Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Kelas 7. Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bag 2

 

“Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan”

Bagian 2

 

 

 

C.      Mewujudkan Kerjasama dalam Berbagai Lingkungan Kehidupan

 

1. Kerjasama dalam Kehidupan Sekolah

Disekolah kerjasama dilaksanakan didasarkan rasa saling membantu dan saling menyayangi. Mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staf, komite sekolah, dan tentu saja peserta didik saling membantu dan saling menyayangi.

Terkait dengan cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah, dapat dilaksanakan, dengan cara sebagai berikut.

a.        Tentukan dan raih tujuan bersama.

  1. Berpartisipasi secara aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah.
  2. Laksanakan aturan sekolah. Peraturan sekolah apabila ditaati akan membentuk sekolah tersebut menjadi sekolah yang tertib. 
  3. Selalu bekerjasama. Jangan memandang rendah peserta didik lain sehingga dia tidak pernah diajak kerja sama. Mungkin saja peserta didik yang pendiam memiliki banyak ide dan gagasan.
  4. Tidak membuat masalah
  5. Saling percaya
  6. Saling menghargai dan memberikan penghargaan

2. Kerjasama dalam Kehidupan Masyarakat

Bentuk-bentuk hubungan kerja sama dalam lingkungan masyarakat, yaitu diantaranya peserta didik ikut serta dalam kegiatan masyarakat, misal- nya dalam kegiatan kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi, dan sebagainya.

Sekolah secara khusus juga dapat melakukan kerjasama dengan masya- rakat misalnya dalam bentuk adanya program baksos (bakti sosial) untuk masyarakat yang kurang mampu ataupun yang terkena musibah/ bencana, kegiatan bazar sekolah dengan memamerkan hasil karya peserta didik, termasuk pementasan karya tulis, karya seni dan karya keterampilan pada saat HUT RI dengan melibatkan masyarakat.

 

 3. Kerjasama dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Mewujudkan kerjasama antarsesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

a.        Warga negara bekerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan nasional dengan membayar pajak. 

  1. Menyelenggarakan peringatan hari besar keagamaan dan hari besar nasional yang diatur oleh pemerintah 
  2. Berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan program-program dari pemerintah.

Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara walaupunberbeda suku bangsa, adat istiadat, agama, dan Bahasa daerah merupakan salah satu pencerminan kepribadian luhur bangsa Indonesia.


Posting Komentar untuk "Materi Kelas 7. Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bag 2"