Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan bagian 1

 

KERJASAMA DALAM BERBAGAI BIDANG KEHIDUPAN

 

A.      Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Sejarah mencatat bahwa perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan merupakan hasil Kerjasama rakyat yang berjuang mengusir penjajah dari bumi nusantara. Bangsa Indonesia meyakini bahwa kemerdekaan yang diraih merupakan atas berkhat rahmat Alloh Yang Maha Kuasa dan hasil Kerjasama rakyat tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama dan Bahasa daerah.kerjasama dalam mengusir penjajah dalam meraih kemerdekaan bangsa merupakan bukti kemampuan bangsa Indonesia mengatasi perbedaan perbedaan yang ada.

                Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, diawali dengan kesadaran nasional akan persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan adalah perserikatan, ikatan atau gabungan beberapa bagian yang sudah Bersatu. Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah belah . persatuan mmengandung makna kerikatnya beberapa bagian menjadi satu kesatuan, sedangkan kesatuan berarti keadaan yang merupakan satu keutuhan.

                Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut maupun mempertahankan kemerdekaan. Semangat Kerjasama para pejuang bangsa merebut dan mempertahankan kemerdekaan harus mendorong setiap warga negara untuk mengisi kemerdekaan dengan melakukan Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan untuk melaksanakan pembangunan nasional.

                Tujuan nasional yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945 alinea ke 4, yaitu:

1.       Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia

2.       Memajukan kesejahteraan umum

3.       Mencerdaskan kehidupan bangsa

4.       Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan social

 

Kerjasama merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan Bersama. Semangat Kerjasama dalam kehidupan dimasyarakat terwujud dalam kegiatan gotong royong yang sesuai dengan kehidupan budaya daerah. Contoh kegiatan gotong royong yang dilandasi semangat Kerjasama misalnya manunggal sakato di daerah Sumatera Barat, Sikaroban di daerah Palembang, Gugur Gunung di daerah Jawa, Mapalus di Minahasa dan subak di daerah Bali.

 

1.       Kerjasama dalam bidang kehidupan social politik

Landasan kehidupan social politik masyarakat Indonesia adalah sila ke 4 Pancasila.

Pangkal tolak pelaksanaan kehidupan social politik bangsa Indonesia adalah gotong royong yang tercermin dalam proses pengambilan keputusan dilembaga Lembaga negara dan organisasi kemasyarakatan dengan cara musyawarah untuk mufakat.

2.       Kerjasama dalam bidang kehidupan Ekonomi

Dalam kehidupan ekonomi Kerjasama digambarkan pada pasal 23 A UUD NRI Tahun 1945 berbunyi “ Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan UU”. Pajak digunakan oleh negara untuk membiayai pembangunan nasional. Dengan demikian pembangunan nasional untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dibiayai oleh pajak. Setiap wajib pajak secara bergotong royong membiayai pembangunan nasional melalui pajak yang dibyarkannya.

Kemudian pada pasal 33 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 menyatakan “ perekonomian disusun sebagai usaha Bersama berdasarkan asas kekeluargaan”. Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip Kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan Bersama secara adil.

Wujud badan usaha yang diharapkan dalam pasal ini adalah koperasi. Gotong royong dan kekeluargaan adalah salah satu asas koperasi.

3.       Kerjasama dalam bidang kehidupan pertahanan dan keamanan

Pasal 30 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 “ Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.

Pasal 27 ayat (3) UUD NRI Tahun 1945 “ Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Setiap warga negara harus melakukan Kerjasama untuk mewujudkan Kerjasama keamanan dan pertahanan negara, yang merupakan contoh bela negara. Bela negara adalah sikap mental yang dimiliki seseorang untuk ikut serta dalam usaha melindungi dan mempertahankan keberagaman bangsa dan negara.

Kesadaran bela negara mengembangkan nilai kenegaraan yang diperuntukkan pada pembangunan Sistem Pertahanan Negara yang terdiri dari 5 nilai dasar bela negara yaitu:

a.       Cinta tanah air

b.       Kesadaran berbangsa dan bernegara

c.       Keyakinan Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara

d.       Rela berkorban untuk bangsa dan negara

e.       Memiliki kemampuan awal bela negara baik fisik dan non fisik

Terwujudnya keamanan dan pertahanan negara menjadi tanggung jawab seluruh komponen negara. Dalam SISHANKAMRATA rakyat sebagai komponen pendukung dan TNI POLRI sebagai komponen utama.

4.       Kerjasama antar umat beragama

Pasal 29 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945  “ Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu”.

Kerjasama antar umat beragama ditandai dengan adanya sikap-sikap

a.       Saling menghormati antar umat seagama dan antar umat beragama

b.       Saling menghormati Lembaga keagamaan yang seagama dan beda agama

c.       Saling menghormati hak dan kewajiban umat beragama

 

Dalam mengembangkan sikap Kerjasama di berbagai bidang kehidupan masyarakat, setiap warga negara harus menghindari sikap-sikap tidak terpuji seperti:

a.       Sikap fanatic sempit yaitu sifat yang merasa diri sendiri paling benar

b.       Sikap individualis yaitu sifat yang lebih mendahulukan kepentingan sendiri

c.       Sikap eksklusivisme yaitu sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan social di masyarakat

d.       Sikap primordialisme yaitu perasaan kesukuan yang berlebihan

B.      Arti Penting Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekuatan untuk mencapai tujuan nasional.

Arti penting Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara akan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

                Selain memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, arti penting Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan di negara Indonesia bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara diantaranya sebagai berikut:

1.       Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa

2.       Mempererat persaudaraan dan kebersamaan

3.       Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan

4.       Menjadikan pekerjaan yang berat menjadi ringan dan cepat diselesaikan

5.       Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja


Posting Komentar untuk "Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan bagian 1"