Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Interaksi Antarruang dan Perubahan Budaya

Adanya pergerakan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya akan disertai dengan interaksi sosial. Terjadinya interaksi antar anggota masyarakat tersebut akan disertai pula dengan saling pengaruh, terkait dengan norma dan nilai yang dianut oleh masing­ masing individu atau kelompok masyarakat. 

Contoh Ananda pergi suatu tempat dengan menggunakan jasa ojek online, dengan fa­silitas yang ada, Ananda sudah mengetahui berapa ongkos yang harus dibayar, rute jalan yang dilalui, jarak tempuh, sampai waktu tempuh tanpa harus banyak bertanya kepada pengemudi. Perubahan sosial dan budaya pada saat ini tidak lagi hanya ka­rena adanya pergerakan penduduk, tetapi juga karena adanya alir­an informasi dari satu daerah ke daerah lain bahkan antar negara dan benua, sebagai perkembangan teknologi komunikasi yang begitu  pesat. 

Informasi sekarang dalam genggaman. Dengan adanya internet, seseorang dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi da­lam hitungan menit. Kemajuan tersebut sangat berpengaruh pada bidang sosial dan budaya. 

Contohnya anak­-anak kini bermain tidak bersama teman tetapi cukup dengan handphone sudah dapat ber­main dari aplikasi yang ada di alat tersebut. 

Dengan demikian dapat disimpulkan pengaruh interaksi antar­ ruang dalam bidang sosial dan budaya, antara lain;

1. Adanya pergerakan atau mobilitas penduduk terutama dari desa ke kota.

2. Terjadinya perkawinan antar suku yang dengan sendirinya membawa budaya yang berbeda.

3. Meningkatkan wawasan penduduk desa atu kota akibat in­teraksi antarruang.

4. Terjadi perubahan perilaku atau gaya hidup akibat interaksi antarruang.


Posting Komentar untuk "Interaksi Antarruang dan Perubahan Budaya "