Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang

Selamat pagi anak - anak . . .  mari kita mulai pembelajaran IPS hari ini.

Melanjutkan materi yg kemarin. 

b. Keunggulan dan Keterbatasan Ruang terhadap Penawaran. 

    Penawaran akan muncul apabila ada suatu produk yg memiliki potensi yg baik untuk dijual kepada pihak lain yg membutuhkannya.

    Dalam lingkup antarruang atau antar wilayah, maka keunggulan dan keterbatasan yg di miliki oleh masing-masing wilayah, antar propinsi, misalnya, akan menciptakan peluang yg besar timbulnya interaksi antarruang dari segi perdagangan, baik itu dalam permintaan maupun dalam penawaran.

    Wilayah yg memiliki suatu sumber daya tertentu akan menawarkan sumber daya alam tersebut pada wilayah lain terutama wilayah yg minim atau tidak punya sumber daya alam serupa. Suatu wilayah akan menawarkan produk dan jasa yg didukung antara lain oleh keunggulan alam dan keunggulan sumber daya manusia yg dimiliki. 

    Wilayah Indonesia memiliki potensi kekayaan sumber daya alam. Sumber daya alam ini tidak harus berbentuk benda kekayaan alam bentuk lain termasuk keindahan alam itu sendiri. 

    Indonesia memiliki berbagai wilayah yg indah dengan keunikan pesona alam yg memiliki ciri tersendiri. Pesona alam yg indah ini dapat pula menjadi keunggulan suatu wilayah yg dapat ditawarkan kepada wilayah lainnya. Sebagai contoh Pulau Lombok dan Sumbawa yg terkenal dengan keindahan pantainya, begitu pula Papua, Bali, Sulut yg memiliki ruang laut yg sangat indah. Selain pesona alam, keunggulan lain yg dapat ditawarkan adalah peluang dari sisi ekonomi. Daerah dengan pertumbuhan industri dan perdagangan yg sangat pesat menjadi daya tarik yg sangat besar untuk mencari peluang kerja ditempat tersebut, begitu pula dengan daerah yg dijadikan sebagai pusat pemerintah. Seperti misalnya, Ibu kota negara. Jakarta dan kota-kota besar lain nya. 

   Ruang atau lokasi wilayah berpengaruh pada kemampuan suatu wilayah menghasilkan produk. Kenapa demikian ? Karena karakter dan mata pencaharian penduduk itu dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk faktor demografi tempat tinggal. 

   Ini bisa kita lihat pada penduduk yg bertempat tinggal diwilayah pantai lebih cenderung mempunyai keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti ikan laut dibandingkan dengan wilayah lain, seperti penduduk daerah pegunungan.  Demikian pula pendudk didaerah pegunungan kemungkinan besar mempunyai keunggulan dalam menghasilkan dan menawarkan sumber daya alam seperti sayur-sayuran segar. Ketimpangan antara kedua tempat ini (maksudnya keunggulan dan keterbatasan ruang ini) yg mendorong terjadinya interaksi dalam perdagangan. 

    Perlu diketahui, penawaran akan terjadi jika ada tiga unsur berikut ini. 

1. keinginan penjual untuk menjual barang. 

2. Kesediaan penjual untuk menjual barang dagangan nya pada tingkat harga dan waktu tertentu. 

3. Kemampuan penjual dalam menawarkan barang dagangannya. 

Itulah sebabnya penawaran diartikan sebagai keinginan, kesediaan, dan kemampuan dalam menjual sejumlah barang atau jasa pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu. Penawaran terjadi jika  produk yg dihasilkan dibutuhkan oleh daerah lain . 

    Penawaran merupakan keseluruhan jumlah barang yg tersedia ditawarkan oleh produsen dalam tingkat harga dan dalm waktu tertentu. Secara sederhana keterkaitan harga dan penawaran yaitu apabila harga barang naik maka penawaran akan naik akan tetapi jika harga barang turun maka penawaran yg ditawarkan juga ikut turun ini sesuai dengan bunyi hukum penawaran itu sendiri. 

    Faktor faktor yg mempengaruhi penawaran. 

1. harga                                           6. Kebijakan pemerintah.   

