Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/Didengar

Pertemuan ke-6  Kompetensi Dasar: 4.3




B. Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/Didengar



      Kalian dapat menceritakan kembali cerita fantasi yang telah dibaca atau didengar. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam menceritakan kembali isi teks.Teks cerita fantasi termasuk karangan narasi.  Karangan  narasi  adalah  jenis  karangan  yang  mengungkapkan  suatu  kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan  urutan-urutan  kejadian  atau  peristiwa.  Paragraf  narasi  merupakan  paragrapf yang berisi tentang pemaparan suatu  kejadian  yang  dirangkai  dalam  kesatuan waktu.

👉 Menentukan Tokoh, Latar, dan Urutan Peristiwa
     Sebelum menceritakan kembali isi cerita, hal yang perlu diperhatikan adalah menentukan unsur- unsur pembangun cerita. Catatlah hal-hal meliputi: urutan cerita (pemaparan (pemberian  penjelasan  tentang  cerita  serta  pengenalan  tokoh dan setting cerita); pengenalan masalah (pada saat tokoh memasuki konflik); klimaks (pada saat cerita mencapai puncaknya); dan penyelesaian (akhir sebuah cerita)).

👉 Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks
    Cerita  fantasi  merupakan  sebuah  karya  tulis  yang  dibangun menggunakan alur cerita yang normal, namun memiliki sifat imajinatif dan khayalan semata. Bentuk cerita ini dapat diceritakan kembali secara berantai. Langkah penceritaanya sebagai berikut.
 đŸ’Śa. Membaca cerita dengan saksama. 
Hal tersebut bertujuan agar dapat memahami isi cerita berkaitan dengan pencarian makna yang terkandung dalam cerita tersebut.
 đŸ’Śb. Mencatat pokok-pokok cerita penting seperti tokoh, watak, latar, pesan, dan alur cerita yang telah kita pelajari.
 đŸ’Śc. Menyusun kembali cerita tersebut dengan menggunakan kalimat sendiri.d. Kalian dapat menggunakan bantuan catatan yang telah kalian buat sebelumnya.


Contoh Teks Cerita Fantasi 👇






Posting Komentar untuk "Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi yang Dibaca/Didengar"