Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SAYURAN UNTUK MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN ( 7==>2 : 2 )

 

KANDUNGAN DAN MANFAAT SAYURAN




Indonesia memiliki kekayaan tanaman sayuran yang beraneka macam. Kita patut bersyukur atas karunia yang diberikan Tuhan pada bangsa Indonesia.  Setiap tanaman sayuran memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda.  Sayuran sangat baik untuk  kesehatan tubuh karena kandungan serat yang tinggi serta nutrisi lainnya.

1. KANGKUNG

  Sayur kangkung sangat mudah tumbuh di tanah lembab karena media hidupnya di air. Daun dan batang ujung kangkung  yang  masih  muda  bisa  dimakan  mentah  atau  dimasak tumis hanya dengan bawang putih dan sedikit garam. Kangkung memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi berguna sebagai antioksidan untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata, serta mengandung beta karotin yang menjaga mata agar tetap sehat. Selain itu, kangkung mengandung vitamin C lebih tinggi daripada buah-buahan yang dapat  menangkal serangan virus flu dan sariawan.



Kangkung mengandung zat besi yang baik untuk menambah hemoglobin, bermanfaat mencegah dan mengurangi anemia, mengandung serat untuk mengatasi sembelit, dan ekstrak sayur kangkung  baik untuk  penyerapan  kadar gula di dalam tubuh  dan menghambat  proses kenaikan kadar gula di dalam darah (diabetes melitus).

2. JAGUNG

    Mempunyai berbagai khasiat bagi kesehatan  kita.   Jagung  memiliki  banyak serat sehingga dapat memperbaiki saluran pencernaan,   mencegah   wasir,   sembelit, dan juga menurunkan tingkat risiko kanker usus  besar.



   Antioksidan  yang  terkandung di dalamnya bisa membantu merawat kulit agar tetap  awet muda. Jagung kaya akan mineral, memiliki kandungan zat besi, magnesium,  serta  fosfor  yang tinggi  yang sangat dibutuhkan oleh tulang agar tetap sehat dan bisa meningkatkan fungsi ginjal. Asam folat (vitamin B9) yang tinggi pada jagung dapat mencegah anemia, baik untuk wanita hamil karena dapat mencegah bayi kekurangan berat badan dan cacat lahir. 

Kandungan karotenoid, vitamin C, dan juga bioflavonoids yang terdapat di dalam jagung manis dapat  membantu  untuk  menjaga jantung tetap  sehat dengan cara mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

3. WORTEL

  Wortel (daucus carota) bagian akar/umbi yang dimakan  dan umumnya bewarna oranye agak kemerahan. Ini menandakan wortel kaya akan kandungan betakaroten (vitamin A). Zat gizi ini sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan wortel yang amat kaya ini menjadikan wortel sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk menambahkan wortel dalam konsumsi harian. Banyak manfaat yang bisa dirasakan tubuh bila membiasakan mengonsumsi wortel. 

4. BAYAM

    Bagian bayam yang dikonsumsi adalah daunnya. Bayam  memiliki daun  lebar  dan  berwarna  hijau cerah. Bayam   mengandung. Vitamin K yang tinggi dan mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga, dan fosfor. Kandungan mineral-mineral tersebut bermanfaat untuk melindungi pengeroposan tulang dan menguatkan tulang. 

Vitamin  K  pada  bayam  juga  berperan  menjaga  kesehatan  fungsi otak dan sistem syaraf. Magnesium dalam bayam membantu dalam menjaga tekanan darah normal. Vitamin C dengan sifat  alkalinitas dalam   bayam memberikan manfaat anti inflamasi dan peningkatan sistem kekebalan tubuh. Bayam sangat bermanfaat bagi kecerdasan otak dan menjaga kesehatan mata karena mengandung karetenoid.


TUGAS I

Silahkan kalian kerjakan tugas di bawah ini di buku catatan kalian, semakin banyak olahan sayuran yang kalian isikan, NILAI semakin baik...

Mengobservasi produk olahan pangan sayuran berupa makanan dan minuman menurut nama  olahan pangannya, bahan sayuran yang digunakan, dan teknik pengolahan pangan yang digunakan.




Posting Komentar untuk "SAYURAN UNTUK MAKANAN DAN MINUMAN KESEHATAN ( 7==>2 : 2 )"