Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lapisan Bumi



Assalamualaikum w.w.

Selamat pagi anak-anak saleh salehah, apa kabar? Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari "Lapisan Bumi". Sebelum memulai pembelajaran jangan lupa kalian berdoa dulu ya..

Selamat mempelajari materi ini.



Bumi merupakan satu-satunya planet yang mampu menunjang kehidupan karena mampu menyediakan air, udara, dan tanah, serta bahan tambang di dalamnya.



Lapisan-Lapisan Bumi




Bumi tersusun atas lapisan-lapisan: Atmosfer, mantel bumi, inti luar, dan inti dalam.


Secara umum bumi terdiri atas tiga komponen utama:

Komponen gas yang disebut atmosfer

Komponen padatan yang disebut litosfer

Komponen air yang disebut hidrosfer


Atmosfer



Atmosfer adalah lapisan uap yang menyelimuti bumi.

Atmosfer bumi terdiri atas campuran dari gas, serta sedikit cairan (awan) dan padatan (debu) yang menyelimuti bumi mulai dari permukaan bumi hingga luar angkasa.

Terdapat lima lapisan atmosfer dari bawah ke atas:



  1. Troposfer

Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang berada di bagian paling bawah. ketinggian 0 - 10 km di atas permukaan air laut (dpl). Terdiri dari uap air dan 75% gas-gas atmosfer. Tempat berlangsungnya sistem bumi, seperti hujan. angin, salju, awan.


  1. Stratosfer





Ketinggian 10 - 50 km dpl. sebagian besar terdiri atas gas ozon atau O3. Jalur tempat pesawat terbang. Sedikit awan, tidak ada aktivitas cuaca, tidak mengganggu penerbangan. 


  1. Mesosfer

Ketinggian 50 - 85 km dpl. Pelindung bumi dari benda-benda luar angkasa.





  1. Termosfer

Ketinggian 85 - 500 km dpl. Suhunya sangat panas mencapai 1982 derajat celcius. Tempat meletakkan teleskop, misal teleskop hubble. Pada Mesosfer dan Termosfer terdapat lapisan ionosfer sebagai pemantul gelombang radio.


  1. Eksosfer

Ketinggian lebih dari 500 km dpl. Kandungan utama eksosfer adalah gas hidrogen. Tempat meletakkan satelit buatan yang mengitari bumi.



Tekanan Udara


Tekanan Udara adalah gaya berat yang diberikan udara pada suatu daerah.


Gravitasi bumi menghasilkan gaya tarik molekul gas. yang mengarah ke permukaan bumi sehingga berat molekul suatu gas akan menekan udara di bawahnya. Tekanan udara akan menurun seiring bertambahnya ketinggian. Perbedaan tekanan udara menyebabkan bergeraknya udara (angin). Alat ukur tekanan udara dinamakan barometer.


Suhu di Atmosfer

Suhu di tiap lapisan atmosfer berbeda karena perbedaan kekuatan penyerapan panas oleh molekul gas di lapisan atmosfer.


Lapisan Ozon





Lapisan ozon terdapat pada stratosfer pada ketinggian 18 - 54 km dpl. Tersusun atas oksigen sebagai bahan dasar. Ozon berfungsi menyerap sebagian besar radiasi ultraviolet yang ada di atmosfer. Konsentrasi ozon di atmosfer berubah-ubah setiap waktu. Konsentrasi ozon salah satunya dipengaruhi gas CFC dari kulkas, AC, parfum.

CFC terdiri atas atom C (Carbon), F (Fluor), dan Cl (Clorin). Kandungan Clorin dapat memecah molekul ozon.


Litosfer


Litosfer adalah lapisan batuan yang ada di bumi. Dalam pengertian luas, litosfer diartikan juga sebagai seluruh bagian padat bumi yang terdiri atas kerak bumi, mantel bumi, dan inti bumi.


Teori Tektonik Lempeng





Bagian luar bumi tersusun atas litosfer yang dingin dan kaku (lempeng) dan astenosfer yang bersifat plastis yang berada di bawah lempeng sehingga lempeng seolah-olah mengapung dan bergerak di atas astenosfer.

Ketika lempeng bergerak, akan terjadi interaksi/gerakan antar lempeng. Lempeng yang saling menjauh (divergen) membentuk patahan/ retakan. Lempeng yang saling mendekat (konvergen)/ bertabrakan akan membentuk palung laut dan pegunungan. Ketika lempeng bergerak akan melepaskan energi berupa gelombang/gempa dan aktivitas gunung merapi.


Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran yang merambat dengan membawa energi akibat pergerakan lempeng bumi.

Titik pusat gempa di kedalaman bumi disebut hiposentrum. Permukaan bumi di atas hiposentrum disebut episentrum.


Tsunami

Tsunami adalah gelombang air laut yang besar dan kuat akibat gempa di dasar laut. Gempa laut terjadi akibat gerakan lempeng yang mendorong air laut ke atas. Gelombang air laut dapat mengalir ratusan kilometer ke segala arah dari episentrum.


Gunung Berapi

Indonesia memiliki sekitar 150 gunung berapi baik yang aktif maupun yang dorman/tidur.

Erupsi merupakan keluarnya magma dan material lainnya dari dalam bumi oleh letusan gunung berapi.


Hidrosfer

Hidrosfer merupakan lapisan air yang menyelimuti bumi, meliputi laut, samudra, danau, sungai, air tanah, dan uap air yang ada di udara.


Air yang ada di bumi memiliki sebuah siklus hidrologi atau siklus air.





Tahapan siklus air:

  1. Penguapan/ evaporasi

Proses penguapan air dari berbagai sumber air yang ada di bumi.

  1. Kondensasi/ pengembunan

Uap air yang berasal dari proses evaporasi dan transpirasi akan berubah menjadi awan.

  1. Presipitasi/ hujan

Proses saar titik-titik air dari awan jatuh ke bumi.

  1. Infiltrasi/ penyerapan

Air hujan yang turun akan jatuh ke bumi dan mengalir ke sungai, danau, laut hingga  samudra, juga diserap oleh tumbuhan.





Alhamdulillah kita sudah mempelajari materi kali ini, jangan lupa kalian membuat rangkuman materi ini di buku tulis kalian ya... sampai jumpa di materi berikutnya.

 

Jangan lupa pula tetap patuhi protokol kesehatan covid-19. Semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan perlindungan dari Allah Swt.

 

Wassalamualaikum w.w.



Posting Komentar untuk "Lapisan Bumi"