Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HASIL SAMPING SAYURAN ( 7==>2 : 4)

Bahan Pangan Hasil Samping Sayuran


    Pengertian dari bahan pangan hasil samping sayuran adalah bahan samping atau bagian lain yang dihasilkan dari tanaman sayuran (selain dari pada bahan pangan utama sayuran) yang masih bisa dimanfaatkan. Hasil  samping  dari  sayuran dapat  dimanfaatkan  sebagai olahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh manusia sehari hari.

JENIS-JENIS HASIL SAMPING SAYURAN

1. KULIT BAWANG

    Kulit bawang merupakan hasil samping dari sayuran umbi lapis di antaranya kulit bawang merah, kulit bawang putih dan kulit bawang bombay. Kulit bawang mengandung quercetin, yakni sebuah senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mendukung sistem kekebalan tubuh  atau antioksidan  yang sangat tinggi. Kalian bisa memanfaatkan kulit bawang ini dengan cara tidak mengupasnya apabila membuat bumbu untuk memasak, baru setelah masakan matang, kulit bawangnya bisa kamu singkirkan.


2. BATANG DAN DAUN BROKOLI

    Batang brokoli masih dapat dimakan dengan mengupas sedikit  bagian  yang  keras dari  batangnya.  Demikian juga  dengan daun yang menyelimuti bunga  brokoli  sangat nikmat  jika dimasak sop seperti kubis atau dibuat jus sayuran. Sedangkan batangnya bisa diolah sebagai acar atau ditumis.


3. TANGKAI DAN DAUN WORTEL

    Biasanya tangkai daun hijau pada wortel tidak digunakan, namun ternyata masih bisa dimanfaatkan. Tangkai hijau daun pada wortel mengandung banyak nutrisi yaitu memiliki banyak antioksidan yang baik untuk untuk kesehatan Daun hijau  kaya akan kalsium, magnesium, niasin, zat besi, seng, vitamin B, vitamin K, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan tersebut  membantu  melawan kanker usus besar dan memperkuat tulang.

4. KULIT KENTANG

    Selama ini kita selalu membuang  kulit  kentang  dan menganggapnya sampah organik yang tidak berguna. Nutrisi kentang paling  banyak  terletak  pada  bagian bawah kulitnya. Bagian kulit kentang kaya akan asam klorogenik,  yaitu polifenol  yang mencegah mutasi  sel- sel yang mengarah pada kanker. Asam klorogenik berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas yang berpotensi menjadi obat kanker alami. Sama halnya dengan kulit bawang kalian bisa memanfaatkan kulit kentang dengan cara tidak mengupas kentang yang akan diolah menjadi olahan tertentu.

5. DAUN DAN BATANG TALAS

    Adapun, hasil samping dari talas adalah daun, batang dan akar talas. Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun  talas  seperti  polifenol,  protein,  karbohidrat,  lemak,  kalsium, fosfor, zat besi dan juga beberapa vitamin A, B1 dan C yang dapat melancarkan pencernaan. Olahan dari daun talas yang paling populer adalah buntil. Mungkin kalian sudah terbiasa dalam mengkonsumsinya tentu.


6. KULIT MELINJO

    Tanaman melinjo yang biasa dimanfaatkan adalah daun dan biji melinjo. Kulit bji melinjo merupakan limbah yang tidak dimanfaatkan. Namun berdasarkan hasil penelitian, kulit melinjo mengandung energi yang tinggi,  karbohidrat,  protein,  lemak,  kalsium,  fosfor,  vitamin  A,  B1, dan C. Selain itu, kulit melinjo juga menghasilkan ekstrak anti asam urat. Jika biji melinjo akan menyebabkan sakit asam urat, namun kulit melinjo merupakan obat asam urat.

    Nah....dari 6 jenis hasil samping sayuran di atas, mungkin kalian ada yang sudah pernah mengkonsumsinya. Silahkan kalian catat dalam buku catatan kalian meneruskan catatan yang sudah ada, kemudian kalian beri contoh olahan makanan dari masing-masing jenis hasil samping sayuran tersebut diatas.....untuk pekan depan, silahkan kalian siapkan PERENCANAAN olahan hasil samping sayuran minimal 3 olahan. Kalian tulis pada buku catatan.......


Posting Komentar untuk "HASIL SAMPING SAYURAN ( 7==>2 : 4)"