Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Bahasa Inggris Kelas 7 "Family tree"

Assalamu'alaikum wr wb

Hallo anak-anak spensaka, kita jumpa lagi di pembelajaran Bahasa Inggris hari ini. Materi kita masih seputar tentang "Self Introduction". Akan tetapi kita akan belajar sub materi nya. Yaitu tentang "Family Tree" atau in Bahasa adalah "Pohon Keluarga".

Kalian dirumah pasti punya keluarga kan. Didalam keluarga juga ada yang nama nya anggota keluarga. Mulai dari Kakek, Nenek, Ayah, Ibu dan lain sebagainya.

Naah kali ini kita akan membahas materi tentang ini. Sebelum nya silahkan kalian amati gambar dibawah ini ya :


Dari gambar pohon keluarga diatas apa yang bisa kalian pelajari?

Naah jadi pohon keluarga itu terdiri dari anggota keluarga yang kalian miliki atau silsilah yang ada di dalam keluarga kalian.


Jenis-jenis Family Tree

Dalam pohon keluarga terdapat beberapa anggota keluarga mulai dari keluarga inti sampai keluarga besar. Mari lihat penjelasannya anak-anak:

a. Core/nuclear family (keluarga inti)

Jenis keluarga yang pertama adalah core atau nuclear family. Dalam bahasa Indonesia berarti keluarga inti. Core family adalah keluarga inti yang hanya terdiri dari ibu, ayah, dan anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. 

b. Extended family (keluarga besar)

Selain keluarga inti, tentu terdapat keluarga besar. Dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah extended family. 

Keluarga besar adalah keluarga yang terdiri dari anggota keluarga dengan lingkup generasi lebih luas dan lengkap. Biasanya terdiri dari buyut, nenek, kakek, paman, bibi, sepupu, mertua, menantu, dan sebagainya.

Family Members (Anggota Keluarga)

Agar kamu lebih memahami materi ini, yuk simak penjelasan dari masing-masing anggota keluarga.

Grandmother

Dalam istilah bahasa Indonesia, grandmother berarti nenek. Nenek digunakan untuk memanggil sebutan ibu dari orang tua kita. Biasanya bagan nenek terletak di tingkat paling atas.

Grandfather 

Grandfather atau berarti kakek adalah sebutan ayah dari orang tua kita. Kakek adalah suami dari nenek kita. Dalam bagan, biasanya kakek juga menempati tingkat paling tinggi bersama nenek. 

Mom/mother

Mother berarti ibu. Sebuah sebutan untuk ibu kita, yang merupakan istri dari ayah kita. Dalam family tree, ibu terletak di bawah tingkat dari kakek-nenek.

Father

Father atau dad yaitu istilah untuk menyebut ayah kita. Posisi ayah dalam struktur family tree terletak di samping ibu, sebagai suami ibu kita. 

Uncle

Arti dari uncle dalam bahasa Indonesia adalah paman. Sebutan paman digunakan untuk memanggil saudara laki-laki dari orang tua kita. Bisa juga sebagai sebutan suami dari saudara perempuan orang tua kita.

Aunt

Sebutan aunt memiliki arti tante dalam bahasa Indonesia. Kamu pasti memiliki tante dalam silsilah keluarga. 

Tante sebagai panggilan untuk menyebut saudara perempuan dari orang tua kita, atau istri dari saudara laki-laki orang tua. Ia juga ibu dari sepupu dan saudara ipar ibu.

Brother

Sebutan untuk saudara laki-laki dalam bahasa Inggris adalah brother. Untuk penyebutan pada kakak dan adik laki-laki yang lebih tua atau muda juga berbeda, contohnya:

Younger brother = adik laki-laki yang lebih muda

Older brother = akak laki-laki yang lebih tua

Youngest brother = Adik laki-laki terakhir

Oldest brother = Kakak laki-laki tertua

Sister 

Sister sama seperti dengan brother, hanya saja perbedaannya terletak pada jenis kelamin. Sister atau saudara perempuan merupakan sebutan untuk kakak atau adik perempuan. Untuk penyebutan pada kakak dan adik yang lebih tua atau muda juga berbeda, contohnya:

Younger sister = Adik perempuan yang lebih muda

Older sister = Kakak perempuan yang lebih tua

Youngest sister = Adik perempuan terakhir

Oldest sister = Kakak perempuan tertua

Cousin

Cousin memiliki arti sepupu. Cousin digunakan untuk menyebut anak dari paman dan bibi kita. baik laki-laki maupun perempuan. Sepupu laki-laki dipanggil male cousin, sedangkan sepupu perempuan disebut female cousin.

Sister-in-law dan Brother-in-law

Istilah in-law digunakan untuk membubuhkan dalam menyebut adik dan kakak ipar. Contohnya yaitu:

Sister-in-law = adik ipar perempuan

Brother-in-law = adik ipar laki-laki

Niece dan Nephew

Niece 

Kata niece memiliki arti keponakan perempuan. Sebutan ini digunakan untuk menyebut anak perempuan dari kakak atau adik kita.

Nephew

Sedangkan untuk penyebutan anak laki-laki dari kakak atau adik kita adalah nephew. Dalam bahasa Indonesia nephew berarti keponakan laki-laki.


Naaah itulah materi kita tentang "Family tree" pada pertemuan kali ini. Apabila masih ada yang kurang paham atau bingung, silahkan kalian tanyakan ke guru kalian.


Lalu untuk tugas kali ini, silahkan kalian tuliskan dalam buku tulis kalian, anggota keluarga yang kalian miliki!!!!


Demikian, Materi yang bisa saya berikan pada pertemua kali ini. Dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb

Posting Komentar untuk "Materi Bahasa Inggris Kelas 7 "Family tree""