Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IPA 7 : PEMANASAN GLOBAL


 PEMANASAN GLOBAL / GLOBAL WARMING

Pemanasan global atau yang biasa disebut dengan global warming adalah sebuah fenomena meningkatnya suhu di seluruh permukaan bumi. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli, dalam 100 tahun terakhir peningkatan suhu di bumi mencapai angka 0,18 derajat cercius.
Meningkatnya suhu bumi ini sudah terjadi sejak abad 20 lalu, dengan faktor utama meningkatnya efek rumah kaca yang disebabkan oleh aktivitas manusia sehari-hari.
Peningkatan suhu di bumi ini akan mengakibatkan naiknya air permukaan laut yang disebabkan melelehnya gunung-gunung es di kutub. Dalam jangka panjang hal ini berpotensi menenggelakan bumi kita ini.
Selain itu, meningkatnya suhu di permukaan bumi juga memiliki dampak lainnya untuk bumi ini. Seperti perubahan cuaca yang ekstrim, punahnya spesies hewan dan lain sebagainya.
A. PENGERTIAN PEMANASAN GLOBAL
Pemanasan global merupakan sebuah fenomena meningkatnya suhu dipermukaan bumi akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca. Femomena pemanasan global tidak bisa terlepas dengan rusaknya ekosistem di bumi ini.
Salah satu penyebab utama fenomena ini adalah pencemaran lingkungan yang berlebihan. Selain itu penebangan hutan dan polusi udara juga tidak kalah berperan dalam fenomena ini. 
Apabila fenomena ini tidak kita tanggapi dengan segera, fenomena ini akan berdampak buruk bagi bumi yang kita tempati ini. Dampak yang paling sering kita dengar, yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi yang mengakibatkan gunung-gunung es di kutub mencari, yang berpotensi menenggelamkan bumi ini.
B. PENYEBAB PEMANASAN GLOBAL
Pemanasan global tidak terjadi begitu saja, akan tetapi terjadi karena beberapa hal yang dikerjakan. Entah dari fenomena alam maupun dari perbuatan manusia itu sendiri.
Penting untuk kita ketahui beberapa hal yang berpotensi memicu terjadinya fenomena ini. Dengan harapan, setelah mengetahui penyebab-penyebab pemanasan global kita lebih berhati-hati, dan berusaha meninggalkan kegiatan tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab sekaligus penjelasan singkatnya.
1. Meningkatnya gas rumah kaca
Gas rumah kaca terjadi karena pembakaran minyak bumi. Bahan bakar batu bara serta pembakaran gas alam. Semua hal tersebut menyebabkan adanya pemanasan yang terpantul tidak diteruskan ke luar angkasa, tetapi kembali lagi ke bumi. Gas yang paling berpengaruh adalah karbodiokasida.
2. Polusi udara karena bahan bakar
Bahan bakar mesin dari kendaraan bermotor, mobil, dan kendaraan lainya menghasilkan gas karbodiosida. Adanya gas ini menjadikan panas tidak bisa diteruskan keluar angkasa sehingga panas akan mengendap di bumi.
3. Efek rumah kaca
Efek rumah kaca ini menjadikan panas yang berada di bumi tidak dapat dipantulkan ke luar angkasa, tetapi terperangkap di atmosfer. Sebenarnya efek rumah kaca ini bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia. Namun, jika berlebihan akan menjadikan efek pada iklim dan cuaca yang ada di bumi.
4. Adanya penggunaan CFC yang berlebihan
Seperti diketahui, CFC merupakan bahan kimia yang diproduksi untuk berbagai peralatan rumah tangga seperti AC atau pendingin dan kulkas.
5. Adanya penggundulan hutan
Hutan menjadi satu di antara penyadap karbondioksida yang ada di bumi. Jika hutan sudah makin digunduli, lama kelamaan tidak ada yang bisa mengurangi karboidosida lagi.
6. Adanya polusi metana karena peternakan, pertanian, dan perkebunan
Selain karbodiokasi yang berperan paling besar dalam menyebabkan global warming adalah metana. Adanya gas metana ini berasal dari bakteri yang kekurangan oksigen untuk memecah bahan-bahan organik. Selain itu juga karana adanya pemupukan yang berlebihan.

