Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MATERI IPA POLA INTERAKSI MANUSIA YANG MEMPENGARUHI EKOSISTEM

 

POLA INTERAKSI MANUSIA YANG MEMPENGARUHI EKOSISTEM

Apa kabar siswa-siswi yang cerdas,pada pertemuan lalu kita sudah mengerjakan tugas materi 4 yaa. Nah utk pertemuan hari ini ,Jumat, 19 Februari 2021 kita akan melanjutkan materi berikutnya yaitu POLA INTERAKSI MANUSIA YANG MEMPENGARUHI EKOSISTEM

 masih di Bab VIII INTERAKSI MAKLHUK HIDUP DAN LINGKUNGANYA.

Simak baik-baik yaa materi ini, kalian juga bisa menambah wawasan di buku paket dan buku pendamping materi bagi yg sdh punya.

Dan seperti biasa pertemuan berikutnya adalah tugas untuk materi tersebut.


Pola Interaksi Manusia yang Mempengaruhi Ekosistem

Keanekaragaman jenis hewan & tumbuhan, ternyata, terdapat berbagai variasi pada hewan & tumbuhan yang terdiri dari ribuan jenis anggotanya.

1. Penyebab berkurangnya keanekaragaman makhluk hidup

Pada zaman saat ini, kondisi alam beserta flora & fauna sangat memprihatinkan, mereka terancam keberadaan serta kehidupannya, sebab lingkungan yang sudah mulai berubah.

Faktor-faktor Penyebab Perubahan Lingkungan
 a. Faktor Alam
Faktor yang dapat menimbulkan kerusakan antara lain gunung meletus, gempa bumi, angin topan, kemarau panjang, banjir, dan kebakaran hutan.

Sebuah bencana alam merupakan salah satu penyebab terjadinya kepunahan sebuah flora & fauna & juga dapat merusak lingkungan. Misalnya; gunung yang melutus, kemudian mengeluarkan lahar yang dapat menyebabkan punahnya makhluk hidup yang bertempat tinggal/makhluk hidup yang beradaptasi di lingkungan sekitar gunung. Selain itu juga bisa disebabkan karena flora & fauna yang hidup di lingkungan gunung, tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan yang sudah berubah yang disebabkan meletusnya gunung.

 

b. Faktor Manusia
Kegiatan manusia yang menyebabkan perubahan lingkungan misalnya, membuang limbah (limbah rumah tangga, industri, pertanian, dan sebagainya) secara sembarangan, menebang hutan sembarangan, dan sebagainya.

Ada berbagai macam cara yang di lakukan manusia, sebenarnya manusia tidak berfikir kedepannya, yang manusia pikir hanyalah keuntungan pribadi tanpa memikirkan resiko yang akan di terima, & manusia tidak menyadari bahwa perbuatannya itu untuk merusak suatu lingkungan yang ditempati flora & fauna yang ada di Indonesia.

1. Penebangan hutan secara liar, dan perburuan hewan secara terus menerus hanya akan mendatangkan keuntungan yang sebentar bagi manusia, hal ini disebabkan karena pemanfaatan tumbuhan & hewan secara berlebihan dalam waktu singkat dapat menyebabkan jenis-jenis itu tidak akan mampu berkembangbiak untuk menggantikan yang telah mati. Hal itu disebabkan jumlahnya dari tahun ke tahun akan semakin berkurang, & pada akhirnya akan punah.

2. Penangkapan udang & ikan secara liar dengan menggunakan bahan peledak, bahan kimia, maupun listrik, & pukat harimau. Perbuatan manusia ini sangat tidak bijaksana, sebenarnya kita harus memanfaatkan alam & makhluk hidup lainnya untuk kebutuhan saja & tidak berlebihan dalam mengambilnya. Cara-cara yang dilakukan di atas sangat merugikan manusia itu sendiri, sebab hewan dewasa, kecil, & telurnya pun juga akan ikut mati

3. Perburuan & penangkapan jenis hewan tertentu secara terus-menerus akan mengakibatkan kepunahan. Oleh sebab itu pemerintah melindungi beberapa hewan yang jumlahnya di alam semakin berkurang, & telah dibuatkan Undang-undang untuk hewan yang hampir punah.

 4. Uji coba senjata nuklir dapat mengakibatkan perubahan iklim golbal

 

5. Pembakaran yang tidak sempurna dari kendaraan bermotor dan mesin-mesin industri atau kegiatan rumah tangga dapat menyebabkan terjadinya efek rumah kaca yang berakibat pada pencairan es di kutub dan meningkatkan volume air laut hingga dapat menenggelamkan suatu daratan.

6. Pembuangan limbah padat dan cair ke tanah dapat mengakibatkan pencemaran tanah yang berakibat pada rusaknya ekosistem tanah dan hilangnya kesuburan tanah


7. Penggunaan pestisida berlebihan dapat memengaruhi ekosistem sawah, tanah, dan air yang berakibat pada hilangnya sebagian atau keseluruhan populasi, hilangnya kesuburan tanah, dan pencemaran pada air.


2. Usaha pelestarian keanekaragaman makhluk hidup

Hal ini sangat penting dilakukan oleh setiap manusia, agar keanekaragaman makhluk hidup dapat terus berlanjut & mampu memberi manfaat bagi manusia yang membutuhkannya.

Berikut ini beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh manusia untuk mencegah terjadinya kepunahan kepada makhluk hidup;

1. Sistem tebang pilih, dengan memilih tanaman yang benar-benar sudah waktunya untuk di tebang, hal ini tidak akan mempengaruhi ekosistem

 

2. . Penangkapan musiman dilakukan pada saat populasi hewan paling banyak & tidak pada saat kondisi yang dapat mengakibatkan kepunahan

3. Peremajaan tanaman, hal ini wajib dilakukan untuk mempertahankan & meningkatkan hasil dengan mempersiapkan tanaman pengganti

4. Membudidayakan hewan yang sudah langka keberadaannya dengan membuat penangkaran & kultur jaringan

5.Pembuatan & perbaikan pengaturan spesimen tumbuhan & hewan guna mempermudah sistem informasi.

 

Nah....siswa semua, sampai disini materi yang kami berikan, tidak terlalu rumit yaa. Disamping kalian mendapat materi dari pembelajaran daring, silahkan tambah wawasan kalian dengan mempelajari Buku Paket dan Buku Pendamping materi. Pada Bab yang sama.

Untuk pertemuan berikutnya adalah mengerjakan Tugas Materi tersebut diatas

 

Jika kalian mendapat kesulitan ketika mempelajarimateri diatas maka bisa ikuti langkah2 berikut :

1. Baca berulang-ulang dan buat  ringkasan di buku tulismu

2. Tanyakan ke Bapak, Ibu, kakak, teman atau saudara yang dapat di mintai tolong.

3. Kalau masih ada pertanyaan yang belum terungkap maka sampaikan pada guru pengampu mapel IPA. Insyaa Allah Bpk/Ibu Guru pengampu akan membantu kalian dalm belajar.

 

Tetap senang dan semangat belajar dari rumah yaa... semoga kalian menjadi siswa yang sukses





 


 



 






 


 








 


Posting Komentar untuk "MATERI IPA POLA INTERAKSI MANUSIA YANG MEMPENGARUHI EKOSISTEM"