Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGURUTKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS 7

MENGURUTKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN
MATEMATIKA KELAS VII
TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Assalaamu’alaikum wr.wb. anak-anak kelas 7. Sehat semuanya kan? Setelah kalian mengenal kami para bapak ibu guru matematika, maka saatnya sekarang kalian belajar materi matematika yang pertama yaitu mengurutkan bilangan bulat dan pecahan. Jangan lupa berdoa terlebih dahulu ya…  
Materi mengurutkan bilangan bulat terdiri dari pengertian bilangan bulat dan membandingkan bilangan bulat. Sedangkan mengurutkan bilangan pecahan terdiri dari pengertian bilangan pecahan, jenis-jenis bilangan pecahan, pecahan senilai dan membandingkan dua pecahan.

Pengertian Bilangan Bulat
Bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat positif, bilangan bulat negatif, dan nol. Bilangan bulat dapat digambar pada garis bilangan sebagai berikut :
Dari garis bilangan di atas, letak -4 di sebelah kiri -2, maka dapat ditulis -4 < -2, dan 3 di sebelah kanan 1 maka dapat ditulis 3 > 1.
Kesimpulan

Membandingkan Bilangan Bulat
Bilangan bulat positif diletakkan di sebelah kanan bilangan 0 (nol) dan bilangan bulat negatif diletakkan di sebelah kiri bilangan 0 (nol). Bilangan yang berada di sebelah kanan selalu lebih besar daripada bilangan yang berada di sebelah kirinya.


Contoh soal
1. Buatlah dalam bentuk garis bilangan dengan susunan angka dari -6 sampai 7!
Pemecahan

2. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke yang terbesar!
a. -15, 10, -12, 2, 3, 0     b. -7, 0, 5, 3, 7, -12
Pemecahan
a. -15, -12, 0, 2, 3, 10     b. -12, -7, 0, 3, 5, 7

Bagaimana? Sudah ingat kembali kan materi yang sebenarnya sudah dikenal di sekolah kalian yang dulu. Jangan dilupakan ya … .
Lanjut ke materi berikutnya yaitu mengurutkan bilangan pecahan yang terdiri dari pengertian bilangan pecahan, jenis-jenis bilangan pecahan, pecahan senilai dan membandingkan dua pecahan.




Nah…. Sampai disini materi yang kami berikan.  Bagaimana? Mudah kan? Jika kalian kesulitan dalam memahami materi di atas, maka langkah pertama yang kalian lakukan adalah membaca kembali materi di atas lebih dari satu kali minimal 5 kali membaca. Langkah kedua minta tolong ayah, ibu, paman, bibi, kakak, adik, teman atau tetangga yang dapat dimintai tolong.

Tahap terakhir pembelajaran kali ini adalah, kalian kerjakan soal terkait materi di atas.

Kerjakan soal di bawah ini dengan menuliskan jawabannya saja di selembar kertas diberi nama lengkap, kelas dan nomer absen kemudian difoto dan kirim ke GOOGLE CLASSROOM masing-masing kelas. Soal juga dapat dilihat di GOOGLE CLASSROOM.


Jika muncul pertanyaan di kepala kalian tentang hal-hal yang kami sampaikan di atas, kalian bisa bertanya pada guru pengampu matematika via WA grup kelas kalian masing-masing.  Kami bapak ibu guru matematika sudah tergabung dalam WA grup kelas kalian.  So don’t worry be happy. OK… .

Demikian pembelajaran kita hari ini. Sampai jumpa di materi berikutnya yaitu OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DAN PECAHAN.
Wassalaamu’alaikum wr.wb.


Posting Komentar untuk "MENGURUTKAN BILANGAN BULAT DAN PECAHAN KELAS 7"