Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGOLAHAN IX/2: MATERI-4 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN HASIL SAMPING PERIKANAN DAN PETERNAKAN

 

MATERI-4 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN HASIL SAMPING  PERIKANAN DAN PETERNAKAN


Bahan pangan hasil samping hasil perikanan dan peternakan adalah bahan-bahan selain daging pada hasil perikanan dan peternakan yang dapat dimanfaatkan untuk pangan. Bahan baku berupa daging hasil perikanan dan peternakan merupakan bahan pangan utama manusia, sedangkan bagian tulang, kulit, jeroan, kaki, dan sisik, bagian tubuh yang jarang dimakan, tetapi masih dapat dimanfaatkan sebagai Bahan pangan hasil samping dari hasil perikanan dan peternakan masih memiliki kandungan gizi sehingga dapat dimanfaatkan hasil samping pangan.

Hasil samping dari bahan pangan hasil perikanan dan peternakan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan siap konsumsi seperti mie bakso dan ceker ayam, keripik ceker ayam, kerupuk kulit ian, kerupuk kulit sapi, keripik usus ayam, gulai kepala ikan kakap, rempeyek sisik ikan, dan lain-lain.

Jenis-jenis bahan baku  produk dan manfaat hasil samping perikanan dan peternakan diantaranya sebagai berikut  :

1.  Kepala ikan

Bagian kepala ikan dapat diolah menjadi hidangan yang lezat dan bergizi seperti: gulai kepala ikan atau sup kepala ikan


2. Kulit

Kulit mempunyai banyak fungsi antara lain sebagai alat perasa, pelindung jaringan di bawahnya, memberi bentuk, mengatur suhu tubuh, tempat sintesis vitamin D. Kulit dapat diolah menjadi produk pangan seperti kerupuk dan masakan lainnya.

Kerupuk Kulit Ikan

Gulai Kikil/Kulit Sapi

3.  Ceker ayam
Ceker ayam mengandung protein, kolagen, zat kapur/kalsium dan kartilago. Ceker ayam dapat diolah menjadi produk pangan seperti, keripik ceker ayam, baso ceker ayam, sup ceker ayam, dan lainlain.





4.  
Tulang ikan
Tulang ikan mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kokohnya tulang. Setelah menjadi tepung tulang ikan bisa diversifikasi dalam bentuk olahan berupa cemilan, seperti pangsit ikan, stik ikan, kerupuk, dan lainnya.

Kerupuk Tulang Ikan



Kue Untir-Untir Tulang Ikan

Posting Komentar untuk "PENGOLAHAN IX/2: MATERI-4 PENGOLAHAN BAHAN PANGAN HASIL SAMPING PERIKANAN DAN PETERNAKAN"