Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kerjasama dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan bantuan dari orang lain, manusia tidak bisa hidup  sendirian karena asalnya memang manusia itu saling bergantungan satu sama lain. Karena itu dalam kehidupan sangat penting untuk membangun kerjasama yang baik. Kerjasama merupakan kegiatan yang dilakukan antar sesama manusia untuk mencapai tujuan bersama, dengan kerjasama seseorang akan lebih mudah untuk menyelesaikan sesuatu karena kita memiliki partner atau rekan untuk bertukar pikiran bagaimana sesuatu yang kita kerjakan itu dapat berjalan dan terselesaikan dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal. Di dalam kerjasama terdapat nilai-nilai yang sosial yaitu:
  • Menghargai pendapat orang lain
Di dalam kerjasama sangat penting untuk  mendengar masukan dari rekan kerja kita, dengan masukan-masukan itu kita dapat memperbaiki atau menambah apa yang kiranya perlu diperbaiki, sehingga kita akan lebih cepat dalam mengerjakan pekerjaan. Karena penting bagi kita untuk mendengarkan pendapat orang lain karena itulah gunanya kerjasama, yaitu saling bertukar pikiran antara partner atau rekan.
  • Tanggung Jawab
Di dalam melakukan sesuatu antar rekan memiliki tanggung jawab kepada pekerjaan dan rekannya yang lain untuk memberi kontribusi dalam menyelesaikan pekerjaannya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu. Seseorang tidak akan membiarkan rekannya bekerja sendiri, mereka akan merasa bertanggung jawab untuk mengerjakan pekerjaan itu karena mereka adalah tim, tidak ada tim yang melakukan pekerjaan tanpa ada kerjasama antar rekan yang satu dengan rekan yang lainnya, itulah bentuk tanggung jawab mereka di dalam tim.
  • Kebersamaan
Orang yang bekerja sama akan merasa dirinya memiliki rasa kebersamaan, tidak akan memutuskan sesuatu dengan sepihak karena mereka sadar bahwa mereka adalah tim, sesuatu yang dilakukan dan dihasilkan itu adalah keputusan bersama, tidak ada rasa mendominasi karena dalam tim semuanya sama, sehingga tidak akan terjadi saling menyalahkan apabila pekerjaannya itu tidak dapat diterima atau tidak memenuhi hasil yang diinginkan.
  • Kepedulian
Kerjasama akan menumbuhkan sikap peduli untuk membantu rekannya yang mengalami kesusahan dalam mengerjakan pekerjaannya, peduli antar sesama yang sedang mengalami kesusahan. Kerjasama yang baik akan menghasilkan hasil yang baik, seseorang didunia ini tidak bisa hidup sendiri, karena pada hakikatnya manusia itu saling membutuhkan. Kerjasama yang baik adalah kerjasama yang mengutamakan komunikasi yang baik antar tim, komunikasi yang baik ini menjadi faktor utama karena di dalam kerjasama dibutuhkan sharing pendapat atau pertukaran pendapat antar tim. Ingat didalam hidup ini ada waktu kita tersesat dan membutuhkan seseorang untuk membantu kita, karena itu kita sebagai  manusia hendaklah bersikap saling menghargai antar sesama sehingga jika kita membutuhkan sesuatu seseorang akan senang hati akan membantu kita.

Sumber: https://www.kompasiana.com/emy/570e09fdf19673ce123d52a2/pentingnya-kerjasama-dalam-kehidupan

Posting Komentar untuk "Pentingnya Kerjasama dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara"