Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Struktur Teks Deskripsi

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ 

Silakan kalian Baca Teks Deskripsi Berikut ini ya

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk, tempat wisata yang menakjubkan. Pantai ini berlokasi di desa Suwuk, kecamatan Puring, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Gapura “Selamat Datang” dengan cat orangenya selalu menyambut ramah kunjunganku ke pantai ini. Pohon-pohon kelapa sawit berjajar sepanjang jalan menemani langkah kakiku menapak hamparan pasir putih berkilauan.

Birunya air laut dan perahu-perahu nelayan bagaikan komposisi yang membentuk noktah-noktah kecil di batas cakrawala. Ombak putih berbuih, bergulung-gulung menjadi lambang kesucian alam yang harus tetap dijaga. Di sebelah barat, terdapat batu-batu besar yang disusun memanjang menuju bibir pantai sebagai wahana bagi para pengunjung yang ingin memancing. Yang menarik adalah pemandangan pegunungan kapur yang memanjang dari utara sampai selatan dan pegunungan itu berakhir di pantai ini. 

Bagi para pengunjung yang ingin berlayar menuju ke pegunungan tersebut, dapat menyewa perahu-perahu yang telah disediakan. Sepasang pemuda-pemudi terlihat sedang berlayar, mengarahkan perahu ke pegunungan tersebut, menudingkan jari ke atas, ke arah matahari yang terbenam di antara awan berwarna emas, ungu, dan merah terang yang menandakan hari telah sore.

Warung-warung bambu dengan jajanan khas mereka berjajar di tepi pantai siap menggoda perut-perut yang sedang lapar. Berkunjung ke pantai Suwuk menjadi tidak sempurna jika tidak menyempatkan untuk mampir sekedar menikmati makanan khas di pantai ini. Minuman segar kelapa muda menghapus rasa haus. Para pengunjung seperti disuguhkan jamuan sembari menikmati lukisan alam yang menakjubkan.

Keberadaan Pantai Suwuk yang indah memang belum begitu popular seperti tempat wisata pantai yang sudah ada selama ini. Pantai Suwuk ini masih perlu dipromosikan supaya banyak wisatawan yang berkunjung.

Sudah kalian baca teks deskripsi 'Pantai Suwuk' di atas, jika sudah coba perhatikan kembali struktur dari teks deskripsi dibawah ini


dalam teks Pantai Suwuk, terdapat struktur yang disebut dengan Identifikasi, yang mana pada bagian tersebut berisi nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah lahirnya,makna nama, atau pernyataan umum tentang objek. pada bagian ini dapat kita lihat pada bagian paragraf pertama yang menjelaskan secara umum tentang pantai Suwuk.

Bagian kedua adalah deskripsi bagian, deskripsi bagian dimulai ketika dalam teks mulai membahas tentang keindahan serta beragam hal tentang pantai suwuk secara detai dan mendalam, kalian pasti bisa melihatnya kan? penjelasan-penjelasan secara terperinci ini memiliki tujuan agar para pembaca dapat mengimajinasikan keberadaan pantai suwuk secara lebih detai, seolah-olah pembaca merasakannya secara langsung disana.

bagian ketiga berisikan simpulan dari deskripsi Pantai Suwuk, dapat kalian lihat pada bagian "Keberadaan Pantai Suwuk yang indah memang belum begitu popular seperti tempat wisata pantai yang sudah ada selama ini. Pantai Suwuk ini masih perlu dipromosikan supaya banyak wisatawan yang berkunjung." nah sudah kalian tangkap kan apa yang menjadi tujuan dari teks yang mendeskripsikan Pantai Suwuk? Iyap benar, tujuan utamanya selain mengenalkan pantai suwuk, penulis teks juga memberikan pesan agar pembaca dapat membantu mempromosikan keberadaan dari pantai suwuk kepada masyarakat umum.

sebagai bahan latihan, silakan baca teks berikut dan coba kalian analisis berdasarkan strukturnya. (Ini sebagai latihan mandiri dan tidak dikumpulkan ya)

BADAK BERCULA 1

Badak bercula satu adalah salah satu hewan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia. Seperti namanya, keunikan badak ini adalah culanya yang tunggal. Binatang berkaki empat ini juga merupakan hewan yang dilindungi oleh negara karena langka dan nyaris punah.

Binatang ini bermoncong panjang dan memiliki lubang hidung yang besar. Tepat di atas moncongnya adalah cula atau tanduk yang meliuk tajam. Sementara itu kuping lebarnya berada di bagian belakang kepala dan nyaris berada di bagian leher atau punuknya. Badannya besar dan berotot. Bahkan, diketahui bahwa badak bercula satu adalah hewan terbesar di pulau Jawa. Bayangkan saja, beratnya bisa mencapai 1,5 ton

Sekujur tubuhnya dilapisi oleh kulit tebal yang bentuknya nyaris tampak seperti baju kesatria yang terbuat dari logam. Warna kulit-nya coklat hampir menyerupai abu pucat, seperti warna batuan gu-nung yang kokoh. Badak yang besar ini disokong oleh keempat kakinya yang kokoh pula. Masing-masing kakinya berkuku tiga. Kukunya tebal dilapisi oleh kulit yang tebal pula untuk menyo-kong badannya yang tinggi besar.

Alangkah luar biasanya binatang langka primadona Indonesia ini. Sudah sepatutnya kita semua turut melestarikan hewan ini dengan cara setidaknya benar-benar me-ngenalnya. Tak kenal maka tak sayang bukan?

Sekian materi Bahasa Indonesia kali ini, semoga kalian sudah memahami tentang teks deskripsi. Terimakasih. 


Posting Komentar untuk "Memahami Struktur Teks Deskripsi"