Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI IPS PERSEBARAN HASIL TAMBANG

 Assallamu'allaikum Wr.Wb

Selamat pagi anak_anak. Pagi ini materi IPS melanjutkan yg kemarin.

Persebaran hasil Tambang. 

Persebaran hasil tambang di Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Aspal.

    Pengertian umum aspal adalah material berwarna hitam atau voklat tua, pada temperatur ruang berbentuk padat sampai agak padat, yg terbuat dari komposisi Carbon, Hidrogin, Oksigen dan Nitrogen. 

Aspal dapat dignakan di dalam bermacam produk 

a. jalan aspal        b.  Dasar pondasi dan subdasar      

c. Dinding untuk lubang di jalan  d. Atap bangunan    e. Minyak bakar.

Tambang aspal terdapat di pulau Buton-Sulawesi Tenggara. Aspal juga dihasilkan oleh permigan Wonokromo, jatim sebagai hasil pengolahan minyak bumi. 

2. Batu Bara. 

    Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umunya adalah batuan sedimen yg dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, Hidrogen,dan oksigen. 

Kegunaan batu bara: Bahan bakar pembangkit listrik, Bahan bakar pembuatan semen, produksi besi dan baja, bahan bakar cair. 

Daerah penghasil Batu bara: Bukit Asam, kota Baru (pulau Laut),

Sungai Berau, Umbilin. 

3. Bauksit. 

      Bauksit adalah barang tambang campuran yg menjadi bahan dasar aluminium.

Kegunaan Bauksit : Bahan industri keramik, Logam, Abrasive, kimia dan metalurgi.

Tambang boksit terdapat di pulau Bintan (Riau) dan di Singkawang (Kal Bar), juga di Kal Teng .

4. Belerang.

    Belerang merupakan mineral vulkanik yg banyak dihasilkan dikawah kawah gunung berapi. Bahan ini banyak digunakan dalam industri indusrti bahan kimia,pupuk, korek api,bahan peledak dan obat-obatan.

5. Biji Besi.

    Biji besi merupakan batuan yg mengandung mineral mineral besi dan sejumlah mineral gangue seperti silika,alumina, magnesia, dan lain-lain. 

Penghasil Biji bessi .......di Jawa misal di Cilacap, Blitar, Tulung agung, dan daerah sekitar Kulon Progo.Coba cari sendiri di buku cetak untuk kamu pelajari  penghasil biji besi di luar Jawa.

6. Emas dan Perak.

    Emas merupakan logam yg bersifat lunak dan mudah di tempa. Emas moneter  sebagai jaminan mata uang yg pernah dipakai oleh Bank Indonesia. Emas digunakan sebagai standar keuangan dibanyak negara dan juga di gunakan sebagai perhiasan dan elektronik.

    Perak merupakan logam mulia karena tidak mengalami proses korosif, namun perak bisa mengalami proses oksidasi. Kegunaan perak yaitu untuk keperluan pengolahan menjadi perhiasan. 

Tambang emas terdapat di Bengkalis, BolaangMongondow (Sulut), Cikotok (jabar) dan Cikotok ini sebagai tempat pabrik pengolahan emas. (Coba baca di buku cetak tempat tambang Emas hal 140 sampai dg hal 141). 

7. Fosfat.

    Fosfat/Fosfor kegunaannya yg penting adalah dalam pembuatan pupuk, dan secara luas digunakan dalam bahan peledak, korek api , pestisida, odol,dan diterjen.

Fosfat banyak terdapat di Bogor, Pangandaran, Gombong, Purwokerto, Jepara, dan Bojonegoro. 

8. Gas Alam.

    Gas alam sering juga disebut sebagai gas bumi atau gas rawa, adalah bahan bakar fosil berbentuk gas yg terutama terdiri  dari metana CH4. 

    Secara garis besar pemanfaatan gas alam sebagai bahan bakar pembangkit listrik, industri ringan, kendaraan bermotor, dan lain lain. (coba baca juga cari di buku cetak) penghasil gas alam. 

9. Kaolin 

    Kaolin adalah semacam tanah lihat yg efektif untuk mengobati diare, dan juga peradangan kulit. 

Kegunaan kaolin yaitu sebagai dasar untuk pembuatan keramik. 

Penghasil Kaolin yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung. 

10. Marmer

    Marmer adalah batuan kristalin kasar dan berasal dari batu gamping atau dolomit, untuk marmer asli akan berwarna putih tentunya karena batu tersebut di susun oleh material kalsit. 

Marmer dapat digunakan di rumah untuk perabotan lantai, rumah-rumah, meja , kamar mandi, perhiasan, dan dapat juga untuk bahan baku pembuatan TROPHY  atau  PIALA .

Tambang marmer terdapat di Besok, daerah Wajak, Tulungagung (Jatim),juga di Yogyakarta, Lampung, Papua, dan Sumatra barat.

11. Minyak Bumi 

    Minyak bumi adalah cairan kental berwarna hitam yg bersifat mudah terbakar. Minyak bumi adalah sumberdaya alam yg tidak dapat diperbaharui, jadi kita perlu melestarikannya agar tidak habis.

Untuk menjaga agar dapat mengurangi penggunaan minyak bumi, di antaranya pembuatan mobil listrik,mobil tenaga surya, dll.  Daerah penghasil minyak bumi D Indonesia  di P jawa : Cepu, Cirebon, Wonokromo. (coba cari di buku cetak tempat lain penghasil minyak bumi.) baca dan pelajari. 

12. Nikel.     

    Nikel adalah komponen yg banyak ditemukan dalam meteorit dan menjadi ciri komponen yg membedakan meteorit dari mineral lainnya. Kegunaan nikel sebagai bahan pembuat logam paduan, memiliki karakteristik kuat,tahan panas, serta tahan panas.Sekitar 65% nikel digunakan untuk membuat stainless steel, dan Nikel banyak terdapat di Kal Bar,Maluku, Papua, Sul Sel,  Selawesi tengah, Sul Teng.

13. Tembaga.

    Tembaga adalah logam merah muda yg lunak, dapat ditempa, dan liat. 

Kegunaan tembaga 

1. Sebagai bahan untuk kabel listrik dan untuk kumparan dinamo. 

2. Paduan Logam. 

3. Mata uang dan perkakas perkakas (cba cari dan baca kegunaan  tembaga yg lain di buku cetak).

14 .Timah Putih. 

    Timah merupakan logam putih keperakan , logam yg mudah di tempa dan bersifat flesibel, memiliki struktur kristalin,akan tetapi bersifat mudah patah jika di dinginkan.

Timah banyak digunakan untuk solder, industri plating,untuk bhan dasar kimia ,kuningan dan perunggu . industri gelas, dan berbagai macam aplikasi lain .

Daerah penghasil timah di Indonesia adalah P Bangka, Belitung, dan Singkep yg menghasilkan lebih dari 20% produksi timah putih dunia. (Tambahkan baca di buku cetak untuk di pelajari). 

   (Baca dan pelajari materi di atas untuk persiapan bila ada tugas.)

  

Posting Komentar untuk "MATERI IPS PERSEBARAN HASIL TAMBANG"