Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

Kegiatan  ekonomi  adalah  kegiatan  yang  dilakukan  manusia  untuk  memenuhi kebutuhan  hidupnya.  Kegiatan  ekonomi  memunculkan  kesibukan  dalam kehidupan manusia seperti kesibukan melakukan aktivitas bekerja, memproduksi dan  mengkonsumsi  barang  dan  jasa,  mendistribusikan  barang  dan  jasa  kepada konsumen  yang  membutuhkan  dan  lain  lain.

Para  penjual  dan  pembeli  sibuk  melakukan  transaksi  jual  beli  karena memiliki alasan mendasar yaitu untuk  mencukupi kebutuhan hidup  mereka.  Dalam ilmu ekonomi, segala kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup disebut dengan tindakan ekonomi atau perbuatan ekonomi. 



Semua tindakan manusia didorong oleh kekuatan yang disebut dengan motif. Motif yang  menggerakkan  tindakan  manusia  ada  ada  dua  yaitu  motif  intrinsik  yaitu dorongan  yang berasal dari dalam diri sendiri dan motif  ekstrinsik karena pengaruh dari  luar  diri  manusia.  Kedua  motif  tersebut  mempengaruhi  tindakan  ekonomi yang  dilakukan  manusia  yaitu  kegiatan  ekonomi  yang  didorong  oleh keinginan  diri  sendiri  (motif  intrinsik) semisal  Ananda  membeli  baju  karena benar-benar anda sukai dan inginkan; ada juga tindakan ekonomi karena motif dari luar  (motif  ekstrinsik)  yaitu  agar  mendapatkan  pujian,  penghargaan  atau menghindari  hukuman  orang  lain,   semisal  Ananda  membeli  baju  bukan  karena keinginan  diri  tetapi  karena  ingin  setara,   agar  diterima  dan  dihargai  oleh  teman sebaya Ananda.

Berdasarkan  motif  intrinsik  dan  ekstrinsik  yang  dialami  manusia,  terdapat  empat jenis Motif ekonomi dalam semua tindakan ekonomi manusia yaitu:

Motif  memenuhi  kebutuhan.  Motif  ekonomi  ini  bertujuan  untuk  memenuhi kebutuhan  hidup  manusia  dan  keinginan  mencapai  kemakmuran.  Contohnya bekerja menjadi pedagang, karyawan, wirausaha, buruh.

Motif  berbuat  sosial.  Motif  ekonomi  ini  mendorong  untuk  berbuat  kebaikan, mencari teman atau memenuhi kebutuhan sosial manusia.  Contohnya berbagi rezeki  ke  Panti  Asuhan/  Panti  Jompo  atau  bersedekah  kepada  sesama  yang membutuhkan. 

Motif mendapatkan penghargaan. Motif ekonomi ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan  pujian,  penghargaan  dan  status  sosial  yang  lebih  tinggi. Dilakukan  dengan  usaha  yang  rajin.  Contohnya  menjadi  juara  kelas, memenangkan lomba, menjadi ketua OSIS.

Motif  memperoleh  kekuasaan.  Motif  ekonomi  karena  dorongan  untuk memperoleh  kekuasaan  atau  kemampuan  mengatur  orang  lain.  Dilakukan diberbagai bidang usaha dalam perekonomian. Contohnya bersekolah, bekerja keras untuk dapat memperoleh jabatan pekerjaan yang lebih tinggi, melakukan kampanye politik untuk menjadi Lurah di sebuah Desa. 

Suatu  kegiatan  ekonomi  didasari  oleh  adanya  prinsip  ekonomi  atau  hal  yang menjadi  dasar  atau  pedoman  bagi  manusia  untuk  berpikir  atau  bertindak  secara ekonomi.  Secara  umum  prinsip  ekonomi  manusia  adalah  melakukan  kegiatan ekonomi yang efisien dan efektif. Efisien dalam menggunakan sumber daya, waktu dan tenaga yang ada tetapi efektif untuk mencapai tujuan ekonomi yang diinginkan. 

Prinsip ekonomi ini tertuang dalam beberapa tindakan yaitu: 

Berupaya untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan dengan pengorbanan yang seminimal mungkin.

Berupaya  menyesuaikan  jumlah  pengorbanan  yang  dikeluarkan  dengan  hasil yang ingin didapatkan.

Berupaya  memaksimalkan  alat  yang  tersedia  untuk  memperoleh  hasil  yang maksimal. 

Prinsip  ekonomi  dilakukan  dan  terjadi  dalam  tiga  macam  aktivitas  ekonomi manusia  yaitu  aktivitas  produksi,  distribusi  dan  konsumsi.  Berikut  ini  adalah penerapan prinsip ekonomi dalam tiga aktivitas tersebut. 

A.  Prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi

  1. Menggunakan  bahan  baku/mentah  dengan  kualitas  baik  agar  menghasilkan barang berkualitas.
  2. Mendirikan  tempat  usaha  dekat  sumber  bahan  baku  untuk  menekan  biaya produksi serendah mungkin.
  3. Menggunakan  tenaga  kerja  dengan  upah  murah  agar  mendapatkan  keuntungan maksimal.
  4. Menghasilkan barang yang diminati konsumen.

B.  Prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi

  1. Menyalurkan barang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat tempat.
  2. Menempatkan  lokasi  usaha  di antara  produsen  sebagai  penghasil  produk  dan konsumen selaku pembeli produk.
  3. Menggunakan sarana distribusi yang murah 
  4. Memberikan  pelayanan  yang  baik  dan  menyalurkan  barang  dan  jasa  pada konsumen tepat waktu
  5. Memeratakan hasil produksi ke daerah-daerah yang memerlukan.
  6. Membuat harga barang stabil atau tidak mengalami gejolak.

C.  Prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi

  1. Membeli barang dengan teliti memilih dan memeriksa terlebih dahulu.
  2. Memilih barang yang kualitas paling baik demi kepuasan maksimal 
  3. Membeli barang sesuai dengan yang direncanakan.
  4. Membuat skala prioritas kebutuhan. 
  5. Mendapatkan barang yang bermutu dengan harga murah.


 

Posting Komentar untuk "Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi"