Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TAHUN BARU, SEMESTER BARU, AWAL YANG BARU, SEMANGAT BARU!

 


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..... 😄

Apa kabarmu hari ini? Semoga dalam keadaan yang sehat wal'afiat semua yaaaaa.....

Ingat pesan ibu! Pakai maskermu, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan!

SELAMAT DATANG DI SEMESTER GENAP ANAK-ANAKKU....

Sebelum kita bahas untuk semester baru ini, yuk kita balik dulu ke semester sebelumnya. Apa saja sih yang sudah kita kerjakan dan yang belum kita kerjakan di semester kemarin? Sudahkah kamu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh bapak/ibu guru dengan baik? Sudahkah kamu belajar dengan baik? Apakah kamu mendapatkan pengetahuan yang baru? Duh, ternyata banyak juga yaa yang perlu di evalusi...hihihi

Silahkan kalian renungkan dahulu yaa.....

Kalau bapak/ibu guru yang menjawab sih, KAMU tuuuuhhhhh.......

1. Sudah berusaha untuk belajar dengan baik, yaahhh walaupun beberapa dari kalian masih ada yang belum belajar dengan baik sih. Masih suka terburu-buru untuk mengerjakan tugas tanpa membaca perintah dan materi.

2. Kamu sudah mendapatkan pengetahuan yang baru, ilmu yang baru. Karena bapak/ibu guru sebisa mungkin sudah memberikan pembelajaran dan materi yang kalian butuhkan. Kalian juga bisa berkomunikasi, bertanya kepada bapak/ibu guru jika ada kesulitan. Tak perlu sungkan atau malu bertanya, nanti malah sesat di jalan. hehehe👍

3. Kamu sudah berusaha mengerjakan tugas-tugas yang bapak/ibu guru berikan dengan sebaik-baiknya. Bagi yang berusaha mengerjakan sih. TAPI bagi yang masih belum berusaha mengerjakan tugas-tugas dengan baik juga banyak. Kadang bapak/ibu guru berifikir, apa sih yang buat kalian susah untuk mengerjakan tugas? hmmm.... mungkin ada yang bisa jawab bisa comment di bawah blog ini yaaa... hehehe

Sebenarnya masih banyak sih evaluasi untuk pembelajaran semester kemarin, tapi nanti terlalu puanjaanngg.

Oke, yuk kita bahas semester genap yang baru ini!

Kita sekarang sudah ganti tahun nih. Yap tahun 2021 H. Tahun baru berarti semester baru. Kalau semester baru tuh bawaannya bahagiaaaaaa banget. Karena semester baru itu awal yang baru juga. 
Dari kemarin banyak tuh yang tanya-tanya gini, "bapak/ibu guru memang iyaa awal semester sudah mulai masuk sekolah lagi?". Bapak/ibu guru sih pengen jawab "iya masuk sekolah", tapi apalah daya jika memang situasi dan kondisi tidak memungkinkan.
Sedih yaa, ngga bisa ke sekolah, ngga bisa ketemu bapak/ibu guru, ngga bisa kenalan sama teman-teman, padahal sudah satu semester ini kamu sebagai siswa-siswi di SMPN 1 Kalimanah. 
Tapi, walau bagimanapun harus kita syukuri walaupun tidak bisa masuk ke sekolah belajar tatap muka, kita masih diberi kesehatan dan masih bisa belajar di rumah. Bapak/ibu guru juga siap membantu kamu belajar di rumah. Kamu tinggal chat saja lewat WA atau lewat Google Classroom atau bisa juga telfon lho 👌

Sudah ah, bersedihnya. Yuk kita bahas materi apa saja yang akan kita pelajari di semester genap ini?

Materi Semester 2 Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7, yaitu:
1. Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt.
2. Berempati itu Mudah, Menghormati itu Indah
3. Memupuk Rasa Persatuan Pada Hari yang Kita Tunggu
4. Islam Memberikan Kemudahan Melalui Shalat Jamak Qashar
5. Khulafaur Rasyidin Penerus Perjuangan Nabi Muhammad Saw
6. Hidup Jadi Lebih Damai Dengan Ikhlas, Sabar dan Pemaaaf

Nah, itulah materi-materi yang akan kita pelajari di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Semester Genap ini.

