Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI BOLA VOLI KELAS 8 SEMESTER II

 

TEKNIK SMASH DAN BLOK KELAS 8



TEKNIK YANG HARUS DIKUASAI 

A. variasi gerak spesifik smash
Smash atau yang juga bisa disebut dengan istilah spike merupakan sebuah teknik dasar juga dalam permainan bola voli. Dalam cara bermain bola voli yang benar, Anda pun perlu menguasai teknik smash agar mampu mencetak poin dan memenangkan pertandingan bersama tim.

Smash pada bola voli memiliki inti gerakan yang sama dengan teknik dasar permainan bulu tangkis, karena ini adalah suatu gerakan memukul bola dengan memakai kekuatan penuh sambil melakukan lompatan. Bola yang dipukul tersebut harus diarahkan ke area kosong milik tim lawan secara keras-keras yang biasanya dapat membuahkan poin.

Untuk langkah persiapan variasi dalam pukulan smash, ambil posisi berdiri sambil mempertahankan sikap melangkah yang menghadap ke arah net bola voli.
Tumpuan berat badan perlu berada di bagian kaki depan.

1. Pastikan agar pandangan mengarah ke depan atau arah net dan pemain pun harus dalam kondisi konsentrasi penuh.

2. Persiapan posisi yang sudah matang bisa dilanjutkan dengan ke inti gerakan, yakni gerak awalan lebih dulu. Gerak awalan di sini adalah dengan melangkahkan kaki setidaknya 2 langkah dan untuk langkah yang terakhir dibuat lebar.

3. Gerak tolakan adalah gerakan inti variasi smash kedua, yakni gerakan menolak dengan kedua kaki ke arah atas sambil kedua lengan diayunkan mengikuti gerakan kedua kaki di mana ayunan harus ke depan atas.

4. Gerak pukulan adalah gerakan selanjutnya pada variasi smash di mana ini adalah gerakan memukul bola bagian atas yang dilakukan menggunakan telapak tangan di saat yang sama dengan pengaktifan pergelangan tangan pemain.

5. Gerak mendarat adalah gerakan terakhir di mana pada gerakan ini intinya adalah melakukan pendaratan dengan ujung telapak kedua kaki dengan kedua lutut juga mengeper di saat bersamaan.

6. Sebagai akhir gerakan, rendahkan kedua lutut dan lanjutkan dengan badan yang dibungkukkan. Bawa juga berat badan ke arah depan sambil pandangan fokuskan ke atas depan, sementara bagian kedua lengan berada di depan sisi tubuh, biarkan rileks.

B. Block/membendung

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan blocking yang perlu kamu latih:

1. Bergerak untuk memposisikan diri ke dekat net dan menghadap ke arah bola voli yang akan di-smasi oleh pemain lawan.

2. Melakukan sikap siap untuk mem-block atau melakukan blocking akan bola yang di-smash oleh pemain lawan.

3. Melakukan jumping atau meloncat dengan kedua kaki melakukan tolakan secara bersamaan, lalu menjangkau bola untuk dihadang atau dibendung dengan kedua tangan.

4. Mendarat dan kembali ke sikap siap.

Blok dibagi menjadi 2 Yaitu :

a. Blok Tunggal
blok yang dilakukan oleh 1 pemain

b. Blok Ganda
blok yang dilakukan oleh 2 atau 3 orang pemain.


PERATURAN PERTANDINGAN

A. BOLA MASUK

adalah Bola yang dinyatakan masuk apabila bola menyentuh lantai lapangan permainan termasuk garis-garis batasnya

B. BOLA KELUAR

Sebuah bola dianggap keluar jika; itu benar-benar tanah di luar garis batas, jika menyentuh sebuah benda di luar pengadilan, jika menyentuh antena, bersih, posting, tali yang berada di luar area bermain, atau jika bola berjalan bawah net.

C. TOUCH BALL

sebelum bola keluar menyentuh salah satu pemain lawan.

D. TIME OUT

adalah penghentian dalam permainan. Ini memungkinkan pelatih dari salah satu tim untuk berkomunikasi dengan tim, mis., Untuk menentukan strategi atau menginspirasi semangat, serta untuk menghentikan jam permainan.


Lebih Jelasnya Silahkan Lihat Video dibawah ini :





Posting Komentar untuk "MATERI BOLA VOLI KELAS 8 SEMESTER II"