Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benua Amerika

Ulasan lengkap : Perbedaan Pemilu Presiden Indonesia dengan ...

Letak dan Luas Benua Amerika
Secara astronomis, Benua Amerika terletak di antara 80°30’LU-55°LS dan 35°BB-66°BB. Dengan memperhatikan letak astronomisnya dapat disimpulkan bahwa semua wilayah Benua Amerika berada di belahan bumi bagian barat. Benua Amerika memiliki batas-batas wilayah, sebagai berikut.
a.  Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
b.  Sebelah selatan berbatasan dengan Benua Antartika.
c.  Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.
d.  Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.
Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Benua Asia dengan luas wilayah ±37.012.713 km². Kawasan Benua Amerika membentang dari belahan bumi utara sampai belahan bumi selatan.

a. Pembagian wilayah Benua Amerika Berdasarkan luasnya, Benua Amerika menduduki urutan kedua setelah Benua Asia. Benua Amerika terbagi dari tiga region/wilayah/kawasan, yaitu kawasan Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.
1)  Amerika Utara
Amerika Utara berbatasan dengan Lautan Arktik di sebelah utara, di sebelah timur dengan Samudra Atlantik Utara, di sebelah selatan dengan Laut Karibia, dan di sebelah barat dengan Samudra Pasifik Utara. Amerika Utara, meliputi wilayah sebesar 24.500.000 km² atau sekitar 4,8% dari permukaan bumi. Wilayahnya membentang dari Alaska di bagian utara sampai perbatasan dengan Meksiko di bagian selatan. Secara garis besar Amerika Utara keadaan alamnya dibagi tiga, yaitu sebagai berikut.
 
Amerika Utara

Bagian barat, sebagian besar berupa pegunungan kompleks, yaitu rangkaian Pegunungan Rocky yang terdiri atas Pegunungan Cascade, Pegunungan Sierra Madre Barat, dan Sierra Madre Nevada. Di kompleks Pegunungan Rocky terdapat daerah yang kering, yaitu Great Basin. Selain itu juga terdapat ngarai yang sangat luas dan terbesar di dunia, yaitu Grand Canyon yang terbentuk oleh aliran Sungai Colorado.
Bagian tengah, keadaan alam Amerika Utara bagian tengah letaknya berada di sebelah timur kompleks Pegunungan Rocky, merupakan dataran rendah yang sangat luas dan subur. Di bagian ini banyak dijumpai sungai-sungai besar, antara lain Sungai Mississippi, Sungai Missouri, Sungai Arkansas, Sungai Colorado, dan Sungai Rio Grande yang menjadi batas utara Meksiko dengan Amerika Serikat.
Bagian timur, keadaan alam di bagian ini didominasi oleh dua kenampakan alam yang utama, yaitu Pegunungan Allaghary dan Pegunungan Appalachia, serta Dataran Rendah Great Lakes St. Lawrence.


2)  Amerika Tengah
Amerika Tengah merupakan kawasan di Amerika Utara bagian selatan, mencakup wilayah di sebelah selatan Teluk Meksiko hingga perbatasan antara Panama dan Kolombia. Kawasan ini meliputi negara-negara di antara Meksiko dan Kolombia. Dilihat dari segi  geografis,  Amerika  Tengah  juga  dapat digolongkan sebagai sebuah tanah genting besar, meliputi beberapa negara bagian Meksiko yang terletak di sebelah timur Tanah Genting Tehuantepec.
Keadaan alam Amerika Tengah secara geologi sangat rumit dan tidak teratur. Di wilayah ini didominasi oleh plato dan pegunungan. Plato yang terkenal adalah Plato Meksiko dengan rata-rata ketinggian 2.500 m. Di bagian selatan wilayah ini terdapat Tanah Genting Panama dan Tanah Genting Tehuantepec. Pada Tanah Genting Panama dibuat terusan yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik. Berikut negara-negara yang terletak di kawasan Amerika Tengah.

Amerika Tengah

 
3) Amerika Selatan
Amerika Selatan terletak di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang tersambung dengan Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Amerika Selatan dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian besar dataran benua tersebut berada di belahan bumi selatan. Bagian barat Amerika Selatan terdiri dari barisan pegunungan Andes dari utara hingga ke selatan, sedangkan bagian timur, merupakan dataran rendah sebagian besar merupakan basin Sungai Amazon, dengan hutan tropis yang lebat.
Keadaan alam di wilayah ini dapat dibagi menjadi tiga, yaitu pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah. Rangkaian pegunungannya adalah Pegunungan Andes yang membentang dari utara hingga ke selatan dengan puncak tertingginya Gunung Aconcagua (6.959 m), dan merupakan puncak tertinggi di Benua Amerika. Dataran tinggi utama di kawasan Amerika Selatan adalah Dataran tinggi Guyana, Dataran Tinggi Patagonia, dan Dataran Tinggi Brasil. Dataran Tinggi ini merupakan mata air dari Sungai Amazon. Dataran rendahnya berada di sekitar lembah-lembah sungai besar, yaitu Sungai Amazon dan Sungai Orinoco dengan anak-anak sungainya. Daerah ini merupakan dataran rendah yang luas dan subur, sebagian besar tertutup oleh Hutan Amazon yang sangat luas.

Amerika Selatan

 
Iklim
Benua Amerika memiliki beberapa jenis iklim karena letaknya yang luas dan membentang dari utara sampai selatan. Berikut merupakan pembagian iklim di benua Amerika.
1) Wilayah Amerika Utara di daerah Alaska dan Kanada memiliki iklim kutub dengan musim dingin yang panjang dan musim panas yang pendek.
2) Wilayah Amerika bagian Utara di Amerika Serikat memiliki iklim subtropis dengan ciri memiliki 4 musim, yakni musim dingin, musim panas, musim semi dan musim gugur.
3) Wilayah Amerika bagian Tengah dan Selatan memiliki iklim tropis dikarenakan letaknya yang berdekatan dengan garis khatulistiwa.
4) Wilayah Amerika bagian Selatan memiliki iklim gurun dimana letaknya dekat dengan kawasan pegunungan.

