Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PAI KELAS 7 PERTEMUAN I : MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN ALLAH SWT YANG INDAH NAMANYA


Assalamu’alaikum…..
Apa kabar ?
Semoga semuanya dalam keadaan baik ya, jangan lupa berdoa sebelum melakukan kegiatan dan selalu jaga kesehatan dan kebersihan, karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Sudah siap untuk belajar hari ini? Pasti siap dong....
Yuk semangat belajar, ambil posisi belajar yang paling nyaman untuk kalian hehe

Bu guru ingin bertanya nih, pernahkah kamu merasa sangat dekat dengan Allah sehingga perasaan kamu menjadi sangat tenang? Atau pernahkah kamu merasa sangat jauh dari Allah sehingga selalu merasa gelisah? Pasti pernah kan?

Ketika kita lebih dekat dengan Allah, maka kita bisa berdoa memohon apapun kepada Allah karena kasih sayangNya tak terbatas kepada hambaNya.

Agar Allah mengabulkan semua permohonan kita, maka kita harus yakin dulu akan keberadaanNya. Sebaliknya ketika kita tidak yakin dengan Allah maka doa kita itu akan sia-sia.
Keyakinan kita kepada Allah itulah yang disebut dengan Iman.

Lalu apakah Iman itu?

Secara harfiah iman berarti percaya, sedangkan menurut istilah, iman berarti percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan.
Iman kepada Allah Swt. merupakan pokok dari seluruh iman yang tergabung dalam rukun iman. Dengan demikian, keimanan kepada Allah Swt. harus tertanam dengan benar dalam diri seseorang.

Lalu, bagaimanakah cara kita beriman?
Cara beriman kepada Allah adalah selain meyakini dalam hati juga disertai diucapkan dengan lisan dan dibuktikan dengan amal perbuatan. Dengan demikian seseorang dianggap mukmin yang sempurna apabila telah memenuhi ketiga unsur keimanan tersebut. Ketiga unsur tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. 
Allah Swt. berfirman:
Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (Q.S. An-Nisa [4] : 136).

Tahukah kamu ?
Keimanan seseorang bisa bertambah, bisa berkurang, bisa tebal dan bisa tipis. Nah, salah satu cara agar keimanan kita bertambah dapat dilakukan dengan memahami nama-nama baik dan indah Allah atau biasa kita dengar dengan sebutan al-asma al-husna Allah.

Apa itu al-Asma’ al-Husna?

Al-Asma’u al-Husna artinya nama-nama Allah Swt. yang baik. Asmaul  Husna terdiri dari dari dua kata yaitu Asma’ dan Al Husna. Asma’ adalah jamak sedangkan kata tunggalnya adalah ismun yang artinya nama. Al husna artinya indah atau bagus. Dengan demikian maka Asma’ul Husna adalah nama-nama yang indah yang dimiliki oleh Allah sebagai bukti keagungan dan kekuasaan-Nya.

Allah Swt. mengenalkan  dirinya dengan nama-nama-Nya yang baik, sesuai dengan firman-Nya:
Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. Al-A’raf [6] : 180)

Sesunguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu, siapa yang menjaganya maka dia masuk surga.” (HR. Bukhari, no.2736, Muslim, no.2677 dan Ahmad, no.7493).

Pada bab ini kita akan mempelajari hanya empat al-Asma al-Husna, yaitu al-Alim, al-Khabir, as-Sami’ dan al-Bashir.

1. Al-‘Alim
Al-‘Alim artinya Allah Swt. Maha Mengetahui.
Allah Swt. Maha Mengetahui segala sesuatu yang tampak maupun yang gaib. Allah Swt. Maha Mengetahui setiap niat, gerak, dan ucapan makhluk-Nya. Allah Swt. Maha Mengetahui segala peristiwa yang telah, sedang, dan akan terjadi. Ilmu dan pengetahuan Allah Swt. tidak ada batasnya.
Perhatikan firman Allah Swt. berikut!
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang gaib; tidak ada yang mengetahuinya
kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada
sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh
sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering,
melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).” (Q.S. Al-An’am [6]: 59)

Ilmu Allah sangatlah luas, bahkan seandainya lautan menjadi tinta untuk menulis kalimat-kalimat Allah habislah airnya sebelum habis kalimat-kalimat Allah. Maka penting bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari ilmu-ilmu Allah.

2. Al-Khabir
Al-Khabir artinya Allah Swt. Maha Teliti. Allah SWT menciptakan berjuta-juta makhluk dengan fungsinya masing-masing sesuai iradat-Nya. Allah Swt. mengetahui  secara detail apa yang dikerjakan oleh makhluk-Nya. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan, sedang Allah belum mengetahui (dalam kenyataan) orang-orang yang berjihad di antar kamu dan tidak mengambil menjadi teman yang setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman.
Dan Allah Mahateliti apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. At-Taubah [9]: 16)

3. As-Sami’
As-Sami’ artinya Allah Swt. Maha Mendengar. Allah Swt. Maha Mendengar semua hal yang terucap, terlintas dalam pikiran dan akal, dan apa yang dirasakan dalam hati setiap makhluk Nya.
Allah Swt. Maha Mendengar seluruh suara yang lahir dan batin, yang tersembunyi dan yang jelas.
Allah Swt. juga Maha Mendengar hamba-Nya yang memuji-Nya dan Dia membalasnya dengan memberikan pahala. Allah Swt. Maha Mendengar doa hamba-Nya dan menjawabnya dengan mengabulkannya. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!
Di sanalah Zakaria berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (Q.S. Ali-Imran [3]: 38)

4. Al-Bashir
Al-Bashir artinya Allah Swt. Maha Melihat. Allah Swt. Maha Melihat apapun yang dikerjakan oleh makhluk-Nya meskipun berada dalam tempat gelap. Allah Swt. Maha Melihat segala sesuatu yang ada di langit maupun di bumi. Perhatikan firman Allah Swt. berikut!
Artinya: “Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang gaib di langit dan bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Hujurat [49]: 18)

Apakah kamu sudah paham dengan penjelasan di atas?
Apakah ada pertanyaa? 
Yuk kita disksi di group Pendidikan Agama Islam.
Ajukan semua pertanyaanmu yaa..

Selamat belajar.....! 😊

Posting Komentar untuk "PAI KELAS 7 PERTEMUAN I : MENGENAL LEBIH DEKAT DENGAN ALLAH SWT YANG INDAH NAMANYA"