C. DAMPAK PEMANASAN GLOBAL
Pemanasan global tidak hanya sekedar pemanasan saja akan tetapi juga mempunyai dampak buruk yang bisa siapa saja melihat dan merasakannya. Ketika suhu bumi terus meningkat maka akan mempunyai efek buruk yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Pemanasan global akan memengaruhi kondisi bumi secara ekstrim. Simak apa saja dampak dari pemanasan global di bawah ini.
1. Melehnya Es di Kutub
2. Meningkatnya Permukaan Air Laut
3. Terjadinya Gelombang Panas
4. Rusaknya Ekosistem Laut
5. Semakin Sering Terjadinya Banjir
6. Kondisi Kesehatan Tubuh yang Menurun
7. Punahnya Hewan di Bumi
8. Terjadinya Pergeseran Cuaca
9. Erosi Garis Pantai
10. Pergeseran Lempeng Bumi

D. USAHA UNTUK MENANGGULANGI PEMANASAN GLOBAL

Beberapa usaha untuk mengatasi pemanasan global : 
1 . Melakukan reboisasi
Reboisasi merupakan satu di antara cara efektif mengatasi karbon dioksida yang berlebihan. Menurut Thomas Crowther (ahli ekologi), menanam pohon adalah solusi termudah dan cara terefektif mengatasi pemanasan global.
Hal itu dikarenakan pohon dapat menyerap zat karbondioksida yang terperangkap di udara.
2. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi
Saat ini sudah banyak orang yang mempunyai kendaraan pribadi. Penggunaan kendaraan pribadi yang berlebihan bisa menyebabkan pemanasan global.
Maka dari itu, sebiasa mungkin tinggalkan kendaraan pribadi, jika memungkinkan bepergian menggunakan kendaraan umum. Jadi, 30 orang dalam satu bus itu lebih baik daripada 30 orang mengendarai kendaraannya masing-masing bagi bumi.
3. Menghemat penggunaan energi
Satu di antara cara mengatasi pemanasan global ,yaitu mematikan lampu yang sudah tidak digunakan lagi. Listrik dihasilkan oleh pembangkit listrik dan pembangkit listrik dihasilkan dari bahan bakar yang berasal dari minyak bumi, gas alam atau batubara.
Dengan menghemat penggunaan energi, terutama listrik, kita berkontribusi pada pengurangan polusi yang berasal dari pembakaran zat-zat tersebut.
4. Meminimalisasi penggunaan plastik
Dalam artikel di jurnal Plos One via Salamadian, para peneliti menyimpulkan, dalam produk plastik seperti botol air, sedotan, tas kresek atau pembungkus makanan mengeluarkan gas etilena dan metana ketika terkena sinar matahari.
Itulah mengapa, mulailah meminimalisasi penggunaan bahan plastik sekali pakai dan menggantinya dengan produk yang bisa dipakai berulang. Bawalah kantong belanjaan sendiri ketika berbelanja ke pasar atau supermarket agar kita tidak menyumbangkan lebih banyak sampah di bumi.
5. Gunakan produk ramah lingkungan
Saat ini, banyak produk yang menggunakan teknologi ramah lingkungan, mulai lampu, ac, mesin cuci sampai motor listrik. Walau tetap menyumbang angka untuk pemanasan global, jumlahnya lebih sedikit dibanding produk lain pada umumnya.
6. Jalankan pola hidup sehat dan hemat
Pola hidup sehat, misalnya dengan bersepeda atau berjalan kaki ketimbang memakai kendaraan bermotor. Selain itu kita harus berhemat, dengan cara membeli barang yang seharusnya dibeli, jangan sampai tidak terpakai dan menjadi limbah yang mengotori lingkungan.

SELAIN MATERI DIATAS SILAHKAN KALIAN PELAJARI JUGA MATERI YANG ADA DIBUKU PAKET DAN BUKU PENDAMPING UNTUK LEBIH LENGKAPNYA.
UNTUK LATIHAN SOALNYA SILAHKAN KALIAN KLIK LINK DIBAWAH INI 👇


SELAMAT BELAJAR DAN MENGERJAKAN LATIHAN SOALNYA

Posting Komentar untuk "IPA 7 : PEMANASAN GLOBAL"