Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Procedure Text Part 4 (Manual)


Hello students, meet again in English Lesson today,

Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga masih senantiasa semangat dalam kegiatan pembelajaran daring ini ya. Ok untuk materi pada pertemuan ini masih seputar “Procedure Text”. Seperti yang sudah dijelaskan pada pertemuan sebelumnya, bahwa Procedure text atau teks prosedur adalah jenis text yang bertujuan untuk menggambarkan suatu perintah atau instruksi tentang bagaimana sesuatu dicapai sesuai urutan atau langkah-langkah yang benar. Dan biasanya judul procedure text diawali dengan “How to ….“. Contohnya misalnya seperti “How to make a cup of tea” (Cara membuat secangkir tea), “How to Use the Computer” (Cara menggunakan komputer), dan masih banyak lagi contoh lainnya. Untuk penjalasan ini sudah di berikan pada pertemuan sebelumnya ya.

Naah untuk pertemuan sebelumnya materi “Procedure text” yang kita pelajari adalah tentang “Recipe” atau biasa disebut “Resep”. Resep yang dimaksud disini adalah tentang resep cara membuat makanan atau minuman. Yang susunan teks nya adalah terdiri dari :

1. Goal (tujuan)

2. Ingredients (Bahan-bahan)

3. Steps/Ways/ Methods (Langkah-langkahnya).

4. Results (hasil)

Naaah untuk pertemuan kita kali ini materi adalah Procedure text tentang “Manual”. Lalu apa si perbedaan nya dengan “Recipe”? Sebenarnya letak perbedaan adalah pada bagian Bahan-bahan nya. Naah susunan teks nya yaitu:


1. Goal (Tujuan)

2. Material (Bahan-bahan/material)

3. Steps/Ways/ Methods (Langkah-langkahnya)

4. Results (Hasil)

Kalau dalam Procedure Text “Recipe” kita biasanya menggunakan kata “Ingredients” untuk mengungkapkan bahan-bahan yang dipakai. Akan tetapi pada Procedure Text “Manual” kita biasanya menggunakan kata “Materials” untuk mengungkapkan bahan-bahan atau lebih tepatnya adalah "Alat (Tools)".

Ok students, sekarang coba kalian perhatikan contoh dari “Procedure Text” yang jenis “Manual” dibawah ini :


How to Connect a Wireless Mouse

Materials :

1. Wireless Mouse (Mouse Wireless)

2. Set of Personal Computer (Perangkat Komputer)


Steps

1. Plug in your mouse’s receiver to your computer’s USB port. Then, the mouse driver will automatically be installed to detect the wireless mouse. (Pertama, tancapkan receiver mouse ke port USB komputer kamu. Kemudian, driver mouse akan terinstal secara otomatis untuk mendeteksi mouse nirkabelnya)

2. Make sure that your mouse has batteries or is charged. To do this, flip the mouse over and remove the battery compartment cover. (Kedua, pastikan mouse kamu memiliki baterai atau terisi dayanya. Untuk melakukan ini, balikkan mouse dan lepaskan penutup baterainya)

3. Turn on your mouse. Usually the on/off switch is on the back of the mouse. (Ketiga, nyalakan mouse kamu. Biasanya tombol on/off nya ada di bagian belakang mouse)

4. Finally, your wireless mouse is ready to use. (Terakhir, mouse nirkabel kamu siap digunakan.)


Ok akan saya berikan lagi satu contoh Procedure Text “Manual”


How to Start the Computer



Materials :

1 set of Personal Computer (1 set perangkat komputer)


Steps :

1. Make sure all cables are properly and correctly connected. Try to be neat in arranging the cables

2. Start turning on the Stabilizer if you have one

3. Press the power button on the monitor to turn on the monitor

4. Press the power button on the CPU to turn on the computer

5. After all devices have been turned on, wait for the Boot process to finish until the desktop screen displays on the monitor

The computer is ready to operate

Naah itulah penjelasan dan contoh materi tentang “Procedure Text : Manual”. Bila masih ada kesulitan dan pertanyaan, silahkan kalian tanyakan ke Bp/Ibu guru kalian di kelas melalui Group WA kalian ya, Oiyaa jangan lupa untuk dirangkum dan dicatat di buku Tulis kalian ya, sebagai bahan untuk belajar kalian. Terima kasih dan tetap Semangat!!!

Wassalamu’alaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Procedure Text Part 4 (Manual)"