2. Kemajuan teknologi                     7. Faktor alam.

3. Pajak                                           8. Keuntungan yg di minta produsen 

4. Perkiraan harga masa depan      9. Banyaknya pesaing. 

5. jumlah penjual  


2.  PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM.

    Indonesia sebagai negara yg memiliki banyak potensi sumber daya alam. Sumber daya alam biotik maupun abiotik ini memberikan banyak manfaat bagimasyarakat dan negara. Diantara potensi sumber daya alam Indonesia yg dapat diperbaharui maupun yg tidak adalah Hutan, laut, udara, tanah dan hasil tambang. 

Berikut adalah penjelasan masing masing potensi sumber daya alam Indonesia. 

1. Hutan

    Hutan di wilayah Indonesia sangat luas, dan hutan di Indonesia mempunyai potensi yg sangat besar,tidak hanya kayunya saja, namun semua mahluk yg mendiami hutan termasuk dalam potensi sumber daya hutan. Keanekaragaman hayati yg berada di hutan bermanfaat dan berperan penting dalam keseimbangan lingkungan hidup. 

Beberapa jenis hutan di Indonesia adalah hutan lindung, hutan produksi, dan hutan konservasi. Pemanfaatan masing masing jenis hutan .

- Hutan lindung : yg berfungsi sebagai pelindung sistem yg menyangga kehidupan, Sebagai pengatur ketersediaan air, mencegah erosi tanah, mencegah masuknya air laut ke daratan (banjir rob), mencegah bencana banjir,menjaga kelestarian tanah.  

- Hutan Produksi : Hasil hutan produksi dapat berupa kayu, mupun non kayu . Kayu misal jati, pinus, mahoni dan lain lain. Non kayu bisa berupa buah, madu, getah , sutra, sagu dan lain lain.

-Hutan konservasi : Hutan jenis ini dimanfaatkan sebagai tempat melestarikan keanekaragaman flora dan fauna beserta ekosistemnya. Misal Cagar alam, Suaka marga satwa,dan Taman Nasional.

2. Laut.

    Indonesia pernah dikenal sebagai negara maritim. Ini dikarenakan sebagian besar wilayah Indonesia di liputi lautan dan samudra. Lautan Indonesia kaya akan ikan yg melimpah. tidak hanya ikan, potensi laut Ini juga meliputi keragaman biota yg tinggal didalamnya. Setidaknya terdapat lebih dari 500 jenis rumput laut dan tak kurang dari 900 jenis terumbu karang yg mempunyai potensi besar untuk kehidupan masyarakat Indonesia . 

3. Udara 

    Udara memang tidak nampak di mata, tidak dapat di bau, dan juga tidal berasa . Udara yg bergerak itulah yg disebut angin. 

Udara tersusun dari 3 unsur yakni :

- Udara kering adalah pembentuk udara yg paling utama, komposisi oksigen dan nitrogen.

- Uap air ...dihasilkan dari proses penguapan atau evaporasi. Uap air  berperan dalam proses terjadinya hujan. 

- Aerosol adalah partikel partikel berukuran kecil yg melayang di udara. 

4. Tanah

    Tanah berasal dari jenis batuan yg mengalami pelapukan. Semakin banyak batu yg mengalami pelapukan maka semakin tebal tanah yg dihasilkan. Semakin dalam lapisan tanah , maka semakin tua pula umur tanah tersebut. 

Tanah di Indonesia dikelompokan menjadi 3 menurut sifat batuan induknya. 

- Tanah vulkanik ...tanah ini terbentuk dari material hasil letusan gunung berapi . 

- Tanah non vulkanik ...atau tanah tersier tidak terbentuk dari proses vulkanisme.

- Tanah organik...atau tanah humus atau gambut  berasaldari timbunan sisa-sisa tanaman dan banyak terdapat dari rawa rawa .

5. Hasil Tambang 

Tiga hasil tambang yg paling populer di Indonesia minyak bumi, gas alam, dan batu bara .

Anak-anak baca dan pelajari materi di atas. Untuk persiapan jika  nanti bu guru memberi tugas . Untuk tambahan baca sendiri di buku paket.

                          Selamat Belajar !!

Posting Komentar untuk "Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang"