Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Sarana dan Prasarana dalam Interaksi Antarruang

Sarana adalah alat yang dapat digunakan untuk melancarkan atau memudahkan manusia dalam mencapai tujuan tertentu. Sarana dapat berbentuk benda bergerak dan tidak bergerak dan umumnya berbentuk kecil dan bisa dipindah­-pindah. Sedangkan prasarana adalah penunjang dan umumnya merupakan fasilitas yang tidak bergerak, misalnya gedung sekolah, lapangan, jembatan, jalan, Pelabuhan, dan masih banyak lagi contoh lainnya. 

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah me­rambah berbagai macam bidang kehidupan termasuk bekerjasama dengan bidang yang sebelumnya tidak berhubungan yaitu teknologi informasi dengan transportasi dan penjualan, kemudian kita me­ngenal ojek online dan belanja online.

Perkembangan Sarana dan Prasarana, ruang di permukaan bumi memiliki karakteristik baik bentuk, fungsi, dan kondisi fisik yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut menciptakan hubungan saling membutuhkan sehingga terjadi interaksi antarruang. Terjadinya pergerakan orang, barang, dan informasi memerlukan sarana dan prasarana.

Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akan menimbulkan pemusatan aktivitas manusia pada lokasi tujuan.

Pusat-pusat Pertumbuhan

Pusat pertumbuhan merupakan wilayah atau kawasan yang pertumbuhannya pesat, Sehingga dijadikan pusat pembangunan yang dipengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya. Dengan adanya kawasan yang dijadikan sebagai pusat pertumbuhan, diharapkan kawasan- kawasan di sekitarnya ikut maju. Wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan dapat mendorong wilayah lain yang berada di daerah sekitarnya.

Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah akan meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah itu. Selain itu wilayah pusat pertumbuhan cenderung memiliki penduduk yang semakin padat yang akan menarik banyak tenaga kerja. Ada be­berapa faktor yang bisa mempengaruhi perkembangan dalam wilayah pusat pertumbuhan, antara lain: Lokasi, Sumber daya alam, Sumber daya manusia,Topografi/ bentuk Fasilitas penunjang, Industri, Sosial budaya masyarakat.

Pemusatan aktivitas penduduk tersebut kemudian membentuk daerah perkotaan. Pusat pertumbuhan merupakan wilayah atau kawasan yang pertumbuhannya pesat, Sehingga dijadikan pusat pembangunan yang dipengaruhi kawasan-kawasan lain di sekitarnya. Pusat pertumbuhan yang muncul di suatu wilayah akan meningkatkan kegiatan perekonomian di wilayah itu. Selain itu wilayah pusat pertumbuhan cenderung memiliki penduduk yang semakin padat yang akan menarik banyak tenaga kerja.

Sumber:

https://buguruku.com/perkembangan-sarana-dan-prasarana-dalam-interaksi-antarruang/

https://tambahpinter.com/teori-pusat-pertumbuhan-dan-pengembangan-wilayah/


Posting Komentar untuk "Perkembangan Sarana dan Prasarana dalam Interaksi Antarruang"