Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Indonenesia kelas IX Semester Gasal : Menemukan Struktur Teks Pidato

 Menemukan Struktur Teks Pidato



Teks pidato persuasif yang kita dengar, baca, atau  yang kita hasilkan ada pada media  apa pun. Orang  melisankan atau  menulis teks pidato  persuasif bisa  untuk  tujuan    yang sangat beragam. Bisa jadi seseorang menulis teks  pidato persuasif dengan tujuan untuk   mengajak,  menghargai,  memberi  tahu,   meyakinkan,  dan  masih banyak kemungkinan lain.

Marilah mencermati contoh  teks  pidato persuasif berikut.  Dalam membaca teks pidato  persuasif berikut,  tolong  kita  perhatikan kandungan pesan tiap paragrafnya. 

`


Assalamualaikum Wr.Wb Yth.Bapak Kepala Sekolah Yth. Bpk/Ibu wali kelas

Serta teman-teman sekalian yang saya cintai


Marilah  kita bersama-sama  memanjatkan puji dan  syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan  karunia-Nya kita  semua dapat  berkumpul dalam  keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.


Teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama perlu  kita  sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi  menghasilkan keuntungan bagi  kita, bukan  kerugian bahkan bencana bagi  kita. Salah  satu cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti  kebersihan  lingkungan. Arti kebersihan  lingkungan yang  sesungguhnya adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak  untuk  ditinggali  manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat  terjaga. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang Berbahagia,

Menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang  mengintai pada  musim hujan  seperti sekarang. Menjaga  kebersihan lingkungan dapat  dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMP N 1 Kalimanah. Apabila sekolah kita bersih maka orang lainpun  tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam  membersihkan sekolah ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga   kebersihan  lingkungan sekolah  dapat   dilakukan dengan cara  membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari Jumat dalam  rangka membersihkan lingkungan sekolah dari  sarang nyamuk  Aides Aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman Sekalian,

Sebagai penutup saya  mengutip kata  pepatah yang  mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari  iman  maka  apabila seseorang tidak peduli  terhadap kebersihan maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman. Marilah kedepannya kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.


Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf!


Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Teks pidato tersebut apabila kita  telaah struktur dan ciri kebahasaan yang digunakan sebagai berikut.


a. Menemukan Struktur Teks Pidato


Struktur Penjelasan

Pendahuluan Pendahuluan teks  pidato  persuasif terdiri atas tiga  bagian,  yaitu salam pembuka, ucapan sapaan(penghormatan), dan  ucapan syukur

Isi Pidato Isi merupakan bagian  inti pidato.  Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data  pendukung, dan pesan berupa imbauan atau  ajakan disampaikan pembicara atau  orator pada  bagian  ini. Pembicara menjelaskan secara  rinci tentang hal-hal yang  terkait dengan pendapat, ajakan, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

Penutup Penutup pidato  merupakan bagian   akhir  sebuah pidato.  Dalam pidato persuasive bagian penutuf berisi hal-hal berikut ini.

1) Harapan  agar  gagasan  dan   pesan     yang   disampaikan bermanfaat bagi pendengar.

2) Permohonan maaf  kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.

3)    Ucapan terima kasih kepada pendengar.

4)    Salam penutup.


Posting Komentar untuk "Materi Bahasa Indonenesia kelas IX Semester Gasal : Menemukan Struktur Teks Pidato "