang terdapat dalam alam pikiran.

Aspek-aspek kejiwaan ini menjadi penting artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan. Sebagai salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang adalah kesenian yang merupakan subsistem dari kebudayaan.

Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau world culture) telah terlihat semenjak lama. Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah 

Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini.

Namun, perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi pada awal ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi. Kontak melalui media menggantikan kontak fisik sebagai sarana utama komunikasi antarbangsa. Perubahan tersebut menjadikan komunikasi antarbangsa lebih mudah dilakukan. Hal tersebut menyebabkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan.

1)  Dampak Positif

Dampak positif globalisasi di bidang kebudayaan, di antaranya sebagai berikut.

a)  Menjunjung tinggi pelaksanaan HAM.

b)  Rasa solidaritas yang semakin tinggi antarbangsa di berbagai negara.

c)  Mengatakan pertukaran pelajaran antarnegara.

d)  Menumbuhkan sikap toleran.

e)  Mendorong untuk meningkatkan kualitas diri.

f)  Masuknya budaya asing ke Indonesia sehingga menambah kekayaan khas budaya bangsa.

g)  Kemajuan Iptek semakin pesat.

Foto ASEAN menjadi salah satu dampak positif globalisasi yaitu solidaritas negara-negara dalam satu kawasan

2)   Dampak Negatif

Dampak negatif di bidang kebudayaan, di antaranya sebagai berikut.

a)  Timbulnya akulturasi budaya.

b)  Individualisme, konsumtif, dan materialis semakin meningkat.

c)  Berkurangnya rasa kekeluargaan.

d)  Semangat gotong royong makin berkurang.

e)  Menipisnya nilai-nilai budaya lokal.

f)  Semangat nasionalisme pudar.

g)  Gaya hidup yang meniru orang barat, padahal tidak sesuai dengan norma di masyarakat.

h)  Berkurangnya nilai-nilai keagamaan.

i)  Rusaknya moral masyarakat karena budaya barat yang bertolak belakang dengan norma yang ada.


Posting Komentar untuk " Dampak Globalisasi"