Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KERAJINAN VIII/2: MATERI-1. PENGERTIAN, JENIS DAN KARAKTERISTIK LIMBAH KERAS

 PENGERTIAN , JENIS DAN KARAKTERISTIK LIMBAH KERAS


Pengertian Kerajinan Bahan Limbah Keras - Bahan limbah merupakan bahan yang sangat potensial untuk dijadikan bahan pembuatan kerajinan. Di tangan-tangan kreatif, limbah keras organik dan anorganik dapat disulap menjadi aneka kerajinan yang unik dan menarik. Oleh sebab itu, kali ini kita masih membahas bahan limbah. Limbah keras adalah limbah yang berwujud keras, padat, tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah diolah, dan tidak mudah terurai dalam tanah.

Jenis dan Karakteristik Bahan Limbah Keras

1. Limbah Keras Organik / Alami

Limbah Keras Organik adalah limbah yang berasal dari alam (tumbuhan dan hewan) bersifat keras, padat, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terurai dalam tanah. Contohnya cangkang kerang laut, sisik ikan keras, tulang ikan, tulang hewan berkaki empat (sapi, kerbau, kambing), tempurung kelapa, dan potongan kayu. Hampir semua limbah keras organik dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk kerajinan, tetapi diperlukan peralatan yang cukup kuat untuk membantu dalam pengerjaannya.

 2. Limbah Keras Anorganik / Buatan

Limbah keras anorganik adalah jenis limbah yang berwujud keras, padat, sangat sulit atau bahkan tidak bisa untuk diuraikan atau tidak bisa membusuk. Contoh limbah keras anorganik adalah plastik, pecahan keramik, pecahan kaca, dan baja. Sampah anorganik berasal dari sumber daya alam dan kimia yang tidak terbaharui. Akumulasi limbah yang merupakan sisa hasil buangan mempunyai potensi sebagai polutan (penyebab polusi). Oleh karena itu, dengan proses daur ulang limbah mendapat perhatian khusus dan penanganan yang maksimal.

Untuk lebih jelasnya silakan kalian simak dan pelajari video pembelajaran diberikut ini !


Setelah kalian simak dan pelajari video pembelajaran tersebut, silakan kalian ceritakan kembali inti dari materi pembelajaran dalam video tersebut, tulis dalam bentuk resume di buku catatanmu dengan rapi dan jelas! Lalu tunggu perintah selanjutnya di pertemuan beriktnya !!

SELAMAT BELAJAR SEMOGA SUKSES.....!

Posting Komentar untuk "KERAJINAN VIII/2: MATERI-1. PENGERTIAN, JENIS DAN KARAKTERISTIK LIMBAH KERAS"