Setelah kamu tahu materinya, sekarang kita bahas tentang proses kita belajarnya yuk!

Belajar dari semester kemarin yang buanyak dari kalian suka menunda-nunda mengerjakan tugas-tugas, maka untuk semester ini bapak/ibu guru harap kalian tidak lagi menunda tugas-tugas yang diberikan. Maka dari itu, kita buat kesepakatan saja yaa. Untuk pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam ini setiap pertemuan maka akan ada latihan soal atau evaluasi materi atau tugas yang bisa berbentuk foto atau video. Nah, untuk itu waktu pengumpulan tugas hanya 1 hari setiap hari Selasa sesuai dengan jadwal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sampai pukul 20.00 WIB. Apabila kamu tidak mengerjakan tugas pada hari itu, maka kamu akan mendapatkan tugas tambahan yang spesial. Semakin banyak menunda mengerjakan tugas, semakin menumpuk pula tugas-tugas kamu. Jadi, pastikan kamu mengerjakan tugasnya sesuai jadwal yaa. 😉

Hayooo...pasti ada yang kaget dan kesel nih, kenapa harus gitu sih aturan mengerjakan tugasnya?

Anak-anakku, sesuatu yang paling berharga dalam hidup ini adalah WAKTU. Waktu itu akan terus berputar, tidak akan pernah bisa dikembalikan lagi. Contohnya kemarin pada saat penerimaan rapot. Banyak dari kalian yang nilainya kurang maksimal atau kamu tidak bisa menerima rapot, akhirnya harus kejar tayang deh untuk mengerjakan tugas-tugas yang belum dikerjakan. 

"ah kenapa yaa kemarin tugas nggak langsung aku kerjakan. Kenapa aku menunda-nunda tugas. Coba aja kemarin tugas-tugas langsung aku kerjakan, rapotku pasti udah keluar." Mungkin saja ada dari kalian yang berfikir seperti itu.

Surat Al Ashr pada ayat pertama berbunyi sebagai berikut

Arab: وَالْعَصْرِۙ

Latin: wal-'aṣr

Artinya: Demi masa

Isi kandungan surat Al Ashr ayat 1, Allah SWT bersumpah demi masa yang dimaksud sebagai umur. Sebab, umur merupakan nikmat terbesar yang diberikan Allah SWT kepada manusia.

Pada ayat kedua, surat Al Ashr berbunyi sebagai berikut:

Arab: اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ

Latin: innal-insāna lafī khusr

Artinya: sungguh, manusia berada dalam kerugian

Tafsir surat Al Ashr ayat kedua adalah peringatan Allah SWT mengenai kerugian yang dialami oleh manusia bila tak beriman kepada Allah SWT.

Terakhir, dalam surat Al Ashr ayat ketiga berbunyi sebagai berikut

Arab: اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Latin: illallażīna aamanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti wa tawāṣau bil-ḥaqqi wa tawāṣau biṣ-ṣabr

Artinya: kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Tafsir surat Al Ashr ayat ketiga dijelaskan bahwa ada empat golongan orang yang tak merugi, yakni orang yang beriman, orang yang beramal soleh, orang-orang yang saling menasihati dalam kebenaran, dan orang yang menasihati dalam kesabaran.

Nah, itulah anak-anakku untuk awal pertemuan hari ini. Untuk pembahasan materi akan bapak/ibu guru bahas mulai minggu depan hari Selasa, 12 Januari 2021. Semoga dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Pastikan kalian siap menerima materi dan langsung mengerjakan tugasnya.

Untuk tetap semangat belajar, Ibadah Sholat selalu dilaksanakan jangan sampai bolong-bolong, Tadarus Al Qurannya, membantu orang tua dan berbuat amal kebaikan yang lainnya, selalu jaga kesehatan.... jauhi perbuatan-perbuatan yang melanggar aturan-aturan Agama dan melanggar aturan masyarakat...

Tetap Semangat dan Sampai jumpa di Selasa depan....👋

Posting Komentar untuk "TAHUN BARU, SEMESTER BARU, AWAL YANG BARU, SEMANGAT BARU!"