Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan Isi Teks Deskripsi Kelas 7

Pertemuan 2: Menentukan Isi Teks Deskripsi

             Gaes, jumpa lagi di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Setelah pada pertemuan kemarin kita belajar tentang ciri isi dan tujuan teks deskripsi, kali ini kita akan belajar tentang apa si sebenarnya isi teks deskripsi secara keseluruhannya?

          Naaahhh, melalui teks deskripsi, penulis berusaha menuliskan kesan-kesan yang ditangkap oleh pancaindra kepada para pembaca. Agar dapat mengetahui objek yang dideskripsikan dalam teks deskripsi, kalian harus membaca teks dengan saksama dan keseluruhan. Selanjutnya, kamu dapat menentukan isi teks.

1. Menentukan Perincian Informasi pada Teks Diskripsi 
         Salah satu tujuan teks deskripsi adalah menjelaskan sesuatu sehingga teks ini mengandung kumpulan informasi. Informasi yang ingin disampaikan dalam teks deskripsi dapat disajikan dengan dua pola pengembangan, yaitu pola pengembangan spasial dan sudut pandang. 

a. Pola Pengembangan Spasial
 Pola pengembangan spasial, yaitu pola pengembangan paragraf yang didasarkan ruang dan waktu.
b. Pola Pengembangan Sudut Pandang 
Pola pengembangan sudut pandang atau objektif adalah pola pengembangan paragraf yang didasarkan tempat dan posisi seorang penulis dalam melihat sesuatu.

2. Membandingkan Dua Teks Deskripsi 
Teks deskripsi  memberikan uraian atau penjelasan tentang sesuatu hal yang harus diketahui oleh orang lain. Sering kali, dua teks memberikan uraian dan penjelasan yang sama, namun disajikan dalam susunan kalimat yang berbeda. Kalian dapat membandingkan isi kedua teks tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah membandingkan teks deskripsi.

a. Membaca teks secara keseluruhan. 
b. Mencermati aspek-aspek teks deskripsi yang meliputi objek, struktur, dan kebahasaan. 
c. Mencatat informasi penting yang disampaikan dalam masing-masing teks. 
d. Menyimpulkan isi teks deskripsi. 

Perhatikan contoh teks deskripsi berikut!
Teks 1
             Sekolahku mempunyai lingkungan yang sangat bersih dengan halaman parkir dan lapangan upacara yang luas.Sekolahku mempunyai 3 gedung utama sebagai tempat pembelajaran siswa, yaitu Gedung A, B, dan C. Lokasi sekolahku tepat berada di tengah-tengah sawah, sehingga membuat suasana sekolah tampak segar dan sejuk.Semua lantai kelas menggunakan keramik.Sekolahku mempunyai aula yang besar yang biasanya digunakan untuk acara-acara seperti wisuda, nikah, olahraga, dan lainnya.Selain itu, sekolahku mempunyai ruang laboratorium komputer yang cukup banyak.Warna merah dengan kombinasi abu-abu menjadi dominasi warna yang sangat mencolok di sekolahku, masjid dan kantin tidak lupa menambah lengkap keindahan sekolahku.

Teks 2
           Rumahku adalah rumah mungil di depan mushola. Rumah itu mempunyai luas sekitar 36 meter persegi. Dengan warna cat hijau muda membuat rumah itu terlihat sejuk dipandang mata. Halaman sempit di depan rumah penuh dengan tanaman yang ditanam di pipa. Setiap tanaman tumbuh subur, bahkan tanaman cabe sudah berbuah banyak. Rumahku terdiri dari 1 ruang tamu, 1 kamar tidur, 1 ruang santai, dapur, dan 1 kamar mandi. Di ruang tamu hanya berisi karpet sebagai alas duduk dan rak buku yang terpasang di dinding. Agar suasana harum, ada pewangi semprot otomatis yang terpasang di dinding. Semua barang yang ada di rumah selalu tertata rapi. Lantai keramik berwarna putih membuat rumah mungil ini menjadi nampak luas.

Bagaimana menurut kalian? Adakah perbedaan atau persamaan pada kedua teks tersebut?Coba berikan pendapat kalian! Kalian juga dapat berlatih menulis teks deskripsi singkat lalu tukarkan dengan temanmu. kalian dapat saling mengomentari tulisan teman dan menentukan isi teks deskripsi mereka. 

Baiklah. Sampai di sini dahulu pertemuan kedua kita. Sampai jumpa pada pertemuan berikutnya tentang struktur dan kebahasaan teks deskripsi. Tetap semangat dan jaga kesehatan ya...😄😄😄

1 komentar untuk "Menentukan Isi Teks Deskripsi Kelas 7"