Bentuk muka bumi dan keadaan geologi Benua Amerika
Lebar daratan Amerika Utara dari pantai barat hingga ke pantai timur adalah 6.500 km. Sedangkan lebar daratan Amerika Selatan adalah 5.200 km. Di daerah ini terdapat dua tanah genting, yakni tanah Genting Tehuantepec dan Panama yang lebarnya 45 km. Panjang Benua Amerika dari utara ke selatan adalah 18.000 km dari tanjung Murchison (72° LU) sampai Semenanjung Horn (59° LS).
1)  Dataran tinggi dan rendah
Seperti halnya benua lainnya, Benua Amerika juga terdapat dataran tinggi. Adapun dataran tinggi yang berada di Benua Amerika, antara lain Dataran Tinggi Colorado, tanah tinggi Guyana, tanah tinggi Brazil, dan dataran tinggi Patagonia. Dataran rendah di Amerika Utara maupun di Amerika Selatan terhampar di bagian tengah. Dataran rendah Amerika bagian utara membentang luas mulai dari dataran rendah Mississippi hingga ke pesisir Kanada bagian utara dan Labrador. Dataran rendah di Amerika Selatan terletak di jalur aliran sungai Amazon dan Sungai Parana (Argentina).
2)  Sungai dan danau
Amerika pun mempunyai sungai-sungai yang sangat besar. Sungai-sungai besar di Benua Amerika, antara lain sebagai berikut.
a)  Sungai Amazon (6.300 km). Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di Benua Amerika sekaligus sebagai sungai terpanjang di dunia setelah Sungai Nil (6.690 km) di Mesir.
b)  Sungai Mackenzie di Kanada.
c)  Sungai Yakon di Alaska.
d)  Sungai Parana dan sungai Sao Francisco di Amerika Serikat.

Sungai Amazon

Selain sungai, Benua Amerika juga terdapat danau-danau. Di Amerika banyak terdapat danau-danau glasial besar dan kecil. Danau-danau tersebut seperti Danau Superior atau Danau atas (terbesar), Danau Michigan, Danau Huron, Danau Ontario, Danau Erie (di Amerika Serikat), Danau Winnipeg, Danau Budak Besar, Danau Beruang Besar, dan Danau Manitoba (di Kanada). Selain itu, bentang alam Benua Amerika juga dipenuhi dengan danau-danau tektonik, misalnya Danau titikaka (Danau Titicaca) dan Danau Salar de Uyuni (di Amerika Serikat). Di Amerika Serikat terdapat daerah depresi yang luas, yaitu Nevada Basin yang sebagian besar berupa gurun pasir.
3) Pegunungan
Di wilayah bagian barat Benua Amerika membujur pegunungan tinggi dari utara hingga ke selatan. Pegunungan tinggi ini muncul akibat pengangkatan dan pelipatan pada zaman tersier. Gunung tertinggi di Benua Amerika, antara lain ada Gunung Aconcagua (6.960 m) yang terletak di perbatasan antara Chili dan Argentina. Ada juga Gunung Mc. Kinley (6.198 m) di Amerika Utara.
Di wilayah Amerika Utara terdapat Pegunungan Rocky dan pegunungan Sierra Madre Occidental di Meksiko. Pegunungan tinggi utama di Amerika Selatan, yaitu Cordilleras De Los Andes serta Pegunungan Appalachia di Pantai timur. Gugusan Pegunungan tinggi Amerika tergabung dalam gugusan utama Sirkum Pasifik.

Pegunungan Rocky

Keragaman Flora dan Fauna di Benua Amerika
Jenis flora di Benua Amerika cukup beragam. Flora yang paling dominan di Benua Amerika, meliputi karet, kentang, kina, tembakau, dan jagung. Sementara fauna asli Amerika Utara adalah bison, sedangkan di Amerika Selatan fauna aslinya adalah Lama.

Bison
Penyebaran Sumber Daya Alam di Benua Amerika
Pada dasarnya Benua Amerika memiliki kondisi alam seperti halnya Benua Asia. Ada beberapa negara-negara di Benua Amerika yang memiliki iklim tropis dan suptropis. Pertambangan, pertanian, dan perikanan menyumbang devisa bagi negaranya. Berikut penyebaran sumber daya alam di Benua Amerika.
1)  Pertanian
Hasil pertanian berupa padi terdapat di daerah Lousiana, California, Georgia, Carolina, dan Texas. Kapas terdapat di daerah Lousiana, Oklahoma, Texas, Arkansas, Nevada, Georgia, dan Alabama. Kopi dihasilkan di wilayah Argentina, Kolumbia, Elsavador, dan Guatemala. Gula dihasilkan dari daerah Hawai, Mississippi, Lousiana, Karibia, dan Kuba.
2)  Pertambangan
Hasil-hasil pertambangan di Benua Amerika, antara lain minyak bumi dan gas alam terdapat di Negara Meksiko dan Venezuela. Batu bara terdapat di daerah Pegunungan Appalachia, Negara Chili. Tembaga terdapat di Arizona, Peru, Bolivia, dan Meksiko. Sementara Emas dan Perak terdapat di perbatasan Missouri dan Meksiko.

Tambang Emas

1 komentar untuk "Benua Amerika"

  1. Materinya sangat berbobot dan memudahkan siswa dalam belajar mandiri

    BalasHapus