Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Jitu Belajar Dari Rumah (BDR)


Tahun ajaran baru telah dimulai. Sementara itu pandemi Covid-19 yang belum usai membuat pemerintah harus melakukan berbagai kebijakan untuk meminimalisir penyebaran virus, salah satunya dengan menutup tempat umum termasuk sekolah dan universitas. Proses belajar offline harus diadakan secara online.
Namun, ketika belajar di rumah, ada saja kendala yang dihadapi. Contohnya:
Tidak full konsentrasi
Mudah mengantuk
Cepat merasa bosan
Untuk itu, simak  tips belajar online selama masa pandemi Covid-19 berikut supaya kegiatan belajar kamu tetap efektif.

1. Manajemen Waktu Yang Baik


Jika sekolah sudah memberikan jadwal kelas online, maka kalian harus mengatur waktu belajar dengan teratur serta mengerjakan tugas dengan fokus.
Jika layanan belajar dilakukan dengan memberikan fleksibilitas penuh, maka kalian harus mengatur jadwal belajar sendiri. Bagi yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya mereka akan mereka mengerjakan tugas di menit-menit akhir pengumpulan. Sayangnya, hal ini biasanya tidak efektif. 
Kalian juga dapat mencatat jadwal dan hal-hal penting yang harus dilakukan pada hari itu di kalendar handphone atau buku jurnal agar mudah mengingat hal-hal penting tersebut dan dapat menyelesaikannya di akhir hari.
Namun, jangan lupa juga meluangkan waktu untuk beristirahat dan olahraga agar belajar online di rumah tidak merasa penat. Karena itu, kalian harus membiasakan diri untuk patuh pada jadwal yang telah kalian buat.

2. Persiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan



Sebelum memulai proses belajar online, tentu kalian harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti komputer/laptop, ponsel, tablet, dan yang paling utama adalah jaringan internet. Jangan lupa juga untuk selalu mencari tahu website atau platform yang akan digunakan.
Selain itu, barang-barang yang dapat mengganggu perhatian selama belajar online juga dapat disimpan di tempat yang tersembunyi terlebih dahulu untuk meningkatkan fokus belajar selama di rumah.

3. Jaga Komunikasi Dengan Guru dan Teman Sekelas



Kalian perlu mengatur komunikasi dengan teman sekelas serta pengajar untuk menghindari kesalahpahaman. Jika perlu, buatlah grup khusus untuk membahas tugas yang diberikan. Jika memang belum yakin dengan hasil tugas yang dikerjakan, maka kalian dapat segera menghubungi pengajar maupun teman sekelas untuk berdiskusi lebih lanjut.

4. Fokus Untuk Belajar


Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa ketika belajar online, adalah tidak fokus. Ada banyak sekali gangguan dalam proses pembelajaran, seperti notifikasi media sosial yang masuk.
Karena itu, kalian perlu berusaha fokus selama sesi belajar online. Hindari segala macam distraksi yang mengganggu. Jika perlu, tetapkan ruang belajar yang bisa membuat kalian mudah berkonsentrasi.

Demikian trik belajar dari rumah yang bisa kalian praktekkan di rumah. semoga bermanfaat untuk kalian semua.

Posting Komentar untuk "Trik Jitu Belajar Dari Rumah (BDR)"